IMPLEMENTASI PENDAMPINGAN GURU PADA ANAK BROKEN HOME DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Noptario UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Ichsan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6616

Abstract

Seorang guru tidak hanya sekedar memberikan pembelajaran di kelas saja, akan tetapi lebih dari itu seorang guru harus mampu memecahkan setiap persoalan di kelas. Salah satu contohnya adalah anak yang memiliki latar belakang keluarga broken home. Guru harus melakukan pendampingan agar anak broken home dapat memiliki semangat belajar yang sama dengan anak yang memiliki keluarga lengkap. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, peneliti terdahulu dan pendapat ahli sebagai penguat. Dari hasil wawancara yang dilakukan menunjukan bahwa anak yang memiliki latar belakang keluarga yang broken home cenderung memiliki semangat belajar dan hasil belajar yang rendah dibandingkan teman sekelasnya. Hal ini harus diperhatikan oleh guru agar tercapainya tujuan pembelajaran. ada beberapa cara untuk melakukan pendampingan terhadap anak yang broken home, antara lain guru harus  memposisikan diri sebagai teman anak, Guru harus mampu melakukan pendekatan persuasip kepada anak,  dan guru harus mampu memberikan pengetahuan kepada keluarga anak yang broken home perihal pentingnya pendidikan keluarga.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, Nafisatul. 2012. “Perbedaan Pengambilan Keputusan Karier Siswa Dari Keluarga Utuh Dan Dari Keluarga Broken Home Di MA Mu’allimin Mu’allimat Rembang Etheses of Maulana Malik Ibrahim State Islamic University.” http://etheses.uin-malang.ac.id/2173/.

Akhyadi, Ade Sadikin, and Dinno Mulyono. 2019. “Program Parenting Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Keluarga.” Abdimas Siliwangi 1 (1): https://doi.org/10.22460/as.v1i1p1-8.34.

Azzaro, Nabila. 2022. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pendidikan Akhlak Siswa Korban Broken home di SMP Negeri 2 Turen,” July. http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5321.

Djalal, Fauza. 2017. “Optimalisasi Pembelajaran Melalui Pendekatan, Strategi, Dan Model |.” https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/sabilarrasyad/article/view/115.

Durrotunnisa. 2022. “Konseling Kelompok Teknik Reinforcement Positif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Broken Home | Durrotunnisa | Jurnal Basicedu.” https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1823/pdf.

Erika, Putri. 2019. “Analisis Dampak Perceraian Orang Tua Terhadap Anak Remaja.” http://jurnal.unpad.ac.id/focus/article/view/23126.

Falhatunisa, Izma. 2020. “Persepsi keluarga tentang Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini dalam Pembentukan Karakter | JoCE (Journal of Community Education),” August. https://journal.unsika.ac.id/index.Php/Joce/Article/View/3856.

Gintulangi, Widyastuti, Jusdin Puluhulawa, And Zulaeha Ngiu. 2018. “Dampak Keluarga Broken Home Pada Prestasi Belajar Pkn Siswa Di Sma Negeri I Tilamuta Kabupaten Boalemo.” Jurnal Pascasarjana 2 (2):

Hasanah, Mizanul, and Muhammad Anas Maarif. 2021. “Solusi Pendidikan Agama Islam Mengatasi Kenakalan Remaja Pada Keluarga Broken Home.” Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 4 (1): 39–49. https://doi.org/10.54069/attadrib.v4i1.130.

Jailani, M. Syahran. 2014. “Teori Pendidikan Keluarga Dan Tanggung Jawab Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini.” Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam 8 (2): https://doi.org/10.21580/nw.2014.8.2.580.

Laili, Nisfun. 2017. “Strategi Komunikasi Persuasif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” Https://Jurnal.Unmer.Ac.Id/Index.Php/N/Article/View/2034.

Lestari, Ni Gusti Ayu Made Yeni. 2019. “Program Parenting Untuk Menumbuhkan Kesadaran Pentingnya Keterlibatan Orang Tua Di Paud.” Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4 (1): 8–17. Https://Doi.Org/10.25078/Pw.V4i1.1064.

Liliawati, Agustin. 2020. “Peran Orang Tua Dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran Di Rumah Pada Masa Pandemi | Lilawati | Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.” July 2020. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/630.

Mita A, Aprilia Ms. 2022. “Komunikasi Dakwah Dalam Menangani Anak Keluarga Broken Home Di Tpa Ath-Thohariyyah Desa Maja Kabupaten Pesawaran Lampung.” Undergraduate, Uin Raden Intan Lampung. Http://Repository.Radenintan.Ac.Id/18199/.

Ndari, Pangestu Tri Wulan. 2016. “DINAMIKA PSIKOLOGIS SISWA KORBAN BROKEN HOME DI SMP NEGERI 5 SLEMAN.” Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling 5 (11). https://journal.student.uny.ac.id/index.php/fipbk/article/view/4768.

Novianto, Roy, Amrazi Zakso, and Izhar Salim. 2019. “Analisis Dampak Broken Home Terhadap Minat Belajar Siswa Sma Santun Untan Pontianak.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) 8 (3). https://doi.org/10.26418/jppk.v8i3.31560.

Nurgiyantoro, rhan. 2018. “Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak.” July 2018. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=_ZtjDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA50&dq=dunia+main+main+anak&ots=bi3ZdHcLgK&sig=o_Ibr95t54mFv2uoJRbz43oi5wo&redir_esc=y#v=onepage&q=dunia%20main%20main%20anak&f=false.

Patima, Patima. 2021. “Peran Guru Pendidikan Islam Terhadap Siswa Broken Home Di Madrasah Aliyah Haji Hayyun Salumpaga.” Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman 16 (2): 65–70. Https://Doi.Org/10.56338/Iqra.V16i2.1596.

Putri, Teri Rezauki. 2022. “Peran Guru Bk Dalam Menanggulangi Permasalahan Kesehatan Mental Siswa Keluarga Broken Home (Studi Kasus Smp Muhammadiyah 1 Gamping).” S1, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. https://doi.org/10/Lampiran.pdf.

Ratnasari, Risa Fitri, And M. Alias. 2016. “Pentingnya Pendidikan Seks Untuk Anak Usia Dini.” Tarbawi Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Islam 2 (2). Https://Doi.Org/10.29406/.V2i2.251.

Sakti, Habib Fikri Bima, Shoffiula Muizzah, And Hajar Nurma Wachidah. 2020. “Pentingnya Pendidikan Al-Qur’an Guna Menumbuhkan Akhlak Terpuji Pada Anak Usia Dini Di Desa Bendunganjati Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto.” Prosiding Snp2m (Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat) Unim, No. 2 (January): 179–84.

Samudra, Gede Bandem, M. Pd Prof. Dr. I Wayan Suastra, And M. S. Prof. Dr. Ketut Suma. 2014. “Permasalahan-Permasalahan Yang Dihadapi Siswa SMA Di Kota Singaraja Dalam Mempelajari Fisika.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia 4 (1). https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/1093.

Savitri, Desy Irsalina, I. Nyoman Sudana Degeng, and Sa’dun Akbar. 2016. “PERAN KELUARGA DAN GURU DALAM MEMBANGUN KARAKTER DAN KONSEP DIRI SISWA BROKEN HOME DI USIA SEKOLAH DASAR.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 1 (5): 861–64.

Septianti, Nevi, and Rara Afiani. 2020. “Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar Di SDN Cikokol 2.” AS-SABIQUN 2 (1): 7–17. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.611.

Downloads

Published

2022-12-23