ANALISIS KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA YANG SULIT DALAM BERSOSIALISASI (INTROVERT)

Authors

  • Novi Putri Rahayu Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Riza Fatimah Zahrah, M.Pd Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Deni Chandra, M.Pd Universitas Perjuangan Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8017

Keywords:

Karakter Introvert, Tanggung jawab

Abstract

  This study discusses the character of student responsibility that is difficult to socialize (introvert). The purpose of this study is to describe why children are difficult to socialize (Introvert) and to describe what factors cause children to have a character of responsibility in school. This research method uses descriptive qualitative with a sample of two students and one homeroom teacher. The data was obtained using participant observation techniques, semi-structured interview and documentation. The results showed that children find it difficult to socialized due to lack of self-confidence so that the need for parental support in the family environment is the first place for the formation of children’s character, education received in the family as a basis for socializing with the community environment, and the character of responsibility can be seen from the following factors, namely deeply sinan active participation in learning to do six tasks in a timely manner and honesty awareness to be responsible is not a genetic attitude that has existed in every individual since birth but needs to be grown through the habit. Keyword : Introvert personality, Responsibility  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin. (2013). PERBEDAAN PENERIMAAN TEMAN SEBAYA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN EKSTROVERT DAN INTROVERT. jurnal empati, 1-5.

Afifah, n. (2018 ). FAKTOR KEPRIBADIAN TERHADAP PEMEROLEHAN. kepribadian anak , 234-246.

Ali. (2018). Pendidikan Karakter konsep dan Implementasinya . buku , 1-12.

Ali, & Asrori. (2008). Perbedaan Kemandirian Berdasarkan Tipe Pola Asuh Orang Tua . Program Studi Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Udayana, 54-62.

Anisa, A. S. (2011). POLA ASUH ORANG TUA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK . pendidikan karakter , 70-84.

Arfiah, S. (2017). Pembelajaran kepramukaan dalam penguatan karakter kemandirian dan tanggung jawab dalam upaya mempersiapkan mahasiswa PPKN sebagai pembina ekstrakurikuler di sekolah . the 6th university reseacrh colluqium , 170.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta, 16.

Assingkily, m. s., & hardiyati, m. (2019). Analisis Perkembangan Sosial-Emosional Tercapai dan Tidak Tercapai Siswa Usia Dasar. islamic of primary education , 19-30.

Baumrind. (2014). DIMENSI POLA ASUH ORANGTUA UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA DINI 4-5 TAHUN. Jurnal Teknodik Vol. 19 , 69-77.

Darajat. (1982). HUBUNGAN POLA ASUH ORANGTUA DAN KEMANDIRIAN ANAK. Journal of EST, 152-160.

Darajat, & Gardon. (1982, 2000). HUBUNGAN POLA ASUH ORANGTUA DAN KEMANDIRIAN ANAK. Journal of EST, 152-160.

De Roche, s. (2009). Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini. jurnal pendidikan anak , 1-10.

Desmita . (2017). POLA ASUH ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER KEMANDIRIAN ANAK . JURNAL CERIA, 668-694.

Dominika , & s. V. (2018 ). Hubungan Tipe Kepribadian Ekstrovert-Introvert dengan . Konselor, 31-38.

Effendi, M. &. (2020). PROFIL KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA BERDASARKAN TIPE KEPRIBADIAN . jurnal ilmiah pendidikan matematika, 173-180.

Effendi, N. (2019). Konsep dasar pendidikan karakter . Buku , 130.

Effendy. (2015). peran lingkungan keluarga terhadap perkembangan anak . jurnal musawa IAINPalu, 271.

Eysench. (1994). kepribadian introvert dengan ekstrovert . etheses uin malang, 18-40.

Febriana, D. a., hamiyati , & Nurlaila . (2016 ). PERBEDAAN ANTARA POLA KOMUNIKASI ORANG TUA DENGAN TIPE KEPRIBADIAN EKSTROVERT DAN INTROVERT PADA REMAJA DI KRAMAT JATI JAKARTA TIMUR . jurnal kesejahteraan keluarga dan pendidikan , 76-79 .

H, S. (2020). Analisis Karakter Tanggung Jawab Anak Pada Pembelajaran Daring . Educatio, 569.

Haeriah. (2018). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak PGRI Gerunung Tahun Pelajaran 2017/2018. JIME, 184-188.

Harlock, & Masni. (2017). POLA ASUH ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI. Jurnal Ceria , 71.

Hasnida. (2014). PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. JURNAL PENDIDIKAN & PENGAJARAN GURU SEKOLAH DASAR, 21-25.

James. (2002). HUBUNGAN POLA ASUH ORANGTUA DAN KEMANDIRIAN ANAK. Journal of EST, 152-160.

