PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING MATA PELAJARAN SENI RUPA MELALUI KOLASE MIX MEDIA
Keywords:
P, Keterampilan berpikir kreatif, Keterampilan abad 21, Model Project Based LearningAbstract
Keterampilan berpikir kreatif pada abad 21 tergolong dalam keterampilan yang wajib dikuasai oleh siswa. Namun, fakta dilapangan siswa yang dapat berpikir secara kreatif masih sangat sedikit. Sehingga dibutuhkan proses pembelajaran yang dapat mengembangkan siswa untuk meningkatkan keterampilan ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan model Project Based Learning (PjBL) terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa melalui kolase mix media. Penelitian dilakukan menggunakan dua siklus. Disetiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Partisipan penelitian adalah siswa kelas 1 SD Purwantoro 1 Malang yang berjumlah 28 siswa. Data dikumpulkan melalui lembar observasi guru. Hasil penelitian menyatakan bahwa penerapan model Project Based Learning seara signifikan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Selain itu, penerapan model Project Based Learning mendorong siswa untuk lebih termotivasi, terlibat secara langsung, dan aktif dalam pembelajaran. Secara keseluruhan, penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa model Project Based Learning efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini juga menekankan pentingnya memberikan peluang kepada siswa untuk berkolaborasi atau berkelompok dalam mengeksplorasi konsep materi.Downloads
References
Agustang, A. (2021). Makalah “Masalah Pendidikan Di Indonesia.” Www.Melianikasim.Wordpress.Com, 0–19. https://meilanikasim.wordpress.com/2009/03/08/makalah-masalah-pendidikan-di-indonesia/
Ansori, Y. Z. (2019). Media Publikasi pada Bidang Pendidikan Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 112. http://jurnal.unma.ac.id/index.php/CP/article/download/1370/1250
Cinthya, A., & Kusuma, H. B. (2018). Botol Plastik Bekas. 2(1), 10–16.
Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugrahaeni, I. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Melalui Penarapan Blended Project-Based Learning. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 69–77.
Dewi, H. R., Mayasari, T., & Jeffry, H. (2017). Peningkatan ketrampilan berfikir kreatif siswa melalui penerapan inkuiri terbimbing berbasis STEM. Seminar Nasional Pendidikan Fisika 3, 20, 47–53. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/snpf
Diarini, I. G. A. A. S., Ginting, M. F. B., & Suryanto, I. W. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Lesson Study Melalui Pembelajaran Daring Untuk Mengetahui Kemampuan Berfikir Kritis Dan Hasil Belajar. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 253–265.
Fitriyah, A., & Ramadani, S. D. (2021). Pengaruh Pembelajaran Steam Berbasis Pjbl ( Project-Based Learning ) Terhadap Keterampilan. Journal Of Chemistry And Education (JCAE), X(1), 209–226.
Hasanah, M. & H. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIII SMP Pada Materi Statistika. Maju, 8(1), 233–243.
Insyasiska, D., Zubaidah, S., Susilo, H., Biologi, P., & Malang, U. N. (n.d.). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar , Kreativitas , Kemampuan Berpikir Kritis , Dan.
Janah, S. R., Suyitno, H., & Rosyida, I. (2019). Pentingnya Literasi Matematika dan Berpikir Kritis Matematis dalam Menghadapi Abad ke-21. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 905–910. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29305
Kurniawati, I. D. (2021). Efektifitas project based learning berbantuan video terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 4(1), 769–774.
Maula, M. M., Prihatin, J., & Fikri, K. (2014). Pengaruh Model PjBL ( Project-Based Learning ) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pengelolaan Lingkungan. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 1(2), 1–6.
Mawarni, R., & Sani, R. A. (2020). Pengaruh model project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi pokok fluida statis di kelas XI SMA Negeri Tebing Tinggi T.P 2019/2020. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI), 8(2), 8–15.
Mayar, F., Fitri, R. A., Isratati, Y., Netriwinda, N., & Rupnidah, R. (2022). Analisis Pembelajaran Seni melalui Finger painting pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2795–2801. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1978
Pradipta, Sariyasa, & Lasmawan. (2020). Pengembangan instrumen kemampuan berpikir kreatif dan literasi matematika pada materi geometri peserta didik kelas iv sekolah dasar. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 10(1), 21–30.
Pratama, H., & Prastyaningrum, I. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Media Pembelajaran Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 6(2), 44. https://doi.org/10.26740/jpfa.v6n2.p44-50
Rahayu, H., Purwanto, J., & Hasanah, D. (2017). Pengaruh model pembelajaan project based learning (PjBL) terhadap kemampuan bepikir tingkat tinggi siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika-COMPTON, 4(1), 21–28. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/COMPTON/article/view/1384
Rohana, R. S., & Wahyudin, D. (2017). Project Based Learning Untuk Meningkatkan Berpikir Kreatifsiswa Sd Pada Materi Makanan Dan Kesehatan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(3), 235–243. https://doi.org/10.17509/jpp.v16i3.4817
Saputro, O. A., & Rayahub, T. S. (2020). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Monopoli terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 185–193. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/24719
Siswono, T. Y. E. (2016). Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif sebagai Fokus Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Senatik 1), 11–26.
Sugiyarti, L., Arif, A., & Mursalin. (2018). Pembelajaran Abad 21 di SD. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, 439–444. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/10184
Suhaya. (2016). Pendidikan seni sebagai penunjang kreatifitas. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 1(1), 1–15. https://journal.unnes.ac.id/nju/inadex.php/imajinasi/article/view/27704/pdf
Umam, H. I., & Jiddiyyah, S. H. (2020). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Ilmiah Sebagai Salah Satu Keterampilan Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(1), 350–356. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.645
Wahyu, R., Islam, U., & Rahmat, R. (2018). Implementasi Model Project Based Learning ( PJBL ) Ditinjau dari Penerapan Implementasi Model Project Based Learning ( PJBL ) Ditinjau dari Penerapan Kurikulum 2013. Teknoscienza, 1(1), 50–62.
Wahyuni, L., & Rahayu, Y. S. (2021). Pengembangan E-Book Berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan Kelas XII SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(2), 314–325. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n2.p314-325
Yunianto, I. K., Rupa, S. T. S., & Indonesia, D. V. (2014). JOGJAFORCE, Niteni, Nirokne, Nambahi Sebagai Proses Berpikir Kreatif. Kreatif: Jurnal Desain …, 121–133. https://www.academia.edu/download/63231876/JOGJAFORCE._Niteni__Nirokne__Nambahi_Sebagai_Proses_Berpikir_Kreatif20200507-4681-45y97g.pdf
Yuniarti, Y. (2021). Project Based Learning sebagai Model Pembelajaran Teks Anekdot Pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 73–81. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/jpbsi/article/view/17795%0Ahttp://jurnal.unissula.ac.id/index.php/jpbsi/article/viewFile/17795/6343
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.