PEMANFAATAN LIVE WORKSHEET EDUCATION SEBAGAI MEDIA PENINGKATAN PARTISIPASI KEAKTIFAN DAN KREATIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V MELALUI PBL
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7715Keywords:
Keaktifan, Kreativitas, Live Worksheet Education, Problem Based Learning.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kreativitas belajar dan keaktifan siswa kelas V SDN Punten 01 Kota Batu khususnya dalam Pembelajaran IPA.Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan perbaikan dalam pembelajaran untuk meningkatkan keaktifan dan kreativitas belajar siswa kelas V SDN Punten 01 Kota Batu pada Pembelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan model Kemmis dan MC Taggart, dengan langkahlangkah perencanaan, pelaksanaan tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes. Instrumen non tes berupa lembar obsevasi untuk mengukur tingkat kreativitas siswa. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I untuk persentase keaktifan dan kreativitas siswa berdasarkan kategori cukup aktif dan kreatif, aktif dan kreatif, dan sangat aktif dan kreatif mencapai 71,42% dari 35 siswa dan pada siklus II persentase keaktifan dan kreativitas mencapai 94,28%. Dilihat dari rerata skor kreativitas siswa pada siklus I mencapai 75,37 siklus II mencapai 83,34 maka terjadi peningkatan keaktifan dan kreativitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 22,85. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa penerapan Live Worksheet Education melalui model Problem Based Learning dalam Pembelajaran IPA dapat meningkatkan keaktifan dan kreativitas siswa.Downloads
References
Astuti, D. E. W., KHB, M. A., & Budiman, M. A. (2019). Analisis Keaktifan Belajar Siswa Terhadap Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V SD Kanisius Hasanudi Semarang. Jurnal Pinus: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 5(1), 77–83.
Atmojo, I. R. W., Matsuri, M., Adi, F. P., Ardiansyah, R., & Saputri, D. Y. (2022). Pemanfaatan LKPD Interaktif Berbasis Liveworksheet untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Muatan IPA Peserta Didik Kelas V di SD Negeri Jajar Kota Surakarta. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 3(2), 241. https://doi.org/10.33394/jpu.v3i2.5514
Indriani, L. (2022). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa dengan Model Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(1), 9–17.
Khairunisa, U., Azis, Z., & Sembiring, M. B. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik dengan Model Problem Based Learning Berbasis Higher Order Thinking Skills. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 6(1), 56–61. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu/article/view/3133
Khikmiyah, F. (2021). Implementasi Web Live Worksheet Berbasis Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1193
Lathifah, M. F., Hidayati, B. N., & Zulandri. (2021). Efektifitas LKPD Elektronik sebagai Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(1), 25–30. https://doi.org/10.36312/jupe.v4i4.995
Lestari, N., & Mustika, E. (2014). Pengaruh penggunaan media realia terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di Sekolah Dasar Negeri Setia Darma 03 Tambun Selatan [The effect of the use of realia media on student learning activeness in natural science]. Pedagogik/Pedagogic, 2(2), 1–8. http://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/1240
Manobe, S. M., & Wardani, K. W. (2018). PENINGKATAN KREATIVITAS BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS 3 SD. Didaktika Dwija Indria, 6(9), 159–171. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/12003
Nadifatinisa, N., & Sari, P. M. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thingking Skill (HOTS) Pada Pembelajaran IPA Materi Ekosistem Kelas V. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 344. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37574
Pramudya, E., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Ipa Pada Pembelajaran Tematik Menggunakan Pbl. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 320–329. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i2.391
Pratiwi, E. B., Susanti, M. M. I., & Rustamti, M. I. (2022). Peningkatan Keaktifan Sikap Dan Hasil Belajar IPA Melalui Model PBL Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Patimuan 01. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(65), 1349–1358.
Widyaningrum, H. K., & Rahmanumeta, F. M. (2016). PENTINGNYA STRATEGI PEMBELAJARAN INOVATIF DALAM MENGHADAPI KREATIVITAS SISWA DI MASA DEPAN. Proceedings Infernational Seminar FoE (Faculty of Education), 1, 268–277.
Zahroh, D. A., & Yuliani, Y. (2021). Pengembangan e-LKPD Berbasis Literasi Sains untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(3), 605–616. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n3.p605-616
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.