MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS BLENDED LEARNING MELALUI APLIKASI WHATSAPP DAPAT MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI KOTA JOMBANG

Authors

  • Effiana Cahya Ningrum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Andi Prastowo UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6698

Keywords:

Kata kunci : blended learning, media whatsapp, motivasi belajar, sekolah dasar

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran berbasis blended learning melalui aplikasi whatsapp dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa Sekolah Dasar di kota Jombang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dengan partisipan kelas III sejumlah 25 siswa dan informan guru mata pelajaran Matematika di kelas III . Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan model blended learning melalui aplikasi whatsapp dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa sekolah dasar di kota Jombang. Siswa yang memiliki motivasi juga berpengaruh terhadap hasil belajar yang didapatkannya. Aplikasi whatsapp digunakan guru untuk mengirim pesan teks atau pesan suara yang berisikan kalimat motivasi agar siswa memiliki semangat belajar. Pesan teks atau pesan suara dari guru dinilai efektif untuk memotivasi siswa. Selain itu, aplikasi whatsapp juga dimanfaatkan guru untuk memberikan materi pembelajaran ketika belajar di rumah. Penggunaan aplikasi whatsapp sangat menunjang pembelajaran model blended learning, dimana ketika pembelajaran daring guru dan siswa dapat memanfaatkan media whatsapp. Penggunaan aplikasi whatsapp bisa dipertimbangkan dalam pembelajaran blended learning. Kata kunci : blended learning, media whatsapp, motivasi belajar, sekolah dasar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abroto dkk. (2021). Pengaruh Metode Blended Learning dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukatif, 3.

Ananda Dwi, Sulthoni, Agus Wedi. (2019). Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Implementasi Blended Learning di Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2.

Arifin, F., & Herman. (2018). Pengaruh pembelajaran e-learning model web centric course terhadap pemahaman konsep dan kemandirian belajar matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 12, 10.

Arindra Evandian dkk. (2021). Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Berbasis Whatsapp di SD Yapita. Jurnal ZAHRA, 2, 16.

Ganda Yoga Swara dkk. (2020). Pengembangan multimedia pembelajaran matematika sebagai upaya mendukung proses pembelajaran blended learning. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7, 106.

Hartanto. (2010). Panduan Aplikasi Smartphone. Gramedia Pustaka Utama.

Hima, L. R. (2015). Pengaruh Pembelajaran Bauran (Blended Learning) Terhadap Motivasi Siswa Pada Materi Relasi dan Fungsi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2, 41.

I Gusti Putu Sudiarta dan I Wayan Sadra. (2016). Pengaruh Model Blended Learning Berbantu Video Animasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 49, 50.

I Made Pustikayasa. (2019). Grup Whatsapp sebagai Media Pembelajaran (WhatsApp Group As Learning Media). Jurnal Widya Genitri, 10, 59.

Indriani, D. (2019). Pengaruh Model Blended Learning terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 3, 852.

Maziyatul Khusna dkk. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Blended Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar pada Siswa Kelas VI SD Muhammadiyah Banjaran. Prosiding Pendidikan Profesi Guru Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 1313.

Rezania, V. (2020). Kemampuan Apprenticeship Sebagai Bagian Dari Keterampilan Dasar Mengajar Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogia, 9.

Ridha Sabrina, Fauzi, dan Yamin. (2017). Faktor-faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Matematika di Kelas V SD Negeri Garot Geuceu Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2.

Sarosa, S. (2021). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Penerbit PT Kanisius.

Sellawati Nurul Masitoh dkk. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Blended Learning melalui Media Whatsapp dalam Menumbuhkan Critical Thingking pada Siswa SD. Jurnal Prosiding FKIP Universitas Jember, 1, 115–120.

Shofia, F. F. (2020). Analisis Pembelajaran Blended Menggunakan Schoology Studi Kasus Mata Kuliah Akuntansi Sektor Publik Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Muhammadiyah Surakarta.

Sopyan Hendrayana dkk. (2022). Analisis Implementasi Model Blended Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 8, 565.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan, “Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.” Alfabeta.

Suhartono. (2016). Menggagas Pendekatan Blended Learning di Sekolah Dasar. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru (TING) VIII Universitas Terbuka Convention Center.

Vinalia Gusti Shelawati dkk. (2022). Penerapan Model Blended Learning untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri Sagan Yogyakarta Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Educatif, 5.

Yunika Lestaria. (2017). Peningkatan Hasil Belajar dan Kemandirian Belajar Metode Statistika melalui Pembelajaran Blended Learning. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 2.

Downloads

Published

2022-12-23