UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PBL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 3 SDN 3 JERUK
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8166Keywords:
Problem Based Learning, Pembelajaran Tematik, Keaktifan dan Hasil Belajar SiswaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik dengan menerapkan model Problem Based Learning. Metode penelitian ini mengacu pada penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 3 semester 1 SDN 3 Jeruk, Kecamatan Bandar, Kabupaten Pacitan tahun pelajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa 24 orang yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Berdasarkan hasil analisis pada masing-masing siklus dari hasil evaluasi terhadap siswa, 80% siswa sudah menunjukkan tingkat ketuntasan, namun 20% sisanya belum menunjukkan ketuntasan dalam belajar, terlebih lagi terlihat nilai rata-rata siswa pada siklus I adalah 57,00. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata hasil tes menjadi 75,00, berarti menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata sebanyak 18,00 pada siklus II ini. Dengan demikian penggunaan model PBL dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik. Kata Kunci: Problem Based Learning, Pembelajaran Tematik, Keaktifan dan Hasil Belajar SiswaDownloads
References
Hadikusumo, Kunaryo, dkk, 1996. Pengantar Pendidikan. Semarang: IKIP Semarang Press.
Kosasih.2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implimentasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.
Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajar Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sudjana, Nana.2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.