ANALISIS MANFAAT PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.7388Keywords:
Language, Benefits, Elementary SchoolAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat penggunaan Bahasa Indoenesia dalam proses pembelajaran di sekolah dasar. Bahasa Indonesia penting karena sebagai pemersatu bangsa juga sebagai identitas sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif berupa interview/wawancara. Peneliti melakukan wawancara dengan beberapa narasumber. Terdapat 5 narasumber, dari kelima jawaban narasumber hampir memiliki jawaban yang sama mengenai manfaat penggunaan Bahasa Indonesia di sekolah dasar. Dengan menggunakan bahasa Indonesia diharapkan siswa dapat membaca dan memperluas wawasan, meningkatkan karakter dan juga dapat lebih menghargai bahasa Indonesia dan bangga dengan bahasa persatuan bangsa. Manfaat menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar adalah untuk memperlancar komunikasi diharapkan rasa nasionalisme dalam diri kita semakin meningkat, dan juga untuk menggambarkan kepribadian yang kita miliki sebagai manusia yang lebih baikDownloads
References
Idawati. (2020). Penerapan Bahasa Indonesia di Lingkungan Universitas. CV Amanah.
Idawati. Fatimatuzzahra. (2022). Pendekatan, Metode, Komunikasi Serta Cara Mengajar Dalam Pendidikan. JEMARI, 4(1), 56–61.
Idawati. Jati Laksono, Pandu. F. (2022). Active, Creative, Effective and Fun Learning with Character in 21st Century Skills. Jurnal Pendidikan, 14(3), 3667–3678. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1490
Mas’ud, K. (2019). Bahasa Indonesia Untuk Mahasiswa. Noer Fikri.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sukirman, Nurdjan. M. F. (2016). Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Aksara Timur.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.