MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT BERBANTUAN MEDIA GROUP CARD UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7686Keywords:
Keaktifan, Keaktifan Belajar Siswa, Model Team Games TournamentAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingkat keaktifan belajar siswa yang rendah. Berdasarkan hasil observasi, terdapat 7 siswa termasuk dalam kriteria tingkat keaktifan belajar rendah dan 13 siswa dengan kriteria tingkat keaktifan belajar sedang. Dari hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa sekolah dasar pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas sesuai dengan model spiral dari Kemmis dan Taggart. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diantaranya observasi dan Focus Group Discussion (FGD). Untuk mencapai tujuan, proses FGD dalam penelitian dilakukan secara kolaboratif dan partisipatif antara peneliti, guru kelas dan dosen pembimbing lapangan. Melalui proses FGD dihasilkan kesepakatan untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournamanet (TGT) berbantuan media pembelajaran Group Card sebagai tindakan untuk mengatasi permasalahan tingkat keaktifan belajar siswa yang rendah. Penelitian ini dilaksanakan meliputi tahap pra siklus, siklus I dan siklus II. Setiap siklus mencakup empat tahap kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitan ini yaitu siswa kelas IV SDN 134 Panorama dengan jumlah 20 orang. Hasil penelitian pra siklus menunjukkan bahwa persentase rata-rata keaktifan belajar siswa sebesar 50%, sedangkan pada siklus I memperoleh persentase 59,37% dan meningkat dengan persentase sebesar 73,43% pada siklus II. Berdasarkan hasil persentase tersebut, maka penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berbantuan media pembelajaran Group Card dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa sekolah dasar kelas IV pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila.Downloads
References
Armidi, N. L. S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VI SD. Journal of Education Action Research, 6(2), 214–220. https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.45825
Endah, N. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 5 Sd Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt Berbantuan Media Gambar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 96. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2131
Hariandi, A., & Cahyani, A. (2018). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Inkuiri Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 353–371. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6751
Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). Action Research Planner Book. In Springer Science+Bussiness Media Singapore.
Kristiana, I., Nurwahyunani, A., & Sulistya Dewi, E. R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Tgt Menggunakan Media Puzzle Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Siswa Kelas Viii Mts N 1 Semarang. Bioma : Jurnal Ilmiah Biologi, 6(2), 78–92. https://doi.org/10.26877/bioma.v6i2.1740
Lestari, N., & Mustika, E. (2014). Pengaruh penggunaan media realia terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di Sekolah Dasar Negeri Setia Darma 03 Tambun Selatan [The effect of the use of realia media on student learning activeness in natural science]. Pedagogik/Pedagogic, 2(2), 1–8. http://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/1240
Mustika, Z. (2015). Urgenitas Media Dalam Mendukung Proses Pembelajaran Yang Kondusif. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 60–73. https://doi.org/10.22373/crc.v1i1.311
Nurrohim, N., Suyoto, S., & Anjarini, T. (2022). Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Model Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri. SITTAH: Journal of Primary Education, 3(1), 60–75. https://doi.org/10.30762/sittah.v3i1.157
Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1717–1724. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/991
Purwandari, A., & Wahyuningtyas, D. T. (2017). Eksperimen Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt) Berbantuan Media Keranjang Biji-Bijian Terhadap Hasil Belajar Materi Perkalian Dan Pembagian Siswa Kelas Ii Sdn Saptorenggo 02. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(3), 163. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i3.11717
Puspita sari, A. S., Amalia, A. R., & Sutisnawati, A. (2022). Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Rainbow Board di Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3251–3265. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1687
Putri, D. A., & Taufina, T. (2020). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Make A Match di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 610–616. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.403
Rikawati, K., & Sitinjak, D. (2020). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Penggunaan Metode Ceramah Interaktif. Journal of Educational Chemistry (JEC), 2(2), 40. https://doi.org/10.21580/jec.2020.2.2.6059
Sudimahayasa, N. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Tgt Untuk Meningkatkan Hasil Belajar, Partisipasi, Dan Sikap Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 48(1–3), 45–53. https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v48i1-3.6917
Sudjana, N., 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:Rosdikarya.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D) (11th ed.). Alfabeta.
Surya, Y. F. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Gamestournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Hasil Belajarmatematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 003 Bangkinang Kota. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 154–163. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.41
Utami, R., Djudin, T., & Arsyid, S. B. (2014). Remediasi Miskonsepsi Pada Fluida Statis Melalui Model Pembelajaran TGT Berbantuan Mind Mapping Di Sma. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1–12. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8181
Vitasari, R., Joharman, & Suryandari, K. C. (2013). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Problem Based Learning Siswa Kelas V SD Negeri 5 Kutosari. Kalam Cendikia PGSD Kebumen, 4(3), 1–8. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/download/2226/1640
Yunita, N. K. D., & Tristiantari, N. K. D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt Berbasis Kearifan Lokal Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 1(2), 96. https://doi.org/10.23887/jpmu.v1i2.20778
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.