James, & Sunarty. (2016). POLA ASUH ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI. JURNAL CERIA (CERDAS ENERGIK RESPONSIF INOVATIF ADAPTIF), 153.

Komala, H. (2015). MENGENAL DAN MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI MELALUI ORANGTUA DAN GURU. pola asuh orangtua dan guru , 31-45.

Komaruddin. (2005). HUBUNGAN POLA ASUH ORANGTUA DAN KEMANDIRIAN ANAK. Journal of EST, 152-160.

Laney, L. &. (2007). Penerapan Bimbingan Konseling bagi introvert . stain kudus, 25.

Latifah, u. (2017 ). Aspek Perkembangan pada Anak Sekolah Dasar: Masalah dan Perkembangannya. journal of multidisciplinary studies , 186-195.

Lestari. (2006). Upaya Orang Tua Dalam Pengembangan Kreatifitas Anak. Ekonomi dan Pendidikan jurnal , 1-8.

Lestari, M. (2019). Hubungan pola asuh orang tua dengan kemandirian anak. Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta., 84-90.

Lickona, T. (2005). Konsep Pendidikan Karakter Perspektif Thomas Lickona dan Ki Hajar Dewantara. Al-sasiyyan journal, 1-13.

Linzey, c. &. (1989). Pengaruh tipe kepribadian ekstrovert dan introvet bagi kemandirian anak. stkipkusumanegara, 1-6.

Mulyawati, Y., & C. C. (2019). PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA . JURNAL PENDIDIKAN & PENGAJARAN GURU SEKOLAH DASAR, 21-25.

Munjiatun. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter: Antara Paradigma dan Pendekatan. Jurnal kependidikan, 334-349.

Mustafidah. (2020). variable penelitian oleh landasaran teoritis suatu penelitian. lingkungan binaan dan rekayasa, 107.

Nurfitri, T. (2021). POLA ASUH DEMOKRATIS DALAM MENUMBUHKAN . kemandirian anak , 32-26.

Prayitno , S. h., & Ayu , S. M. (2018). HubunganAntara Kepribadian Introvert Dan Ekstrovert Dengan Speaking Skill Mahasiswa Prodi D III Keperawatan Tahun Akademik2017/2018. tipe kepribadian introvert; ekstrovet;speaking skill., 60-70.

Putrawan. (2019). Intesifikasi Kecerdasan emosional anak introvert melalui model pembelajaran kooperatif pada pendidikan dasar. Jurnal Pendidikan Islam , 24.

Rismawati, & H. N. (2021). POLA ASUH ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI . JURNAL CERIA (CERDAS ENERGIK RESPONSIF INOVATIF ADAPTIF), 687-684.

Rosida , E. R., & Astuti , T. P. (2015). PERBEDAAN PENERIMAAN TEMAN SEBAYA DITINJAU DARI . Jurnal Empati, 77-81.

Sa’diyah, R. (2017). PENTINGNYA MELATIH KEMANDIRIAN ANAK. kemandirian anak, 32-44.

Sakti, B. P. (2011). Indikator Pengembangan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Dasa, 144.

Samani.H. (2022). Analisis Karakter Tanggung Jawab Anak Pada Pembelajaran Daring. Educatio, 569.

Samrin. (2016). PENDIDIKAN KARAKTER (SEBUAH PENDEKATAN NILAI). Al-Tabib jurnal , 1-24.

Santrock. (1995). POLA ASUH ORANG TUA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 70-84.

Simatur. (2014). PERBEDAAN ANTARA POLA KOMUNIKASI ORANG TUA DENGAN TIPE KEPRIBADIAN EKSTROVERT dan INTROVERT . JKKP, 5-6.

Sugito. (2016). HUBUNGAN POLA ASUH ORANGTUA DAN KEMANDIRIAN ANAK. Bimbingan dan Konseling/Ilmu Pendidikan, 152-160.

Sulistiyowati, E. (2013). Pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa indonesia . jurnal penelitian pendidikan islam , 311-330.

Sunarty, K. (2016). HUBUNGAN POLA ASUH ORANGTUA DAN KEMANDIRIAN ANAK. Bimbingan dan Konseling/Ilmu Pendidikan, 152-160.

Supriati. (2012). metode penelitian. repository jurnal, 38.

Taryani. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Lingkungan Sekolah Terhadap Interaksi Sosial Serta Dampaknya Pada Kemandirian Peserta Didik. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, 77-84.

Winarta, I. m. (2006). Pentingnya Penerapan Literature Review pada Penelitian Ilmiah. jurnal masohi, 155.

Y. y., M. m., & w. w. (2018). ANALISIS HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI PERBEDAAN KEPRIBADIAN EKSTROVERT DAN INTROVERT. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 163-168.

Yunarti. (2014). Pendidikan Kearah Pembentukan Karakter. Tarbawiyah jurnal, 1-278.

Downloads

Published

2023-07-01