PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN PRINSIP KREATIF DAN MENARIK DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Noptario UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Andi Prastowo PGMI UIN Sunan Klaijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6642

Keywords:

Audio visual, kreativ, media pembelajaran, menarik, sekolah dasar.

Abstract

Seorang guru harus benar benar selektif dalam memilih media pembelajaran, tentunya dalam memilih media pembelajaran harus berdasarkan dengan kebutuhan siswa. penelitian ini mengkaji penggunaan media pembelajaran berbasis audio visual pada mata pelajaran Matematika di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, penelitian sebelumnya dan artikel artikel terkait sebagai penguat dan refrensi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan triangulasi. Pembelajaran berbasis teknologi memiliki empat pinsip dasar, yaitu prinsip efektif dan efesien, prinsip optimal, prinsip menarik dan prinsip merangsang kreativitas siswa. Penelitian ini mengkaji lebih dalam mengenai prinsip dasar menarik dan prinsip dasar merangsang kreativitas siswa pada penggunaan media audio visual di mta pelajaran Matematika. Pembelajaran yang bervariasi akan meningkatkan antusias belajar siswa sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Untuk itu seorang guru harus kreatif untuk menggunakan media pembelajaran yang menarik dan kreatif, agar siswa dapat antusias dalam mengikuti pembelajaran. Itulah mengapa penggunaan media pembelajaran berbasis audio visual dapat membuat pembelajaran menjadi bervariasi dan tidak monoton. Pembelajaran berbasis audio visual juga dapat merangsang kretaivitas siswa, ini juga disampaikan oleh narasumber 1 dimana materi penjumlahan dan pengurangan yang dianalogikan menggunakan buah apel, siswa berfikir kreatif dengan bertanya mengenai buah-buahan. Untuk sekala siswa kelas rendah mempelajari sesuatu yang baru dengan bertanya ke guru seperti itu sudah termasuk kreatif. Tentu hal itu tidak terlepas dari peran media pembelajaran yang menstimulus siswa untuk berpikir kreatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Batubara, Hamdan Husein. 2021. Media Pembelajaran MI/SD. Graha Edu.

Dewi, Helvin Riana. 2017. “Peningkatan Ketrampilan Berfikir Kreatif Siswa Melalui Penerapan Inkuiri Terbimbing Berbasis STEM.” Prosiding SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika),

Fizatin, Nisa. 2021. “Prinsip-Prinsip Penggunaan/Implementasi TIK Pada Dunia Pendidikan.” Umsida Eprintz.

Lestari, Alimah. 2022. “Variasi Mengajar Berbasi Teknologi, Informasi Dan Komunikasi.” jurnal madani institute, no 1, 11.

Media, Kompas Cyber. 2022. “Apa Itu Pendidikan Formal’ KOMPAS.com. September 2.

Merdeka, dian. 2016. “Menulis Puisi Dengan Teknik Pembelajaran Yang Kreatif.” February.

Muklesi, Eshi. 2015. “Kesulitan Belajar Matematika Di Sekolah Dasar.” Jupendas vol 2 no 2 (September).

Muqodat, Idat. 2015. “Mengembangkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar.” Metode Didaktik, January.

Nurfadhillah, Septy. 2021. “Pengembangan Media Audio Visual Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas 1 Mi Al Hikmah 1 Sepatan.” Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial Vol 3 (April).

Nurgiansah, T. Heru. 2022. “Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dengan Media Pembelajaran Konvensional Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling

Pakpahan, Andrew Fernando, Dewa Putu Yudhi Ardiana, Arin Tentrem Mawati, Elmor Benedict Wagiu, Janner Simarmata, Muhamad Zulfikar Mansyur, La Ili, et al. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Permendiknas-No-22-Tahun-2006-Standar-Isi.Pdf.” n.d. Accessed September 30,

Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Prastowo 2012. Metode Penelitian Kualitatif:Dalam Perspektif Rancangan Penelitian. yogyakarta: Ar-Ruzz media.

Riyadi, Slamet. 2015. “Efektivitas Penggunaan Media Audio-Visual Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Bahasa Indonesia.” Jurnal Pendidikan Unsiska vol 3 no 2 (November).

Susilo, Sigit. 2020. “Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar.” Jurnal Cakrawala Pendas 6 (July).

Tahun 2021, Septy Nurfadhillah, M. Pd dan 4A Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Tangerang. 2021. Media Pembelajaran Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. CV Jejak (Jejak Publisher).

Tarmidzi, Ahmad. 2019. “Konsep Pendidikan Abad 21: Kepemimpinan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Sd/Mi.” Magistra Vol 10 (June).

Vemsii, Damopoli. 2019. “Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Materi Segiempat.” Algoritma Journal Of Mathematics Education (Ajme) Vol 1 No 2:

Yestiani, Dea Kiki, And Nabila Zahwa. 2020. “Peran Guru Dalam Pembelajaran Pada Siswa Sekolah Dasar.” Fondatia 4 (1):

Downloads

Published

2022-12-23