BUKU AJAR MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN DENGAN METODE IQRO UNTUK SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR: TEMATIK IPA, IPS, DAN KESENIAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v2i2.800Keywords:
Read and write start, Iqro method and Thematic.Abstract
ABSTRACT This study was aimed at producing pre-reading and writing textbooks that use the thematic Iqro method in IPA, IPS, and art subjects. The development research is used with the steps of: initial studies, development, evaluation/ revision, limited trials, and evaluation/revision. Preliminary studies include curriculum analysis, existing textbooks, and demand analysis based on questionnaires and interviews developed. The development stage includes the design of themes and subthemes, the framework of the book content, and the development of the initial draft of the book as a prototype I. The evaluation stage includes expert validation and limited testing. The results of preliminary studies show that in South Sumatra there is no beginning reading and writing textbook that meets the principles of Iqro and thematic methods. The results of questionnaires and interviews indicate that teachers have difficulty using the Diknas package because many students can not read/write so that books are needed that can accelerate the reading and writing ability of the first grade students demanded by the Curriculum 2013. Based on preliminary studies, and subthemes, the framework of the contents of the book, and the early drafts of textbooks developed based on the principles of Iqro method that have been themically modified by Science, Social Studies, and the arts. Subsequently validated by two experts. From the results of validation, the textbook was revised based on validator input that is by adding interesting pictures and instructions for clear teachers and students. The result of the textbook revision was tested in limited in two elementary schools. The test results show, textbooks with the method of Reading and Writing Iqro Modifikasi significant effect on learning to read and write the beginning in grade 1 primary school. Keywords: Read and write start, Iqro method and Thematic. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku ajar membaca dan menulis permulaan yang menggunakan metode Iqro yang tematik dalam topik IPA, IPS, dan kesenian. Penelitian pengembangan digunakan dengan langkah-langkah: studi awal, pengembangan, evaluasi/ revisi, uji coba terbatas, dan evaluasi/revisi. Studi awal meliputi analisis kurikulum, buku teks yang ada, dan analisis kebutuhan berdasarkan angket dan wawancara yang dikembangkan. Tahap pengembangan meliputi perancangan tema dan subtema, kerangka isi buku, dan pengembangan draf awal buku sebagai prototipe I. Tahap evaluasi meliputi validasi ahli dan uji coba terbatas. Hasil studi awal menunjukkan bahwa di Sumatera Selatan belum ada buku pelajaran membaca dan menulis permulaan yang memenuhi prinsip metode Iqro dan tematik. Hasil angket dan wawancara menunjukkan bahwa guru mengalami kesulitan menggunakan buku paket Diknas karena banyak siswa yang belum bisa membaca/menulis sehingga diperlukan buku yang dapat mempercepat kemampuan membaca dan menulis siswa kelas I SD yang dituntut oleh Kurikulum 2013. Berdasarkan studi awal, dirancang tema dan subtema, kerangka isi buku, dan draf awal buku ajar yang dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip metode Iqro yang telah dimodifikasi secara tematik IPA, IPS, kesenian. Selanjutnya divalidasi oleh dua orang ahli. Dari hasil validasi, buku ajar direvisi berdasarkan masukan validator yaitu dengan menambahkan gambar yang menarik serta perintah bagi guru dan siswa yang jelas. Hasil revisi buku ajar tersebut diujicobakan secara terbatas di dua SD. Hasil ujicoba menunjukkan, buku ajar dengan metode Membaca dan Menulis Iqro Modifikasi berpengaruh signifikan terhadap pembelajaran membaca dan menulis permulaan di kelas 1 sekolah dasar. Kata Kunci: Membaca dan menulis permulaan, Metode iqro dan TematikDownloads
References
Arijani, Risah. (2013). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Snader Game. Jurnal Pendidikan Anak, vol II, edisi 2, Desember 2013. Diases, 16 Agustus 2017.
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Broughton, et al. (1978). Teaching Eng¬lish as a Foreign Language. London: Routlege, Kegan Paul.
Depdikbud. (1991/1992). Pengajaran Membaca dan Menulis Kelas 1 dan 2 di Sekolah Dasar. Dirpendas. P2MSDK. Jakarta.
Depdiknas. (2006). Pembelajaran Tema¬tik Kelas Awal Sekolah Dasar. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional.
Djiwandono, M. Sunardi. (1996). Tes Bahasa dalam Pengajaran. Institut Teknologi Bandung: Bandung.
Downing, John & Leong C.K. (1982). Psychology Desaign of Reading. New York: McMillan Publishing. Inc.
Gall, D. Meredith, Joyce P. Gall and W.R. Borg. (1983). Education Research: An Introduction. Boston, New York, USA.
Humam, As’ad. (1990). Buku Iqro; Cara Cepat Belajar Membaca Alquran. Jilid 1-- 6. Yogyakarta: Tim Tadarus AMM.
Rahmawati. (2017). Strategi Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan Melalui Media Kata Ber¬gambar. Jurnal SAP vol 1 no. 3, April 2017. Diases 2 Agustus 2017.
Sugiono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supriyadi. (1997). Pembelajaran Mem¬baca dan Menulis Permulaan dengan Metode Iqro bagi Siswa Kelas Awal Sekolah Dasar. Tesis. Belum diterbitkan. Malang: PPS IKIP Malang.
Temple, Charles. Et al. (1987). The Beginning of Writing. Second Edition. Boston: Allyn and Bacon Inc.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. 2002. Jakarta: Tamita Utama.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pen¬didikan Nasional. 2003. Jakarta: Tamita Utama.
Undang-Undang Republik Indonesia no. 14 tahun 2005 tentang guru dan Dosen. 2006. Jakarta: Tamita Utama