PEMBELAJARAN BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS: BAGAIMANA PENGARUHNYA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR?
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7274Keywords:
Keterampilan proses sains, Keterampilan berpikir kritis, Sekolah dasarAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran berbasis keterampilan proses sains terhadap keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group design yang melibatkan 60 siswa kelas V siswa sekolah dasar yang terbagi kedalam dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen akan diberikan perlakuan dengan pembelajaran berbasis keterampilan proses sains sedangkan kelompok kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Masing-masing kelompok akan diberikan pretest sebelum diberikan perlakuan dan posttest setelah perlakuan untuk melihat perbadingannya. Lembar tes yang diberikan memuat indikator keterampilan berpikir kritis. Hasilnya mengungkapkan bahwa pembelajaran berbasis keterampilan proses sains berpengaruh signifikan terhadap perkembangan keterampilan proses sains siswa dibandingkan pembelajaran konvensional yang dibuktikan dengan meningkatnya tiga aspek, yaitu kemampuan merumuskan pertanyaan, kemampuan merencanakan strategi, dan kemampuan mengevaluasi keputusan. Siswa yang terampil dalam keterampilan proses sains akan lebih mudah untuk memilah dan menilai informasi, serta membuat keputusan yang berdasarkan pada bukti yang valid dan logika yang benar.Downloads
References
Alexander, Shirley, dan David Boud. 2018. “Learners still learn from experience when online.” Hal. 3–15 in Teaching & Learning Online: New Pedagogies for New Technologies. Taylor and Francis.
Alisnaini, Ahmad Farhan, Fizna Syahira, Vera Ariyani, Syahrial Syahrial, dan Silvina Noviyanti. 2022. “Penerapan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar Berbasis Teks Dalam Kurikulum 2013.” Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) 4(3):387–93. doi: 10.31004/JPDK.V4I3.4322.
Alkhatib, Omar J. 2019. “A Framework for Implementing Higher-Order Thinking Skills (Problem-Solving, Critical Thinking, Creative Thinking, and Decision-Making) in Engineering Humanities.” 2019 Advances in Science and Engineering Technology International Conferences, ASET 2019. doi: 10.1109/ICASET.2019.8714232.
Cahyono, Budi. 2017. “ANALISIS KETRAMPILAN BERFIKIR KRITIS DALAM MEMECAHKAN MASALAH DITINJAU PERBEDAAN GENDER.” AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 8(1):50–64. doi: 10.26877/AKS.V8I1.1510.
Facione, Peter. 2020. “Critical Thinking: What It Is and Why It Counts.” Insight assessment 1:1–23.
Gunawardena, Maya, dan Kate Wilson. 2021. “Scaffolding students’ critical thinking: A process not an end game.” Thinking Skills and Creativity 41:100848. doi: 10.1016/J.TSC.2021.100848.
Heard, Jonathan, Claire Scoular, Daniel Duckworth, Ramalingam Dara, dan Ian Teo. 2020. “Creative Thinking: Skill Development Framework.” The Australian Council for Educational Research 1–16.
Humaeroh, Siti, dan Dinie Anggraeni Dewi. 2021. “Peran Pendidikan Kewarganegaraan di Era Globalisasi Dalam Pembentukan Karakter Siswa.” Journal on Education 3(3):216–22. doi: 10.31004/JOE.V3I3.381.
Ilhamdi, Mohammad Liwa, Desi Novita, dan Awal Nur Kholifatur Rosyidah. 2020. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA SD.” Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL 1(02):49–57. doi: 10.46772/KONTEKSTUAL.V1I02.162.
Kramer, Maxwell, Dalay Olson, dan J. D. Walker. 2018. “Design and assessment of online, interactive tutorials that teach science process skills.” CBE Life Sciences Education 17(2). doi: 10.1187/CBE.17-06-0109/ASSET/IMAGES/LARGE/CBE-17-AR19-G004.JPEG.
Kritis, Kemampuan Berpikir, Peserta Didik, Memecahkan Masalah, Matematik Berdasarkan, Gaya Belajar, Vepi Apiati, Dan Redi Hermanto, Jalan Siliwangi, No 24, Jawa Tasikmalaya, dan Indonesia Barat. 2020. “Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Memecahkan Masalah Matematik Berdasarkan Gaya Belajar.” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 9(1):167–78. doi: 10.31980/MOSHARAFA.V9I1.630.
Kwangmuang, Parama, Suwisa Jarutkamolpong, Watcharee Sangboonraung, dan Srisuda Daungtod. 2021. “The development of learning innovation to enhance higher order thinking skills for students in Thailand junior high schools.” Heliyon 7(6):e07309. doi: 10.1016/J.HELIYON.2021.E07309.
Mahmudah, Laely. 2017. “PENTINGNYA PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA PEMBELAJARAN IPA DI MADRASAH.” ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal 4(1).
Marudut, Masani Romauli Helena, Ishak Gary Bachtiar, Kadir Kadir, dan Vina Iasha. 2020. “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Keterampilan Proses.” Jurnal Basicedu 4(3):577–85. doi: 10.31004/BASICEDU.V4I3.401.
Md, Mehadi Rahman. 2019. “21st Century Skill ‘Problem Solving’: Defining the Concept.” Asian Journal of Interdisciplinary Research 2(1):64–74. doi: 10.34256/AJIR1917.
Prihono, Eko Wahyunanto, Fitriatun Khasanah, Kata Kunci, : Pembelajaran, Berbasis Masalah, Pembelajaran Konvensional, Kemampuan Berpikir, dan Kritis Matematis. 2020. “PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP.” EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika 8(1). doi: 10.20527/EDUMAT.V8I1.7078.
Romadhoni Hidayatullah, Shiddiqi, Himmatul Ulya, Ika Ari Pratiwi, dan Analisis ;. Kemampuan. 2022. “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin pada Materi Volume Bangun Ruang Kubus dan Balok.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5(3):785–92. doi: 10.54371/JIIP.V5I3.482.
Santello, Mirko, Nicolas Toni, dan Andrea Volterra. 2019. “Astrocyte function from information processing to cognition and cognitive impairment.” Nature Neuroscience 2019 22:2 22(2):154–66. doi: 10.1038/s41593-018-0325-8.
Saputro, Anip Dwi, Rohaeti Eli, dan Anti Kolonial Prodjosantoso. 2019. “Using Inquiry-Based Laboratory Instruction to Improve Critical Thinking and Scientific Process Skills among Preservice Elementary Teachers.” Eurasian Journal of Educational Research 80:151–70. doi: 10.14689/ejer.2019.80.8.
Tanti, D. A. Kurniawan, Kuswanto, W. Utami, dan I. Wardhana. 2020. “Science Process Skills and Critical Thinking in Science: Urban and Rural Disparity.” Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 9(4):489–98. doi: 10.15294/JPII.V9I4.24139.
Ulger, Kani. 2018. “The Effect of Problem-Based Learning on the Creative Thinking and Critical Thinking Disposition of Students in Visual Arts Education.” Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning 12(1). doi: 10.7771/1541-5015.1649.
Wiratman, A., M. Mustaji, dan W. Widodo. 2019. “The effect of activity sheet based on outdoor learning on student’s science process skills.” Journal of Physics: Conference Series 1157(2):022007. doi: 10.1088/1742-6596/1157/2/022007.
Wiratman, Arwan, Bayu Widiyanto, dan Moh Fadli. 2021. “Analisis Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Pada Masa Pandemi Covid-19.” Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 4:185–97.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.