PERAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MEINGKATKAN KUALITAS KINERJA GURU PADA KEGIATAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DI SD NEGERI SAGA I KABUPATEN TANGERANG

Authors

  • Putri Puji Lestari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Yuyu Yuhana PGSD FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Reksa Adya Pribadi PGSD FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.7103

Keywords:

Managerial role, school program, quality of teacher performance.

Abstract

The purpose of this research is to provide an overview of the planning, implementation and output of the principal's program which involves the managerial role of the principal in the school to improve the quality of teacher performance. Creating a school that has good quality is the principal's job, creating a fun learning experience is the teacher's job and getting a meaningful learning experience is the dream of students. This study uses a descriptive qualitative method by looking at the actual situation as a whole. The results of this study indicate that the process of implementing the program from planning to getting the output was successful by the school principal in view of the existence of schools that have increased quality, the ability of teachers to continue to increase in carrying out learning in class, the presence of students who have character.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardiana, Titin Eka (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa, Jakarta; PT Raja Grafindo Persada.

Badawi, A (2016). Lingkungan Kerja dan Kinerja Guru. Jakarta Selatan: Al-Wasat Publishing House

Dimyati dan Mujiono (2013). Belajar dan Pembelajaran, Jakarta; Rineka Cipta

Hosnan, M (2016). Etika Profesi Pendidik, Bogor;Ghalia Indonesia

Juhji. (2020). Manajemen Humas Sekolah. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Moleong, Lexy J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, cetakan ke-36. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Mulyasa E (2012). Menjadi kepala sekolah profesional dalam konteks menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munir, A (2017) Menjadi Kepala Sekolah Efekktif, Jogjakarta: Ar Ruzz Media

Murip, Yahya (2013). Profesi Tenaga Kependidikan. Bandung: CV Pustaka Setia

OECD/Asian Development Bank. 2015. Reviews of national Policies for Education/ Education in Indonesia: Rising to the Challenge. Paris: OECD (Organization for Economic Co-operation and Development) Publishing.

Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang. ISBN 978-602-17891-7-9. Hal 574 diakses pada tanggal 25 November 2021 jam 13:24

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 19 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 8 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasion al Sekolah Reguler,ditetapkan pada tanggal 9 April 2020

Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Permendikbudristek) Nomor 40 Tahun 2021 tanggal 30 Desember 2021, Tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah

Rahadian, Dian (2017). Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Dan Kompetensi Teknologi Pembelajaran Untuk Pengajaran Yang Berkualitas.

Rosnaningsih, Asih dkk (2017). Perencanaan Pembelajaran; CV. El Nisa Media Utama

Rusman. 2016. Model-Model Pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. Hal. 62-64.

Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : CV Alfabeta

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Juantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suparman, 2019, Kepemimpinan Kepala Sekolah & Guru Sebuah Pengantar Teoritik,Ponorogo:Uwais Inspirasi Indonesia

Suyono dan Hariyanto (2012). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar, Bandung; PT. Remaja Rosdakarya

Taufik, M. 2013, Pengantar Pendidikan, Bandung; Muhahid Press

Uno, H.B. 2014. Teori motivasi & pengukurannya: analisis di bidang pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyosumidjo. (2018). Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Yuliandri, Jimmi dan Muhammad Kristiawan (2016). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Kinerja Guru. Prosiding Seminar Nasional

Jurnal :

Gaol, Nasib Tua Lumban dan Paningkat Siburian (2018). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 5 Nomor 1. e-ISSN 2549-9661. Hal 70 diakses pada tanggal 22 November 2021 jam 22:52

Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan Vol 11 Nomor 1. ISSN 1978-8169. Hal 9 diakses pada tanggal 5 Januari 2022 Jam 21.45

Hastowo, Tri Afif dan Muhammad Abduh (2021). Analisis Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah Dalam Implementasi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Vol 11 Nomor 3. ISSN: 2552-231X. Diaksespada tanggal 20 Januari 2022 jam 19.40

Kadarsih, Inge dkk (2020). Peran dan Tugas Kepemimpinan Kepala Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 2 Nomor 2. ISSN: p-ISSN 2656-8063 e-ISSN 2656-8071. Diakses pada tanggal 20 Januari 2022 jam 19.55

Manshuruddin (2020). Pembelajaran Berkualitas Melalui Interaksi Edukatif dalam Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Al-Hadi Vol 6 Nomor 1. ISSN: 2447-524X. Diakses pada tanggal 12 Desember 2021 jam 20.10

Nai, Hendrikus dan Wiwik Wijayanti (2018). Pelaksanaan Tugas Dan Fungsi Kepala Sekolah Pendidikan Menengah Negeri. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Volume 6 Nomor 2. ISSN 2337-7895 (print) ISSN 2461-0550 (online). Hal 185 diakses pada tanggal 12 Desember 2021 jam 16:09

Nasution, Mardiah Kalsum (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan Vol 11 No 1. ISSN: 1978-8169. Diakses pada tanggal 12 Januari 2022 jam 21.22

Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran Vol 2 No 1. Diakses pada tanggal 12 Januari jam 22.01

Sion, Holten (2018). Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah, Komitmen, Daya Tahan Terhadap Stres, Kepuasan Dan Performansi Mengajar Guru. Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 15 Nomor 2. Diakses pada tanggal 20 Januari 2022 jam 19.21

Tanjung, Rahman dkk (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol 4 Nomor 4. ISSN: 2614-8854. Diakses pada tanggal 20 Januari 2022 jam 20.31

Downloads

Published

2023-01-26

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>