PENERAPAN MODEL PROJECT BASE LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7781Abstract
ABSTRAK Peneliti melakukan observasi terhadap sebuah kelas dan diperoleh data bahwa hasil belajar peserta didik yang masih rendah pada mata pelajaran matematika di SDN Bukur 01. Penyebab hal ini terjadi yaitu siswa yang kurang antusia, tidak menyenangi dan merasa kesulitan dalam mempelajari mata pelajaran matematika. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan menerapkan model Pembelajaran Project Base Learning . Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti pada penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Pendekatan yang diterapkan peneliti dalam penelitian ini yaitu metode campuran. Teknik yang digunakan untuk memperoleh data pada penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes hasil belajar. Subjek penelitian ini adalah kelas 5 siswa SDN Bukur 01 yang berjumlah 7 orang. Hasil penelitian ini pada kondisi awal dari 7 siswa yang lulus KKM (≥ 70) yaitu sejumlah 2 siswa (28,6%) sedangkan yang belum tuntas sebanyak 5 siswa (71,4%). Pada siklus 1 kenaikan belum terlalu signifikan namun sudah mengalami peningkatan yaitu terdapat 3 (42,9%) siswa yang telah memenuhi kelulusan dan 4 siswa (57,1%) yang belum tuntas. Siklus II sudah terlihat kenaikan yang cukup baik yaitu jumlah siswa yang telah memenuhi kriteria mencapai 6 siswa (85,7%) sedangkan terdapat 1 siswa (14,3%) yang belum tuntas. Dengan demikian dapat diartikan bahwa penerapan model pembelajaran Project Base Learningdapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 SDN Bukur 01 Jiwan.Downloads
References
Abdurrahman, Mulyono. 2010. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Adony Natty, R., Kristin, F., Anugraheni, I., Kristen Satya Wacana, U., & Tengah, J. (2019). PENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA SEKOLAH DASAR (Vol. 3, Issue 4). https://jbasic.org/index.php/basicedu
Arikunto, S., Suhardjono, dan Supardi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Masniladevi, dkk. 2018. Instrumen Hots Matematika Bagi Mahasiswa PGSD. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unversitas Riau. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran). Vol 2 No 6. ISSN Cetak: 2580-8435. ISSN Online: 2614-1337.
Mulyati, S. (2020). IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA SD NEGERI 7 WONOGIRI (Vol. 2, Issue 2).
Nadirah, dkk. METODOLOGI PENELITIAN Kualitatif, Kuantitatif, Mix Method (Mengelola Penelitian Dengan Mendeley dan Nvivo). N.p., CV. AZKA PUSTAKA, 2022.
Rustikkabu, 1 Tombekkan. (2014). Pembelajaran Matematika Dasar bagi Anak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rinneka Cipta.
Sukardi. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta. PT Bumi Aksara
Sukayati, 2008. Penelitian Tindakan Kelas di SD. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika
Tyas, Ni’mah Mulyaning. 2016. Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Semarang: Unversitas Negeri Semarang
Warsini SMP, T. N. (2019). Penerapan Model PJBL Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII C SMP Negeri 4 Sumbang Semester 2 Tahun Pelajaran 2016/2017. In AlphaMath Journal of Mathematics Education (Vol. 5, Issue 1).
Zainil, Melva, dkk. (2019). Mathematical Connection Of Elementary School Students To Solve Mathematical Problems. Journal On Mathematics Education. ISSN 2087-8885 EISSN 2407-0610 Vol 10, No.1, January, Pp. 69-80.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.