PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SEKOLAH DASAR KABUPATEN SIJUNJUNG

Authors

  • Syafrina Universitas Terbuka
  • Arifmiboy Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukit Tinggi
  • Malta Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.7035

Keywords:

pembelajaran kontekstual, pembelajaran berbasis masalah, berfikir kritis

Abstract

Permasalah yang dibahas dipenelitian ini adalah rendahnya berfikir kritis siswa yang dikarenakan model yang digunakan pada pembelajaran tidak bervariasi dan masih didominani oleh guru.  Pembelajaran kurang mengaitkan dengan keadaan lingkungan sekitar siswa . Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan berfikir kritis siswa, (2) pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berfikir kritis siswa, (3) perbedaan kemampuan berfikir kritis siswa yang belajar melalui pembelajaran kontekstual dan pembelajaran berbasis masalah yang dilakukan di Sekolah Dasar.  Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Siswa kelas IV gugus V Durian Gadang sebagai populasi yang berjumlah 99 siswa, yang sampelnya sebanyak 49 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Pengumpulan datanya menggunakan tes dengan 10 soal essay yang telah divalidasi oleh ahli. Dari analisis data pretes dan postest kelas kontekstual didapat nilai sig 0,019 < 0,05 maka Ha diterima sedangkan Ho ditolak. Kemudian analisis data pretest dan postest kelas pembelajaran berbasis masalah diperoleh nilai sig 0,016< 0,05 maka Ha diterima sedangkan Ho ditolak. Kemudian pada hipotesis ketiga diperoleh nilai sig. 0,483 > 0,05 maka Ho Diterima dan Ha ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan menggunakan model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan berfikir kritis siswa, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berfikir kritis siswa, (3) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang belajar melalui pembelajaran kontekstual dengan siswa yang belajar melalui pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berfikir kritis matematis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, D., & Nurjaman, A. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa Smp Di Kota Cimahi Pada Materi Segiempat Dan Segitiga. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(2), 207. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i2.p207-218

Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Ayunis, Minto, D. W., & Efrina, G. (2022). Metode hitung cepat terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa sekolah dasar. 17, 149–155.

Ayunis, A., & Belia, S. (2021). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Perkembagan Literasi Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5363–5369. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1508

Ayunis, D. W. M. (2022). PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DENGAN METODE HITUNG CEPAT Ayunis1Deri. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 07(8.5.2017), 2003–2005.

Diatmika, I. K. N. (2018). Penerapan Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 436. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16165

Efendi, R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (Pbi) Dengan Jobsheet Pada Mata Pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan Kelas Xi Smk Negeri 7 Surabaya. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 4(1), 238–244.

Fadilah, E. N., & Wulandari, S. S. (2021). Analisis Penggunaan Metode Saintifik dalam Peningkatan Keaktifan Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 431–438. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p431-438

Islahuddin, Ilyas, M., Basir, F., & Amini, S. F. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa dan Habits Of Mind (Striving For Accuracy) Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Proximal Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 107–116. http://journal.uncp.ac.id/index.php/proximal/article/view/1061

Lestari, L., & Sofyan, D. (2014). Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Matematika Antara yang Mendapat Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dengan Pembelajaran Konvensional. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 95–108. https://media.neliti.com/media/publications/226571-perbandingan-kemampuan-pemecahan-masalah-5af4ead9.pdf

Maryati, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Pola Bilangan Di Kelas Vii Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 63–74. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.342

Rachmantika, A. R., & Wardono. (2019). Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Pemecahan Masalah. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2(1), 441.

Rusman. (2014). Penerapan pembelajaran berbasis masalah. Edutech, 1(2), 212–230.

Safitri Anisa, & Dewi Rahmani. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Materi Aritmetika Sosial untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis pada Pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 59–66. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Sulianto. (2008). Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 14–25.

Ulfah, M. (2009). Kritis Siswa Pelajaran Ekonomi Sman 2Sungai Raya. 1–13.

Usman, R. (2017). Dosen FKIP Universitas Terbuka, UPBJJ Pekanbaru. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 6(2), 397–408. http://dx.doi.org/10.3358/jpfkip.v6i2.4531

Downloads

Published

2023-01-28