PERBANDINGAN TOKOH DALAM NOVEL SANGHIANG LUTUNG KASARUNG KARYA AHMAD BAKRI DENGAN NOVEL BEAUTY AND THE BEAST KARYA MADAME DE VILLENEUVE

Authors

  • Nadila Dirgantari Universitas Pendidikan Indonesia
  • Zulfikar Alamsyah Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7447

Keywords:

perbandingan tokoh, Lutung Kasarung, Beauty and The Beast

Abstract

Setiap karya sastra pasti akan dipengaruhi oleh karya sastra yang lainnya. Berangkat dari hal tersebut maka tidaklah heran apabila ada karya sastra yang mirip satu sama lain. Misalnya saja novel Sanghiang Lutung Kasarung dengan novel Beauty and The Beast. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap serta mendeskripsikan perbandingan tokoh dalam kedua novel tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitik. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini yakni kedua novel tersebut memiliki tokoh utama perempuan dan tokoh utama laki-laki yang sama dari aspek fisiologis, sosiologis, dan psikologisnya. Tokoh antagonis dalam kedua novel tersebut didominasi oleh perempuan yang berperan sebagai kakak. Tokoh tambahan dalam kedua novel tersebut didominasi oleh laki-laki dan terdapat tokoh dengan kekuatan magis. Peran tokoh ayah dalam novel Sanghiang Lutung Kasarung jauh lebih sedikit daripada novel Beauty and The Beast. Tokoh ibu dalam kedua novel ini memiliki perbedaan yang signifikan pada aspek psikologisnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bakri, A. (1976). Sanghiang Lutung Kasarung. Jakarta: PT Dunia Pustaka Jaya

Maliah, M. N. (2020). The cavern concept of main character in Beauty and The Beast, Lutung Kasarung, and Kisah Nabi Ayub As (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Maulida, F. N. A. (2012). Telaah Banding Novel Purba Sari Ayu Wangi dan Naskah Musikal Lutung Kasarung. Students e-Journal, 1(1), 9.

Nurgiyantoro, B. (2010). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pradopo, R. J. (2003). Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ratna, N. K. (2012). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudhiatmika, I. B. W., & Sancaya, I. W. (2018). Dongeng I Dempu Awang dan Cerita Pantun Lutung Kasarung Kajian Sastra Bandingan Nusantanra. Humanis, 22(1), 108-114.

Villeneuve, M. d. (2017). Beauty and The Beast. Bandung; Qanita

Witarman, R. (2018). Perbandingan Kajian Unsur Intrinsik dan Nilai-Nilai Moral Dongeng Lutung Kasarung dan Beauty and The Beast. Abstract of Undergraduate, Faculty of Education, Bung Hatta University, 8(2).

Downloads

Published

2023-05-20