ANALISIS MANFAAT PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Idawati PGMI FITK Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Fatimatuzzahra PGMI FITK Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.7388

Keywords:

Language, Benefits, Elementary School

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat penggunaan Bahasa Indoenesia dalam proses pembelajaran di sekolah dasar. Bahasa Indonesia penting karena sebagai  pemersatu bangsa juga sebagai identitas sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif berupa interview/wawancara. Peneliti melakukan wawancara dengan beberapa narasumber. Terdapat 5 narasumber, dari kelima jawaban narasumber hampir memiliki jawaban yang sama mengenai manfaat penggunaan Bahasa Indonesia di sekolah dasar. Dengan menggunakan bahasa Indonesia diharapkan siswa dapat membaca dan memperluas wawasan, meningkatkan  karakter dan juga dapat lebih menghargai bahasa Indonesia dan bangga dengan bahasa persatuan bangsa. Manfaat menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar adalah untuk memperlancar komunikasi diharapkan rasa nasionalisme dalam diri kita semakin meningkat, dan juga untuk menggambarkan kepribadian yang kita miliki sebagai manusia yang lebih baik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Idawati. (2020). Penerapan Bahasa Indonesia di Lingkungan Universitas. CV Amanah.

Idawati. Fatimatuzzahra. (2022). Pendekatan, Metode, Komunikasi Serta Cara Mengajar Dalam Pendidikan. JEMARI, 4(1), 56–61.

Idawati. Jati Laksono, Pandu. F. (2022). Active, Creative, Effective and Fun Learning with Character in 21st Century Skills. Jurnal Pendidikan, 14(3), 3667–3678. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1490

Mas’ud, K. (2019). Bahasa Indonesia Untuk Mahasiswa. Noer Fikri.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sukirman, Nurdjan. M. F. (2016). Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Aksara Timur.

Downloads

Published

2024-06-30

Most read articles by the same author(s)