ANALISIS KARYA GAMBAR SISWA SEKOLAH DASAR BERDASARKAN TEORI PERKEMBANGAN SENI RUPA ANAK VIKTOR LOWENFELD
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8047Keywords:
Pendidikan Seni Rupa,, Viktor Lowenfeld, Seni Rupa AnakAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat tahap perkembangan anak didik pada sekolah dasar kelas V/B melalui hasil analisis dan pendeskripsian karya gambar anak di SDN 24 Kampung Tangnga Kota Belopa Kabupaten Luwu. Karya gambar anak dianalisis menggunakan teori Viktor Lowenfeld dan Brittain yang mengkualifikasikan tahap perkembangan seni rupa anak dalam beberapa tahap, yaitu tahap coreng-moreng (2-4 tahun), tahap pra bagan (4-7 tahun), tahap bagan (7-9 tahun), tahap awal realisme (9-12 tahun), tahap naturalisme/ pseudo naturalistic (12-14 tahun), dan tahap dewasa/ the period of decision (14-17 tahun). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, dengan pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi karya dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari keseluruhan karya gambar anak kelas V/B di SDN 24 Kampung Tangnga, hanya 12,5% anak berada di Masa Realisme Awal yang mencapai dan sesuai dengan periodesasi perkembangan seni rupa anak, 6,25% anak berada di Masa Prabagan, dan sebesar 81,25% anak masih berada di Masa Bagan.Downloads
References
Aris, A. (2023). Modul Ajar Kurikulum Merdeka Belajar Seni Rupa Kelas V Semester Ganjil TA 2023/2024. https://drive.google.com/drive/folders/1KBfY8FlKkzvB8NlWqqkbOH2o2u0q2ZA_
Daniah, D. (2019). Nilai Kearifan Lokal Didong Dalam Upaya Pembinaan Karakter Peserta Didik. Pionir: Jurnal Pendidikan, 8(1).
Fauziah, D. (2015). Gambar Hasil Karya Anak-Anak Paud Karakter Pelangi Nusantara : Kajian Pada Periodisasi Perkembangan, Tipe Dan Bentuk Ungkapan Gambar. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Kurniati, D. (2019). Analisis Hasil Karya Seni Rupa Anak di SDN Margadana 7 Kota Tegal. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Manalu, D. R. (2019). Representasi Perilaku Manusia Konsumtif dalam Fotografi Ekspresi (Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia Yogyakarta).
Pamadhi, H., Rachmi, T., Sukardi, E., Yusrafiddin, & Tatang, A. (2017). Pendidikan Seni di SD (17 ed.). Universitas Terbuka.
Pekerti, W., Tridjata, C., & Kusumawardhani, D. (2019). Metode Pengembangan Seni (Satu). Universitas Terbuka.
Putra, Ida Bagus Komang Sindu Putra. (2020). Analisis Gambar Karya Anak Usia Dini Berdasarkan Teori Perkembangan Seni Rupa Anak Viktor. Jurnal. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Restian, A. (2020). Pendidikan Seni Rupa Estetik Sekolah Dasar (Vol. 1). UMMPress.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.