ANALISIS PRINSIP SENI RUPA PADA KARYA GAMBAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Faidhul Inayah Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8045

Keywords:

Prinsip, Seni Rupa,, Gambar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keingintahuan peneliti terhadap tingkat kemampuan siswa terhadap prinsip seni rupa sesuai dengan tujuan pembelajaran pada kurikulum merdeka belajar siswa SD kelas V. Pada tujuan pembelajaran siswa diajarkan mengenal dan mengaplikasikan prinsip-prinsip seni rupa dalam menggambar. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa kelas V A kelas V A SDN 24 KP. Tangga Kabupaten Luwu Sulawesi Selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif untuk memperoleh data dari seluruh instrumen penelitian yang terdiri dari prinsip kesatuan, keserasian, dominasi, irama, keseimbangan dan kesebandingan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 2 orang siswa atau sebanyak 14,3% siswa yang dapat mengaplikasikan dengan baik seluruh prinsip seni rupa dalam gambar, sebanyak 4 siswa atau 28,6% dapat mengaplikasikan 5 prinsip seni rupa dengan baik, 42,8% dapat mengaplikasikan 4 prinsip seni rupa dengan baik sedangkan sisanya 2 orang atau 14,3% siswa hanya dapat mengaplikasikan 1 prinsip seni rupa dengan baik. Selain itu prinsip seni rupa yang paling mudah dipahami siswa yakni prinsip kesatuan dan keserasian yang dapat diaplikasikan sebanyak 85,7% dari jumlah siswa, sementara prinsip yang paling sulit dipahami yakni prinsip kesebandingan yang hanya dapat diaplikasikan oleh 35,7% siswa.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aris, Arimanto. 2023. “Modul Ajar Kurikulum Merdeka Belajar Seni Rupa Kelas V Semester Ganjil TA 2023/2024.” Diambil 27 Mei 2023 (https://drive.google.com/drive/folders/1KBfY8FlKkzvB8NlWqqkbOH2o2u0q2ZA_).

Ebdi Sanyoto, Sadjiman. 2010. Nirmana Elemen-elemen seni dan desain. 2 ed. Yogyakarta: Jalasutra.

Pamadhi, Hadjar, Rahmi Tetty, Evan Sukardi, Yusrafiddin, dan Agus Tatang. 2017. Pendidikan Seni di SD. 1 ed. Banten: Universitas Terbuka.

Rusdarmawan. 2009. Children’s Drawing dalam PAUD. Bantul: Kreasi Wacana.

Sumanto. 2005. Pengembangan Kreativitas Senirupa Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan, dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Widia, Pekerti, Caecilia Tridjata, dan Dwi Kusumawardhani. 2019. Metode Pengembangan Seni. 14 ed. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Fiyanto, Arif. 2019. “(PDF) Pemanfaatan Seni Kolase Sebagai Produk Kreatif Untuk Pengembangan Karya Proyek Studi Mahasiswa Jurusan Seni Rupa FBS UNNES.” Diambil 25 Mei 2023 (https://www.researchgate.net/publication/330575912_Pemanfaatan_Seni_Kolase_Sebagai_Produk_Kreatif_Untuk_Pengembangan_Karya_Proyek_Studi_Mahasiswa_Jurusan_Seni_Rupa_FBS_UNNES).

Pratiwi, Khalida zia Citra, Nurmasyitah Nurmasyitah, dan Rosma Ely. 2020. “Pengembangan Kreativitas Peserta Didik Pada Materi Seni Rupa Melalui Teknik Montase Kelas IV Di SD Negeri 3 Samadua Aceh Selatan.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5(2).

Rachmawati, Dhera Andhini, Sumanto Sumanto, dan Puri Selfi Cholifah. 2020. “Studi Kemampuan Berkarya Seni Rupa Teknik Tempel pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.” Diambil 24 Mei 2023 (http://journal2.um.ac.id/index.php/sd/article/view/12732).

Soetopo, Sungkowo. 2015. “Pembelajaran Seni di Sekolah Dasar.” JURNAL INOVASI SEKOLAH DASAR 2(1):25–32.

Downloads

Published

2023-06-08