PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS QUANTUM TEACHING MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMPN 4 KOTO BARU

Authors

  • Eka Filahanasari Universitas Dharmas Indonesia
  • Suci Rahma Putri
  • Dewi Mulyani Pendidikan Matematika, Universitas Dharmas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6406

Keywords:

Lembar Kerja Siswa, Quantum TEaching, Bangun Ruang Sisi Datar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan penalaran matematis siswa pada pelajaran matematika. Hal ini disebabkan oleh siswa yang kurang meminati mata pelajaran matematika, sehingga menyebabkan siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran serta rendahnya kemampuan penalaran matematis siswa. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan sebuah penelitian studi dengan tujuan melihat bagaimana kemampuan penalaran matematis siswa dengan menggunakan media pembelajaran berupa Lembar Kerja Siswa berbasis Quantum Teaching yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian model pengembangan ADDIE. Tahapan perancangan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan ADDIE di mulai dengan Analyze (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation ( implementasi), Evaluasi (evaluasi). Media telah di validasi oleh 3 dosen ahli dan telah diuji cobakan kepada siswa/siswi di SMP Negeri 4 Koto Baru. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan angket dan soal tes. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan dengan metode Quantum Teaching dengan hasil yang diperoleh menggunakan metode Quantum Teaching dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Dengan presentase validitas 77%, dan presentase praktikalitas 73,5% serta presentase efektivitasnya adalah 59,1% dan setelah dilakukannya pembelajaran menggunakan metode Quantum Teaching presentase meningkat menjadi 63,1%. Sehingga Lembar Kerja siswa yang digunakan valid, praktis dan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gagne dan Briggs. (1979). Pengertian Pembelajaran. Diakses dari laman web tanggal 20 Mei 2016 dari http://www.scribd.com/doc/50015294/13/B-Pengertian-pembelajaran-menurut-beberapa-ahli.

Deporter Bobbi, Mark Reardon, dkk.(2007).Quantum Teaching. Bandung: Kaifa PT Mizan Pustaka

Lestari, K. E. dan Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung. Penerbit: PT. Refika AditamaArifuddin, A. (2016). Pembelajaran Matematika Model Quantum Teaching Dengan Pendekatan Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(2), 186. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i2.900

Gustiadi, A., Agustyaningrum, N., & Hanggara, Y. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Dimensi Tiga. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 337–348. https://doi.org/10.30606/absis.v4i1.894

Handayani, S., & Mandasari, N. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 1(2), 144–151. https://doi.org/10.31539/judika.v1i2.412

Indonesia, M. P. dan K. R. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 67 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta, 40–41.

Nabillah, T., & Abadi, P. A. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Sesiomadika, 2(3), 659–663.

Silvia, M., & Elniati, D. H. S. (2022). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education ( RME ) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 31 Padang. 9, 94–101.

Sinaga, N. A. (2016). Pengembangan tes kemampuan pemecahan masalah dan Arifuddin, A. (2016). Pembelajaran Matematika Model Quantum Teaching Dengan Pendekatan Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(2), 186. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i2.900

Gustiadi, A., Agustyaningrum, N., & Hanggara, Y. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Dimensi Tiga. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 337–348. https://doi.org/10.30606/absis.v4i1.894

Handayani, S., & Mandasari, N. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 1(2), 144–151. https://doi.org/10.31539/judika.v1i2.412

Wahyuning, D. A., Gipayana, M., & Djatmika, E. T. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi Bercirikan Quantum Teaching Untuk Mengoptimalkan Pembelajaran Efektif Dan Produktif. Jurnal Pendidikan, 2. Nomer 5, 667–675.

Widodo, S. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Penyelesaian Masalah Lingkungan Sekitar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2), 189–204. http://ejournal.upi.edu/index.php/jpis

Downloads

Published

2022-12-22