IMPLIKASI TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF PIAGET PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Authors

  • Akmillah Ilhami Institut Daarul Qur'an Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6564

Keywords:

pembelajaran bahasa Indonesia, perkembangan kognitif, usia sekolah dasar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji lebih jauh tentang teori perkembangan kognitif Jean Piaget dan implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia sesuai tingkat berfikir anak usia sekolah dasar. Alat yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari peneliti sebagai instrumen utama. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu buku, jurnal, artikel, dan karya ilmiah lainnya. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dokumentasi. Analisis data menggunakan content analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan kognitf anak usia sekolah dasar (7-12 tahun) dalam pembelajaran Bahasa Indonesia ini, berbeda-beda sesuai tahapan usianya. Selain itu, metode, media pembelajaran, strategi serta penanganan yang digunakan juga sangat variatif disesuaikan dengan tahapan usianya. Manfaat mengetahui teori perkembangan kognitif Piaget bagi guru dalam pembalajaran Bahasa Indonesia adalah untuk membimbing guru dalam memahami kemampuan kognitif anak yang disesuaikan dengan tahap kematangan otak dan interaksinya dengan lingkungan. Guru dapat mendiagnosa kesulitan belajar yang mungkin dialami oleh peserta didik, sehingga kesulitan belajar tersebut mendapat perhatian dan penanganan yang tepat sesuai dengan pemahaman tentang perkembangan kognitif anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, Nofita. (2020). Peranan Orang Tua Dalam Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 7(1), 43-54.

Anwar, Chairul. (2017). Teori-teori Pendidikan Klasik Hingga Kontemporer. Yogyakarta: IRCiSoD.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Bujuri, Dian Andesta. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Jurnal Literasi, 9 (1), 37-50.

Desmita. (2015). Psikologi Perkembangan, Cet. Ke-9. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Harahap, Nursapia. (2014). Penelitian Kepustakaan. Jurnal Iqra’, 8(1), 68-73.

Kurniawan, Masda Satria, Okto Wijayanti dan Santhy Hawanti. (2020). Problematika dan Strategi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 1(1), 65-73.

Marinda, Leny. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematika Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Perempuan & Keislaman, 13(1), 116-152.

Papalia, Old & Feldman. (2008). Human Development (Psikologi Perkembangan): Bagian I s/d IV, terj. Anwar K.A. Jakarta: Prenada Media Goup.

Patimah. (2005). Efektifitas Metode Pembelajaran Dongeng Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Pada Jenjang Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru MI, 2(2), 1-19.

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran, Cet. Ke-IV. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Santrock, John W. (2007). Perkembangan Anak (Mila Rachmawati dan Anna Kusmawati, Penerjemah). Jakarta: Erlangga.

Santrock, John W. (2017). Educational Pshycology. Jakarta: Salemba Humanika.

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif, Cet. Ke-12. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2022-12-23