PENINGKATAN KETERAMPILAN BERCERITA DENGAN TEKNIK PENGANDAIAN 180 ° TERBALIK PADA SISWA KELAS V SDN 5 JERUK BANDAR PACITAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Penelitian Tindakan Kelas
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8050Keywords:
Keterampilan bercerita, Teknik pengandaian 180ᵒ terbalikAbstract
Waktu pelajaran tema 8 Lingkungan Sahabat Kita KD Menyajikan kembali peristiwa atau tindakan dengan memperhatikan latar cerita yang terdapat pada teks fiksi, di SDN 5 Jeruk Kecamatan Bandar kabupaten Pacitan khususnya materi bercerita siswa kelas V banyak mengalami kesulitan. Bahkan ada yang takut disuruh untuk bercerita di depan kelas. Semua ini di karenakan pendekatan pembelajaran yang kurang sesuai dengan kondisi siswa. Selain itu model pembelajaran masih bersifat tradisional (ceramah) yang sangat tidak efektif bagi perkembangan siswa. Metode pembelajaran kali ini adalah menggunakan pendekatan komunikatif dengan Teknik Pengandaian 180 ° yang menceritakan suatu cerita dengan keadaan sebaliknya. Dijelaskan bahwa rata-rata hasil kemampuan siswa siklus I adalah 69.17. Siklus II meningkat menjadi 80.17 sehingga dari hasil rata-rata tersebut menunjukkan adanya peningkatan sebesar 11.00. Nilai rata-rata yang diperoleh sudah melewati batas nilai yang ditetapkan sebesar 80.00. Dengan adanya peningkatan Keterampilan bercerita tersebut, maka model teknik pengandaian 180ᵒ terbalik dapat meningkatkan keterampilan bercerita siswa kelas V SDN 5 Jeruk kecamatan Bandar kabupaten Pacitan tahun pelajaran 2022 / 2023 Kata Kunci, Keterampilan bercerita, Teknik pengandaian 180ᵒ terbalikDownloads
References
Andriyani, R., Masrul, M., & Fauziddin, M. (2018). Pengaruh Metode Becerita terhadapKemampuan Kosakata Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 1(1), 18–27.
https://doi.org/10.31004/aulad.v1i1.3
Madyawati, Lilis. 2016. Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Prenada Media Group.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.