PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP SUNAN KALIJAGA SAMPUNG MELALUI IMPLEMENTASI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR 4
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7416Keywords:
kampus mengajar, motivasi belajar, peningkatan literasi, peningkatan numerasi, merdeka belajar kampus merdekaAbstract
ABSTRACT The campus teaching Program is one of the many activities that are part of the Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) program. This Program is the latest policy of the Ministry of Education, Culture, Research and Technology (KEMENDIKBUDRISTEK). This is motivated by the problem of inequality in the quality of Education in Indonesia. Until now, there are still many infrastructures that are still far behind, both from facilities and infrastructure, teachers, limited internet access and so on. These problems are often found in Indonesia, especially in the 3T area (lagging, leading, outermost). From these problems, the efforts of the Ministry of education and culture need to be supported by implementing campus teaching programs as well as possible. In this study, researchers used the type of qualitative descriptive research methods, and use data collection techniques by observation and interview. With the desired end result, this teaching campus program can increase the interest in literacy and numeracy and technological adaptation of students, as well as increase the role and real contribution of students in efforts to improve the quality of Education in Indonesia. Keywords: Campus teaching; Quality of Education ABSTRAK Program Kampus Mengajar merupakan salah satu dari sekian banyak kegiatan yang merupakan bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Program ini merupakan kebijakan terbaru dari Kementrian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (KEMENDIKBUDRISTEK). Hal ini dilatarbelakangi dari permasalahan ketidakmerataannya kualitas Pendidikan di Indonesia. Hingga saat ini masih banyak infrastruktur yang masih jauh tertinggal, baik dari sarana dan prasarana, guru, akses internet yang terbatas dan lain sebagainya. Permasalahan-permasalahan tersebut banyak dijumpai di Indonesia, terutama di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar). Dari permasalahan tersebut, upaya dari KEMENDIKBUD perlu didukung dengan mengimplementasikan program Kampus Mengajar dengan sebaik-baiknya. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan jenis metode penelitian deskripstif kualitatif, serta menggunakan Teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan wawancara. Dengan hasil akhir yang diinginkan dengan adanya program Kampus Mengajar ini dapat meningkatkan minat literasi dan numerasi serta adaptasi teknologi peserta didik, serta meningkatkan peran dan kontribusi nyata mahasiswa dalam upaya peningkatan kualitas Pendidikan di Indonesia. Kata kunci: Kampus Mengajar; Kualitas PendidikanDownloads
References
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.
Artobatama, I., Hamdu, G., & Giyartini, R. (2020). Analisis Desain Pembelajaran STEM berdasarkan Kemampuan 4C di SD. Indonesian Journal of Primary Education, 4(1), 76–86.
Ayuningtyas, N., & Sukriyah, D. (2020). Analisis pengetahuan numerasi mahasiswa matematika calon guru. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9 No. 2.
Hasan, H. (2017). Internalisasi Religius Dalam Kompetensi Guru Agama Islam. 7.
Kemendikbud. (2021). Asesmen Nasional: Lembar Tanya Jawab. Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Krisbiantoro, D., & Haryono, D. (2017). Game Matematika Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Telematika, 10 No. 2.
Rahmah, A. N. A., & Triristina, N. (2021). Kampus Mengajar: Transformasi Budaya Belajar Siswa Dalam Adaptasi Kebiasaan Baru Di Madura. National Conference Multidisciplinary, 01(01).
Rupilele, F. G. J., Palilu, A., Lopulalan, J., Madina, L. O., Pattiwael, M., & Lahallo, F. F. (2021). Pelatihan Pengenalan Dasar Komputer Dan Aplikasi Microsoft Office Kepada Anak-Anak Usia Sekolah Di Kelurahan Klamalu Kabupaten Sorong. Journal of Dedication to Papua Community, 4(1), 1–10.
Sababalat, D. F., Purba, L. S. L., & Sormin, S. (2021). Efektivitas Pemanfaatan Media Pembelajaran Teka-Teki Silang Online Terhadap Peningkatan Minat Belajar Siswa. EduMatSains : Jurnal Pendidikan, Matematika dan Sains, 6(1), 207–218.
Safaringga, V., Lestari, W. D., & Aeni, A. N. (2022). Implementasi Program Kampus Mengajar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3514–3525.
Sugiyono. (2018). Statistika Untuk Penelitian. Alphabeta.
Sujarwo. (2020). Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Mengalikan dan Berbagai Bentuk Pecahan melalui Penerapan Teknik Jarimatika Pada Siswa Kelas V SDN 2 Giritirto Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan EMPIRISME, VII.
Syafii, A. (2018). Perluasan dan Pemerataan Akses Kependidikan Daerah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal). Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 04 No. 02.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.