PENINGKATAN KEMAMPUAN HITUNG PENGURANG SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR DENGAN MEDIA PAPAN TEMPEL

Authors

  • Selvi Hana Fariska Universitas PGRI Madiun
  • Elly’s Mersina Mursidik Universitas PGRI Madiun
  • Sri Hariyani SD Negeri 2 Donorojo Pacitan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7963

Keywords:

Kemampuan hitung, Pengurangan, Media papan tempel, Research, Reduction, sticky boards media

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman matematika siswa kelas 1 SD Negeri 2 Donorojo Pacitan khususnya pemahaman materi pengurangan menggunakan papan tempel. Penggunaan papan tempel dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada operasi hitung pengurangan selain itu juga memudahkan kegiatan belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar. Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif dengan jumlah 13 siswa yang direncanakan 2 siklus memberikan dampak positif bagi siswa. Data hasil penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data didasarkan pada data kuantitatif dan kualitatif deskripsi. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan papan tempal dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 1. The purpose of this study was to improve the mathematical understanding of grade 1 students at SD Negeri 2 Donorojo Pacitan, especially their understanding of the subtraction material using a sticky board. The use of sticky boards can improve cognitive abilities in arithmetic subtraction operations while also facilitating student learning activities and improving learning outcomes. Collaborative Classroom Action Research with 13 students planned for 2 cycles has a positive impact on students. Research data obtained through interviews, observation, tests and documentation. Data analysis is based on quantitative data and qualitative descriptions. The results show that the use of temp boards can improve the mathematics learning outcomes of grade 1 students.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, R. (2017). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35. https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866

Apriyani, D. D. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Proyeksi. Jurnal Formatif, 7(2), 115–123.

Cleopatra, M. (2015). Pengaruh Gaya Hidup dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2), 168–181. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i2.336

Djonomiarjo, T. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(1), 39. https://doi.org/10.37905/aksara.5.1.39-46.2019

Elis Warti. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5, 177–185. https://media.neliti.com/media/publications/226634-pengaruh-motivasi-belajar-siswa-terhadap-942bfa32.pdf

Fadillah, A. (2016). Analisis Minat Belajar Dan Bakat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. M A T H L I N E : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 113–122. https://doi.org/10.31943/mathline.v1i2.23

Hasanah, U., Safitri, I., Rukiah, R., & Nasution, M. (2021). Menganalisis Perkembangan Media Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Berbasis Game. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 204–211. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.125

Heryadi, T., Sulfemi, W. B., & Retnowati, S. (2020). PENGEMBANGAN METODE MODELING THE WAY BERBANTU MEDIA PAPAN TEMPEL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA Modeling The Way Method Development with The Help of Sticky Board Media in Learning Indonesian Language. Jurnal Lingko : Jurnal Kebahasaan Dan Kesastraan, 2(2). https://doi.org/10.26499/jl.v2i2.63

Irawan, H. (2017). Pengaruh Motivasi, Minat Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Semester VI di Akademi Keperawatan Dharma Husada. Jurnal Ilmu Kesehatan, 4(2), 80. https://doi.org/10.32831/jik.v4i2.94

Lestari, I. (2014). Pengaruh Waktu Belajar Dan Minat Belajar. Jurnal Formatif, 3(2), 115–125.

M. Najicun, W. W. (2017). Hubungan persepsi siswa dengan gaya mengajar guru matematika dengan hasil belajar matematika siswa. Jurnal Psikologi Undip, 15(2), 139–146.

Rahmah, N. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88

Sambaralam, M. G. (2023). HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PPKN SISWA KELAS IX SMPN 1 LAP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08. https://doi.org/10.1007/s00712-023-00827-w

Sasmita, D. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI IDE POKOK MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA KELAS 4 SDN JUNREJO 2 BATU. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08, 1–23.

Veronica, N. (2018). Permainan Edukatif Dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 49. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i2.1939

Wulandari, A. N., & Mawardi, M. (2018). Pengembangan Media Papan Tempel Bangun Datar Berbasis Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas 4 SD. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

https://pigur.ejournal.unri.ac.id/index.php/pigur/article/download/5984/5506

Yeni, E. M. (2015). Kesulitan Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Jupendas: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 1–10. jfkip.umuslim.ac.id

Yusuf Aditya, D. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 165–174. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1023

Downloads

Published

2023-06-09