PENGARUH PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIS (PMR) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR DI WILAYAH IV KECAMATAN SOMBA OPU KABUPATEN GOWA

Authors

  • Andi Nur Isnayanti Magister Pendidikan Dasar Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Irwan Akib Dosen Magister Pendidikan Dasar, Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Andi Husniati Dosen Magister Pendidikan Dasar, Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7231

Keywords:

Pendidikan Matematika Realistis, Kemampuan Pemahaman Konsep, Kemampuan Komunikasi Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pengaruh Pendidikan Matematika Realistis (PMR) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar di Wilayah IV Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi eksperimental design tipe pretest-posttest desain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di Wilayah IV Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Batangkaluku yang berjumlah 58 siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes dalam bentuk essay untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil penelitian berdasarkan uji hipotesis 1 tentang Pengaruh Pendidikan Matematika Realistis (PMR) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Dasar di Wilayah IV Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa menggunakan uji independent sample t test diperoleh nilai signifikan 0.00 lebih kecil dari 0.05 sehingga dapat disimpukan bahwa terdapat pengaruh PMR terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa kelas IV. Uji hipotesis 2 tentang tentang Pengaruh Pendidikan Matematika Realistis (PMR) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar di Wilayah IV Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa menggunakan uji independent sample t test diperoleh nilai signifikan 0.00 lebih kecil dari 0.05 sehingga dapat disimpukan bahwa terdapat pengaruh PMR terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IV. Uji hipotesis 3 tentang Pengaruh Pendidikan Matematika Realistis (PMR) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar di Wilayah IV Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa menggunakan uji Manova diperoleh nilai signifikan 0.00 lebih kecil dari 0.05 sehingga dapat disimpukan bahwa terdapat pengaruh PMR terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa dan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IV.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, M., & Nasution, D. P. (2018). Analisis Kualitatif Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Yang Diberi Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Gantang, 3(2), 83–95. https://doi.org/10.31629/jg.v3i2.471

Aini, N., & Suryowon, E. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Anak Berkebutuhan Khusus Tipe Learning Disabilitas pada Topik Geometri. Pi: Mathematics Education Journal, 5(1), 46–58.

Alfiani, H., & Firmansyah, D. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Ditinjau dari Soal TIMSS. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 12(1), 55–60. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v12i1.

Anderha, R. R., & Maskar, S. (2021). Pengaruh Kemampuan Numerasi Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i1.774

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Astuti. (2018). Penerapan Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 49–61.

Dianti, A. P., Amaliyah, A., & Puspita Rini, C. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Siswa Kelas Iv Sd Negeri Petir 4 Kota Tangerang. Berajah Journal, 2(1), 16–24. https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.44

Erlangga, A. (2022). Menggali Konsep Estetika (Magello dan Cantippa) dalam Pertunjukan Musik Tari Pakarena. Jurnal Hasil Penelitian, 7(2), 9–25.

Firdaus, I. A., Zawawi, I., & Suryanti, S. (2022). Pengaruh pendekatan matematis realistik terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(4), 983–994. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i4.983-994

Hadi, S. (2017). Pendidikan Matematika Realistik: Teori Pengembangan dan Implementasinya. Rajawali Pers.

Hodiyanto. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika Program Studi Pendidikan Matematika. AdMathEdu, 7(1).

Husniati, A., Ketut Budayasa, I., Juniati, D., & Lant, L. C. (2020). Analysis of deaf students understanding math concepts in the topic of geometry (rectangle shape): A case study. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(3), 1213–1229. https://doi.org/10.17478/JEGYS.780213

Jeheman, A. A., Gunur, B., & Jelatu, S. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 191–202. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.454

Karmila, U., & Atiqoh, K. S. N. (2021). Pendekatan Matematika Realistik dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pedagogik, 4(1), 1–11.

Kusumaningtias, A., Syaripuddin, T., & Fitriani, A. D. (2021). Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SD yang Menggunakan Pendekatan RME dan Pendekatan Konvensional. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 20.

Marsellananda, C., & Amidi. (2022). Kajian Teori : Pengembangan Bahan Ajar Gamifikasi Berbasis Outdoor Learning Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Peserta didik Kelas VIII. PRISMA, 5, 584–591.

Muhtar, I. S. M., Hendriani, A., & Fitriani, A. D. (2021). Penerapan Pendekatan RME Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 17(2), 118–125.

Mukrimatin, N. A. (2018). Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V Sd Negeri. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 67–71.

Nurwahid, M., & Shodikin, A. (2021). Komparasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dalam Pembelajaran Segiempat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 05(03), 2218–2228.

Puspitasari, R. Y., & Airlanda, G. S. (2021). Meta-Analisis Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.878

Rizki, A. (2018). Penerapan Pendekatan Realistics Mathematic Education ( RME ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 125–133.

Rosneli, M. R., Fadhilaturrahmi, F., & Hidayat, A. (2020). Penerapan Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 1(1), 70–78. https://doi.org/10.31004/jote.v1i1.506

Sari, A., & Yuniati, S. (2018). Penerapan Pendekatan Realistics Mathematic Education ( RME ) Terhadap Kemampuan Pemahaman. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 71–80.

Septihani, A., Chronika, A., Permaganti, B., Jumiati, Y., & Fitriani, N. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pemahaman konsep matematika sekolah dasar pada materi bangun datar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 04(01), 172–182.

Silviana, D., & Mardiani, D. (2021). Perbandingan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa melalui Mood-Understand-Recall-Digest-Expand-Review dan Discovery Learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 291–302. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.1262

Utami, F. N., & Indarini, E. (2021). Meta Analisis Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 887–894.

Widiarti, Y., Hanifah, & Haji, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning dengan Pendekatan Realisthic Mathemathics Education (RME) terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 1–23.

Widoyoko, S. E. P. (2020). Teknik Penyususnan Instrumen Penelitian. Pustaka Belajar.

Wulandari, N. P. R., Dantes, N., & Antara, P. A. (2020). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 131–142.

Yulianty, N. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 04(01), 60–65.

Yusuf, M., & Prabowo, P. (2019). Model Assesmen Pengetahuan Konseptual Mahasiswa Dalam Memecahkan Masalah Fisika. Jambura Physics Journal, 1(1), 41–58. https://doi.org/10.34312/jpj.v1i1.2393

Downloads

Published

2023-06-19