PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN KEBIASAAN BELAJAR SISWA DI PASCA PENDEMI COVID-19 TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V GUGUS I WILAYAH III KEC. BONTOBAHARI KAB. BULUKUMBA

Authors

  • Tawakkal Tawakkal Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sitti Aida Azis Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Rukli Rukli Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7276

Keywords:

: parenting patterns of parents, student learning habits, learning outcomes

Abstract

The Influence of Parenting Patterns and Study Habits of Students in the Post-Covid-19 Pandemic on Indonesian Language Learning Outcomes in Grade V Cluster I Region III Students, Kec. Bontobahari Kab. Bulukumba This study aims to determine (1) the effect of parenting style on the results of learning Indonesian in class V Cluster I region III Subdistrict Bontobahari Regency Bulukumba. (2) the influence of students' study habits in the post-covid-19 pandemic on Indonesian language learning outcomes in class V Cluster I region III Subdistrict Bontobahari Regency Bulukumba. (3) To determine the effect of parenting styles and student study habits in the post-covid-19 pandemic on Indonesian language learning outcomes in class V Cluster I Region III Subdistrict Bontobahari Regency Bulukumba. This research includes causality ex-post facto research. Sampling technique in this study using Saturated Sampling. The sample in this study were 45 respondents. Methods of data collection using questionnaires and documentation. The results of the study showed that (1) there was an influence of parenting style on the results of learning Indonesian in class V Cluster I region III Kec. Bontobahari Kab. Bulukumba. (2) There is an influence of students' study habits in the post-covid-19 pandemic on the results of learning Indonesian in class V Cluster I region III Subdistrict Bontobahari Regency Bulukumba. (3) There is an influence of parenting styles and student study habits in the post-covid-19 pandemic on the results of learning Indonesian in class V Cluster I region III Subdistrict Bontobahari Regency Bulukumba is 0.009 for the X1 variable and for the X2 variable it is 0.002.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditia, H. R., Hamiyati & Rusilanti. 2016. Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan Kepedulian Sosial Remaja. Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan (JKPP), 3 (2), 89-93.

Aisyah. St. 2010. Pengaruh Pola Asuh Orangtua terhadap Tingkat Agresivitas Anak. Jurnal MEDTEK, volume 2, Nomor 1, April 2010.

Dewantara, K. H. (1977). Bagian pertama pendidikan. Yogyakarta: Per-Cetakan Taman Siswa.

Euis, S. 2004. Mengasuh dengan Hati Tantangan yang Menyenangkan. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Fuad, lhsan. 2001. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Gunarsa, Y. Singgih D. & Gunarsa, Singgih D. 1991. Psikologi Remaja. Jakarta: Gunung Mulia.

Goode, W. J. (1963). World revolution and family patterns.

Hamalik, O. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

H Djaali, D. (2007). Psikologi pendidikan. Bumi Aksara.

Hasan, I. 2006. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Indonesia, P. R. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Departemen Pendidikan Nasional.

Jalaluddin. 2013. Filsafat Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Rajawali Pers.

Johnstone, J. N., & Jiyono. (1983). Out-of-school factors and educational achievement in Indonesia. Comparative Education Review, 27(2), 278–295.

Marsiyanti, T & Harahap, F. 2000. Psikologi Keluarga. Yogyakarta: FIP UNY.

Mashar, Riana. 2015. Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangan. Jakarta: Kencana.

Mawarsih, S. E. (2013). Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Survai pada SMA Negeri Jumapolo).

Musaheri. 2007. Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: IRCiSoD.

Nasution, N. d. 1992. Materi Pokok Psikologi Pendidikan. Jakarta: Depdikbud.

Natawidjaja, R., & Moloeng, L. J. 1979. Psikologi Pendidikan Untuk SPG. Jakarta: Mutiara.

Novasari, T. & Suwanda, I. M. 2016. Pengaruh Pola Asuh Orangtua terhadap Perilaku Sosial (Studi Pada Siswa Kelas X SMKN 5 Surabaya). Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 4 (3), 1991-2005.

Pranoto, I. 2013. Kasmaran Bermatematika (Online). dalam http:// www.bincangedukasi.com /kasmaran-bermatematika/. Diakses tanggal 18 Mei 2015.

Prasetya, G. Tembong. 2003. Pola Pengasuhan Ideal. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Purwanto, N. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rifai, A & Anni, C. T. 2011. Psikologi Pendidikan. Semarang. Unnes Press.

Rusilaanti. 2015. Gizi dan Kesehatan Anak Prasekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Santrock, John. W. 2002. Life-Span Development: Edisi Kelima. (Alih bahasa: Juda Damanik, Achmad Chusairi). Jakarta: Erlangga.

Sarwono, S. W. 2012. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Rajawali Pers.

Semiawan, Conny R. 1999. Perkembangan dan Belajar Peserta Didik. Jakarta: Departeman Pendidikan dan Kebudayaan.

Slameto, B., & yang Mempengaruhinya, F.-F. (2010). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Soeparwoto. 2003. Psikologi Perkembangan. Semarang. Unnes Press.

Solso Maclin & Maclin. 2008. Psikologi Kongnitif. Edisi kedelapan. Jakarta: Erlangga.

Sudirman. 1992. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudjana, N. 1990. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudjana, N. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sudjana, N. (2010). Dasar-dasar proses belajar. Bandung: Sinar Baru.

Sudjana, N. (2014). Penilaian hasil proses belajar mengajar.

Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Susanto. 1998. Komunikasi dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Bina.

Syah, M. 2003. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syah, M. 2010. Psikologi Pendidikan: Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syah, M. (2013). Psikologi belajar.

Syamaun, N. (2012). Dampak Pola Asuh Orang Tua dan Guru Terhadap Kecenderungan Perilaku Agresif Siswa. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Tati'ah, I. 2010. Pengaruh Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 2 Rejotangan Tulungagung Tahun Ajaran 2009/2010. Tidak diterbitkan.

Thobroni, M., & Mustafa, A. 2012. Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Unaradjan, D. 2003. Manajemen Disiplin. Jakarta: Grasindo. Dwi Siswoyo, dkk. 2008. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Jakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Uno, H. B. 2006. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Walgito, B. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi

Yusniyah. 2008. Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan Prestasi Belajar Siswa MTS Al-Falah Jakarta Timur. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Yusuf, H. S. 2005. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Rosdakarya

Downloads

Published

2023-06-24