PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6541Keywords:
kemandirian belajar, model pembelajaran, problem based learningAbstract
Peneilitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didik kelas V SD N 3 Sungapan melalui model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan McTaggart. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan kemandirian belajar peserta didik. Peningkatan kemandirian belajar peserta didik dapat dilihat dari tes pada siklus 1 sebanyak 13 siswa atau 87,09% telah memenuhi kriteria dan 15 anak (78,9) pada siklus 2.Downloads
References
Arends, R. I. (2012). Learning to teach. (B. Mejia, Ed.) (Ninth Edit). New York: McGrawHill companies. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Azka, R., & Santoso, R. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran kalkulus untuk mencapai ketuntasan dan kemandirian belajar siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 78 - 91.
Barrows, H. S. (2006). Problem‐based learning in medicine and beyond: A brief overview. New Directions for Teaching and Learning, 1996(68), 3–12. https://doi.org/10.1002/tl.37219966804
Darmiyati Zuchdi, dkk. (2013). Pendidikan karakter konsep dasar dan implementasi di perguruan tinggi. Yogyakarta: UNY Press.
Dochy, F., Segers, M., Bossche, P. Van Den, & Struyven, K. (2005). Students' perceptions of a problem-based learning environment. Learning Environments Research, 8(1), 41–66. https://doi.org/10.1007/s10984-005-7948-x
Douglass, C., & Morris, S, R. (2014). Student perspectives on self-directed learning. Journal of the Scholarship of Teaching and Learning, Vol. 14, No. 1, February 2014, pp. 13 -25. doi: 10.14434/josotl.v14i1.3202
Ermawan, Y. F. (2017). Penanaman Konsep Life Long Education Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 4(1), 66–76.
Fazey, D. A., & Fazey, J. A. (2001). The Potential for Autonomy in Learning: perceptions of competence, motivation and locus of control in first-year undergraduate students. Studies In Higher Education, 26(3), 345-361. doi:10.1080/03075070120076309
Savery, J. R. (2006). Overview of Problem-based Learning : Definitions and Distinctions. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 1(1), 9–20. https://doi.org/10.7771/1541-5015.1002
Suid, dkk (2017). Analisis kemandirian siswa dalam proses pembelajaran di kelas III SD Negeri 1 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 1(5), 70-81.
Trismawati, T., Astuti, A. P., Bahri, M. S., Basit, A., Indrati, W., Putri, F. R. A., Novitasari, R., Mustafafi, W. Z., & Safira, M. (2022). Adaptasi Teknologi Informasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Efektifitas Keberhasilan Pembelajaran Daring di SDN Sumber Wetan 1 Probolinggo. Jurnal Abdi Panca Marga, 3(1), 46–50. https://doi.org/10.51747/abdipancamarga.v3i1.986
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.