PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI KEBERAGAMAN KARAKTERISTIK MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MELALUI MEDIA BUCIK
Keywords:
PBL, Media bucik, keragaman karakteristik, pendidikan pancasilaAbstract
Era society 5.0 menuntut penguasaan teknologi dibidang pendidikan terutama guru selaku pelaksana pendidikan. Disisi lain teknologi membawa dampak perkembangan informasi yang sangat cepat membuat siswa perlu memiliki pemahaman terhadap keragaman karaktersitik mengingat negara indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa, budaya, dan agama. Namun fakta dilapangan menunjukkan penguasaan materi keragaman karakteristik siswa kelas 4 masih rendah. Sehingga perlu model pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini fokus pada peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model Problem Based Learning melalui media buku ciri fisik pada materi keragaman karakteristik mata pelajaran pendidikan pancasila. Subjek penelitian tindakan ini siswa kelas 4 dengan jumlah 23. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Gedangsewu 3 Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model Problem Based Learning sudah dilaksanakan dengan baik. Hal ini seimbang dengan hasil belajar siswa yang menunjukkan peningkatan sebesar 85.2%. Selain itu model Problem Based Learning juga memberikan pengalaman siswa untuk berpikir kritis, sikap peduli lingkungan, serta lebih aktif. Secara keseluruhan, model Problem Based Learning melalui media bucik sangat efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 materi keragaman karakteristik pada mata pelajaran pendidikan pancasila.Downloads
References
Amalia, F. N., & Maknun, L. (2021). Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh di MI/SD. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 4(1), 41–56. https://doi.org/10.23971/mdr.v4i1.2412
Ardhinar, M. R., & Wibawa, A. P. (2022). Persiapan Pendidikan Dalam Ranah Pembelajaran Pada Society 5 . 0. Jurnal Inovasi Teknik Dan Edukasi Teknologi, 2(2), 86–92. https://doi.org/10.17977/um068v2i22022p86-92
Arfianto, A., Sutama, S., & Fathoni, A. (2022). Kelayakan Buku Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 656–663. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1985
Aufa, M. N., Rusmansyah, R., Hasbie, M., Jaidie, A., & Yunita, A. (2021). The Effect of Using e-module Model Problem Based Learning (PBL) Based on Wetland Environment on Critical Thinking Skills and Environmental Care Attitudes. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(3), 401–407. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7i3.732
Dr. Usman, M. A. (2021). RAGAM STRATEGI PEMBELAJARAN Berbasis Teknologi Informasi (M. A. Dr. Syamsidar (ed.)). IAIN Parepare Nusantara Press.
Effendi, D., & Wahidy, D. A. (2019). Pemanfaatan Teknologi Dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembnag, 125–129.
Effendi, R., Herpratiwi, H., & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920–929. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.846
Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2023). Tantangan Penggunaan ChatGPT dalam Pendidikan Ditinjau dari Sudut Pandang Moral. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 456–463. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4779
Fatonah, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Dengan Media LKPD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih Kelas VII A MTs AL-Hidayah Candikuning. 2(1), 12–18.
Firdaus, M., & Wilujeng, I. (2018). Pengembangan LKPD inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1), 26–40. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i1.5574
Gede Swiyadnya, I. M., Citra Wibawa, I. M., & Agus Sudiandika, I. K. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan LKPD Terhadap Hasil Belajar Muatan Pelajaran IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 203. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36111
Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 5. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599
Ismail, S., Suhana, & Hadiana, E. (2021). Kompetensi Guru Zaman Now Dalam Menghadapi Tantangan Di Era Revolusi Industri 4.0. At-Tajdid : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 4(02), 113. https://doi.org/10.24127/att.v4i02.1229
Lestari, S. (2015). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemanfaatan TIK Oleh Guru Factors Affecting Teachers Use ICT. Kwangsan, 3(2), 121–134.
Mayasari, A., Arifudin, O., & Juliawati, E. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167–175. https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.335
Nastiti, F. E., & ‘Abdu, A. R. N. (2020). Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi era society 5.0. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5, 61–66.
Oktavia, R., & Hardinata, A. (2021). Tingkat Literasi Digital Siswa Ditinjau Dari Penggunaan Teknologi Informasi Sebagai Mobile Learning Dalam Pembelajaran Biologi …. Bionatural: Jurnal Ilmiah …, VII(2), 26–34.
Purba, Y. A., & Harahap, A. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Matematika Di SMPN 1 NA IX-X Aek Kota Batu. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1325–1334. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1335
Rizanta, G. A., & Arsanti, M. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Masa Kini. Prosiding Seminar Nasional Daring, 2, 560–568. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1381
Simanjuntak, H., Endaryono, B. toni, & Balyan. (2020). Bakti Peran Teknologi Informasi dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar di Sekolah Dasar. Inventa, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.36456/inventa.4.1.a2122
Tri Wulandari, & Adam Mudinillah. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), 102–118. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245
Wicaksono, V., Syahrial, & Hidayat, M. (2020). Analisis Penguasaan Guru Terhadap Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tematik, 5(1), 41–51.
Winda, R., & Dafit, F. (2021). Analisis Kesulitan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 211. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.38941
Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 399–408. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4366
Yunita, Y., & Elihami, E. (2021). Problem soving. Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Media E- Learning: Diskursus Melalui Problem Soving Di Era Pandemik Covid-19, 2(1)(1), 133–146.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.