PENERAPAN SIMULASI PHET PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS III SDN TRAYU

Authors

  • Anjar Sulistiawati PGMI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Tia Dita Putri LY PGMI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Alfiah Nursangadah PGMI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Eni Siskowati PGMI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Amikratunnisyah PGMI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6777

Abstract

Salah satu faktor guru yang menimbulkan problematika dalam pembelajaran matematika adalah kurangnya penguasaan metode dan pendekatan pembelajaran yang tepat untuk digunakan dalam setiap kelas yang berbeda Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan simulasi PhET pada mata pelajaran matematika di SDN Trayu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Trayu berjumlah 17 siswa. Metode pengambilan data melalui observasi dan wawancara. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, penggunaan media PhET Simulation pada materi pecahan dengan pendekatan saintifik mempunyai beberapa manfaat bagi siswa antara lain: 1) siswa lebih aktif mengikuti pembelajaran, 2) pembelajaran berpusat pada siswa sehingga siswa dapat menemukan konsep secara mandiri, 3) membantu siswa mempermudah memahami konsep pecahan, 4) melatih keterampilan berpikir kritis siswa, 5) siswa merasa senang karena dapat belajar sambil bermain, 6) meningkatkan literasi digital siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andri, Zagir, Z., & Dores, olenggius jiran. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di SD Negeri 04 Bati Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 3(2), 414–426.

Anggraini, Y. (2021). Analisis Persiapan Guru dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2415–2422. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1241

Banawi, A. (2019). Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Sintaks Discovery/Inquiry Learning, Based Learning, Project Based Learning. Biosel: Biology Science and Education, 8(1), 90–100. https://doi.org/10.33477/bs.v8i1.850

Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1084/660

Hanik, E. U. (2020). Self Directed Learning Berbasis Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Ibtidaiyah. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 8(1), 183–208. https://doi.org/10.21043/elementary.v8i1.7417

Isrok’atun, & Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika (B. S. Fatmawati (ed.); 1st ed.). Jakarta: Bumi Aksara.

Kenedi, A. K., Hendri, S., & Ladiva, H. B. (2018). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Numeracy Journal, 5(2), 226–235. https://ejournal.bbg.ac.id/numeracy/article/view/396

Kholil, M., & Zulfiani, S. (2020). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Matematika Siswa Madrasah Ibtidaiyah Da’watul Falah Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi. EDUCARE: Journal of Primary Education, 1(2), 151–168. https://doi.org/10.35719/educare.v1i2.14

Putri, B. B. A., Muslim, A., & Bintaro, T. Y. (2019). ANALISIS FAKTOR RENDAHNYA MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 4 GUMIWANG. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(2), 68–74. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i2.14

Rismawati, M., & Khairiati, E. (2020). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 203–212. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v2i2.860

Santhi, F. F., & Pangestika, R. R. (2021). Hubungan Sintaks Belajar Polya dengan High Order Thingking Skill pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah “Pendidikan Dasar,” 8(1), 63–76. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30659/pendas.8.1.63-76

Sylviani, S., Permana, F. C., & Utomo, R. G. (2020). PHET Simulation sebagai Alat Bantu Siswa Sekolah Dasar dalam Proses Belajar Mengajar Mata Pelajaran Matematika. Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.17509/edsence.v2i1.25184

Setiawan, A. (2019). Merancang Media Pembelajaran Pai Di Sekolah. Darul Ulum: Jurnal Ilmiah Keagamaan …, 10(2), 223–240. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1084/660

Downloads

Published

2022-12-26