INTERNALISASI PENDEKATAN HUMANISTIK CALON GURU MI/SD DI ABAD 21 PADA PERGURUAN TINGGI

Authors

  • A A Musyaffa UIN STS Jambi
  • Muhaiminah Jalal Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Ika Aryastuti Hasanah Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Iin Nirwana Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.6905

Keywords:

Humanistik, Calon Guru, life skills

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses internalisasi Pendekatan Humanistik Calon Guru MI/SD Di Abad 21 Pada Perguruan Tinggi.  Pada penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriftif dengan melakukan wawancara,angket, observasi dan dokumentasi terkait life skill yang dimiliki mahasiswa calon guru. Tujuannya untuk mendeskripsikan life skills apa saja dan mendeskripsikan bagaimana keadaan life skills yang dimiliki mahsiswa calon guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, dosen menanamkan kepada diri mahasiswa yakni Self esteem approach, mengembangkan kepercayaan diri mahasiswa, Creatifity approach, mengembangkan potensi kreatif mahasiswa, Value clarification and moral, development approach, untuk membantu mahasiswa dalam mengembangkan proses-proses yang digunakan dalam menentukkan nilai siswa, Multiple talent approach. Kedua, dalam proses pembelajaran dengan melaksanakan aktivitas literasi pembelajaran dan guru memberikan penguatan karakter dalam proses pembelajaran dengan urutan kompetensi dari LOTS menuju kompetensi HOTS akan menghasilkan lulusan yang memiliki karakter dan kompetensi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abraham H. Maslow. (1968). Some Educational Implications of the Humanistic Psychologies. Harvard Educational Review, 38(No.4).

Abraham H. Maslow, Motivasi Dan Keperibadian (Jakarta: Pustaka Binoman Pressido, 1984).

Ahmad Falah, Studi Analisis Aspek-Aspek Keberhasilan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDN 01 Karangmalang Gebog Kudus, Jurnal ELEMENTARY Vol. 3 ∫ No. 1 ∫ Januari-Juni 2015

Anany, A. (2010). Pemikiran Humanistik dalam Pendidikan. UIN Maulana Malik Ibrahim Press.

Andi Setiawan, Belajar dan Pembelajaran, (Ponorogo : Uwais Inspirasi Indonesia),

Arbayah, Model Pembelajaran Humanistik, Vol 13. No. 2, Desember 2013

Barudin, B. (2019). Menyemai Implementasi Pendidikan Humanistik Pada Abad 21 Dalam Kurikulum 2013. El-Tarbawi, 12(1), 55–63. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol12.iss1.art4

Baharuddin dan Moh. Makin. 2007.Pendidikan Humanistik (Konsep, Teori dan Aplikasi dalam Dunia Pendidikan). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Djayadin, C., & Fathurrahman, F. (2020). Teori Humanisme sebagai Dasar Etika Religius (Perspektif Ibnu Athā’illah Al-Sakandarī). Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 15 (1), 28. https://doi.org/10.31332/ai.v0i0.1788

Destia Mustikasari. Et. al (2022), Gaya Mengajar Dosen Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Di Era New Normal Covid-19. KAMPRET Journal. Vol. 1 No. 3, Mei (2022), pp. 60-68. ISSN 2828-3678 (Online). Published by IHSA Institute

Encarta, World English Dictionary, 1999, Microsoft Corporation Developed for Microsoft by Bloomsbury Publishing.

Hardiman, D., 2012, The Postmeal hyperglycaemia and its vascular effects in type-2 diabetes mellitus. Editor: Hardiman, J., Kartodarsono, S., Sugiarto, Arifin, Clinical And Basic Science, Global Chakkengens In Prevention And Treatment of Endocrinology Disease, 167-169, Perkumpulan Endrokrin Indonesia, Surakarta.

Iskandar, Psikologi Pendidikan (Sebuah Orientasi Baru) (Ciputat: Gaung Persada Press, 2009)

Ivancevich dkk, Perilaku dan Manajemen Organisasi, (Semarang : Erlangga, 2006)

Jhon W. Santrock, Psikologi Pendidikan (Jakarta: Salemba Humanika, 2009),

Meilan Arsanti, Ida Zulaeha, Subiyantoro, N. H. . (2021). Tuntutan Kompetensi 4C Abad 21 dalam Pendidikan di Perguruan Tinggi untuk Menghadapi Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 4.No.1.

Miles, M. B., & Huberman, M. a. (2012). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. In Universitas Indonesia_UI Press.

Nunuk Prihatiningsih, (2019), PENGARUH METODE PENGAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA ANGKATAN 2017 FIKOM UPDM (B). JURNAL PUSTAKA KOMUNIKASI, Vol. 2, No. 1, (Maret 2019) 105 – 117. Print ISSN: 2614-8153 Online ISSN: 2614-8498

Paulo Freire, Politik Pendidikan: Kebudayaan, Kekuasaan dan Pembebasan, terj. Agung Prihantoro dan Fuad Arif Fudiyartanto, Yogykarta: Pustaka Pelajar & READ, 2002,

Program, N., & Bisnis, S. A. (2020). Aplikasi Teori Humanistik Dalam Interaksi Dosen-Amahasiswa Di Perguruan Tinggi. 3(1), 23–38.

Sanusi, U. (2013). PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN HUMANISTIK (Penelitian pada MTs Negeri Model Cigugur Kuningan). Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim, 11(2), 123–142. www.PendidikanNetwork.co.

Sela Saputri (2022), Pentingnya Menerapkan Teori Belajar Humanistik dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Jenjang Sekolah Dasar. EduBase; Journal Basic Education, Vol 3 1 (2022) Page; 47-59.

Sugiarto, B. (2008). Humanisme dan HUmaniora (Relevansinya dengan Pendidikan). Jalasutra.

Supriyadi, E. (2011). Pendidikan dengan Pendekatan Humanistik. PT. Eresco.

Qodir, A. (2017). Teori Belajar Humanistik Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pedagogik, 04(02), 193–194. www.ejournal.unuja.ac.id

Downloads

Published

2023-05-20