PENGARUH PENGGUNAAN E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Maria Florida Tokan Universitas Nusa Nipa
  • Frederiksen Novenrius Sini Timba Universitas Nusa Nipa
  • Desi Maria El Puang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6569

Abstract

Penggunaan media pembelajaran mempunyai manfaat yang cukup besar dalam pembelajaran terkhusus pada siswa sekolah dasar. Berdasarkan hasil pengamatan awal pada peserta didik kelas VI SD Inpres Nogodue, masalah yang ditemukan adalah ketika guru mengajar, guru tidak menggunakan media pembelajaran tetapi hanya fokus pada bahan ajar berupa buku tanpa menggunakan media pembelajaran. Guru hanya menggunakan media gambar yang terdapat dalam buku untuk dijelaskan kepada peserta didik. Guru lebih banyak menjelaskan materi dan kurang memberikan contoh sehingga menyebabkan peserta didik menjadi bosan dan kurang paham dengan materi yang diajarkan. Hal ini juga berdampak terhadap menurunnya hasil belajar peserta didik. Adapun solusi yang diambil untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan e-learning dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh penggunaan e-learning terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas VI sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan yakni kuantitatif dengan model eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan one group pretest posttest design dengan sampel berjumlah 13 peserta didik. Teknik penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi dengan Instrumen berupa soal tes dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata peserta didik pada pretest 72,92, sementara itu nilai rata-rata posttest ialah 86,19 dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai signifikasi (2-tailled) sebesar 0,000 ≤ 0,005 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, hasil ini menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan e-learning terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas VI SD Inpres Nogodue.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Febryana, E., & Pujiastuti, H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning Menggunakan Chamilo pada Pembelajaran Segitiga dan Segiempat. Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 265–276.

Hisbullah, & Selvi, N. (2018). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar. Makasar: Aksara Timur.

Istimewa, L., Indrawati, I., & Wicaksono, I. (2021). Pengaruh Pembelajaran E-Learning Menggunakan Platform Schoology Pada Materi IPA (Pencemaran Lingkungan) Terhadap Kemandirian Belajar Dan Hasil Belajar Siswa SMP. Optika: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 52–63.

Jannah, I. N., Hariyanti, D. P. D., & Prasetyo, S. A. (2020). Efektivitas Penggunaan Multimedia dalam Pembelajaran IPA di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 54-59.

Nisa, Komariyah, L., & Syam, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran E-Learning Berbantuan Google Classroom dan Zoom Cloud Meeting Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMK Negeri 6 Samarinda. JKPI: Jurnal Kajian Pendidikan IPA, 1(1), 21–30.

Rahmatia, M., Monawati, M., & Darnius, S. (2017). Pengaruh Media E-Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 20 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah, 2(1), 212–227.

Supriyanto, D. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning. Jurnal Program Studi PGMI, 15(1), 112–129.

Tigowati, Efendi, A., & Budiyanto, C. W. (2017). E-Learning Berbasis Schoology dan Edmodo: Ditinjau Dari Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMK. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(1), 49–58.

Wedyawati, N., & Lisa, Y. (2019). Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish.

Wibawanti, D., & Benardi, A. I. (2021). Pengaruh Penggunaan Media E-learning Berbantuan Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 16 Semarang. Edu Geography, 9(1), 51–56.

Downloads

Published

2022-12-23