PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU BERBASIS INDIKATOR BERPIKIR KREATIF
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.7147Keywords:
Model Pembelajaran Tematik Terpadu, Berpikir KreatifAbstract
Penelitian ini bertolak dari model pembelajaran yang dilakukan cenderung berpusat pada guru dengan model pembelajaran konvensional. Selain itu, model pembelajaran yang digunakan guru kurang membawa dampak pada peningkatan indikator berpikir kreatif siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Bagaimana proses pengembangan Model Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Indikator Berpikir Kreatif pada Pendidikan Sekolah Dasar? (2) Bagaimana validitas pengembangan Model Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Indikator Berpikir Kreatif pada Pendidikan Sekolah Dasar? Penelitian dilaksanakan di SD UPT SPF 101788 dan UPT SPF 101789 Marindal I Kecamatan Patumbak Kabupaten Deli Serdang. Metodologi yang digunakan adalah penelitian pengembangan (research and development/R&D). Produk yang dihasilkan, yaitu: RPP, BPG, BPS, LAS, BM, THB divalidasi oleh ahli desain, ahli bahasa, dan ahli model, kemudian dilanjutkan uji perorangan, uji kelompok kecil dan kelompok lapangan. Pengujian keterlaksanaan model pembelajaran tematik terpadu kemudian dilanjutkan dengan uji efektivitas. Temuan penelitian ini: (1) Model pembelajaran yang ditemukan adalah model pembelajaran tematik terpadu berbasis indikator berpikir kreatif. Tingkat kevalidan isi Model Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Indikator Berpikir Kreatif memperoleh kategori valid. (2) Tingkat kepraktisan Model Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Indikator Berpikir Kreatif memperoleh nilai IO = 4.5 kategori tinggi.Downloads
References
Aliyah, H. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 8 (2), 36-50, http://doi.org/10.21009/JPD.
Dewi, W.A.F. 2020. “Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar”. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1): 55-61.
Irene, C. (2013). Implementasi Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas Rendah di SD Negeri Balekerto Kecamatan Kaliangkrik. Universitas Negeri Yogyakarta.
Kemendikbud. (2021). Kemendikbud Luncurkan Merdeka Belajar Episode 7: Sekolah Penggerak. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/02/kemendikbud-luncurkan-merdeka-belajar-episode-7-program-sekolah-penggerak.
Maftukhah, N.A. dkk. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Pembelajaran Model Connecting Organizing Reflecting Expending Ditinjau dari Kecerdasan Emosional. Journal of Primary Education, 6(3), 267-276. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe
Means, B. (1993). Using technology to support education reform. Amerika Serikat: US Government Printing Office.
Nieveen, N. (1999). Prototyping to Reach Product Quality. Dalam Plomp, T; Nieveen, N; Gustafson, K; Branch, R.M; dan van den Akker, J (eds). Design Approaches and Tools in Education and Training. London: Kluwer Academic Publisher.
Plomp, Tj. (1997). Educational Design: Introduction. From Tjeerd Plomp (eds). Educational & Training System Design: Introduction. Design of Education and Training (in Dutch).Utrecht (the Netherlands): Lemma. Netherland.Faculty of Educational Science and Technology, University of Twente.
Prayitno, W. (2013). Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran Abad 21. (Online) https://lpmpjogja.kemdikbud.go.id/pemanfaatan-tik-dalam-pembelajaran-abad-21/.
Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. RajaGrafindo Persada, Jakarta.
Septian, A. & Rizkiandi, R. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal PRISMA Universitas Suryakencana, 6(1), 2017.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung: Alfabeta.
Widyaningrum, R. (2012). Model Pembelajaran Tematik Di MI/SD. Cendikia, 10(1), 107-120.
Yunita, Y. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Berfikir Kreatif Siswa. Dewantara, Vol. VI.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.