PROFIL KARAKTER SISWA SD di KABUPATEN BELU PASCA PANDEMI COVID -19

Authors

  • Efraim Semuel Nalle Institut Agama Kristen Negeri Kupang
  • Kristina E. Noya Nahak Universitas Citra Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6401

Keywords:

Covid 19; Karakter; Siswa

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang profil karakter siswa Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Belu pasca pandemi covid-19 dengan tujuan mengetahui perkembangan karakter religus, nasionalis, mandiri dan gotong royong pada siswa SD di kabupaten Belu. Dalam penulisan penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan  penelitian kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data survei dan teknik analisis data menggunakan analisis frekuensi. Data penelitian diperoleh dengan menyebarkan angket dalam bentuk google form kepada 141 siswa kelas V di Atambua yang terdiri dari Sekolah Dasar Katolik St. Yosep Atambua I, Sekolah Dasar Inpres Tulamalae, Sekolah Dasar GMIT Atambua 3, Sekolah Dasar Santa Angela Atambua, Sekolah Dasar Katolik Santa Theresia Atambua II dan Madrasah Ibtidaiyah Hidayatullah. Data yang terkumpul dianalisis untuk mengetahui pembentukan karakter siswa oleh guru pada masa transisi pandemi covid-19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pembiasaan-pembiasaan yang diberikan oleh guru dan orang tua nilai-nilai karakter religius, nasionalis, integritas, mandiri, dan gotong royong lebih dari lima puluh persen sudah membudaya dalam diri siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariah, J. 2018. “Evaluation of School Culture in Character Building at Ummul Quro Elementary School in Bogor, Indonesia.” Journal of Advances in Scientific Research And.

Dalimunthe, M. B., R. Dewi, W. Lubis, P. Setyosari, and ... 2022. “The Quality of Students Character on Online Learning in The Pandemic: A Survey Study Kualitas Karakter Siswa Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi: Suatu ….” Media.Neliti.Com.

Husada, F., D. Destrinelli, and I. S. Pamela. 2021. Strategi Guru Dalam Mengembangkan Nilai Karakter Nasionalis Pada Sistem Pembelajaran Daring Dikelas V E SDIT Jambi. repository.unja.ac.id.

Irawati, Dini, Aji Muhamad Iqbal, Aan Hasanah, and Bambang Samsul Arifin. 2022. “Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6(1):1224–38. doi: 10.33487/EDUMASPUL.V6I1.3622.

Khaironi, M. 2017. “Pendidikan Karakter Anak Usia Dini.” Jurnal Golden Age.

Lickona, T. 2009. “Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. Bantam.”

Nuraeni, N. 2020. “Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Paedagogy.

Omeri, N. 2015. “Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan.” Manajer Pendidikan.

Pahmi, S., A. Suciani, R. Yulianti, C. S. Putri, and ... 2021. “Pendampingan Belajar Di Masa Pandemi Covid-19 Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Minat Belajar Siswa Di Desa Gegerbitung.” Jurnal Komunitas: Jurnal ….

PANGESTIKA, A. W. 2018. Implementasi Penanaman Nilai Integritas Pada Peserta Didik Melalui Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Di SD Negeri 1 Sokanegara. repository.ump.ac.id.

Sabrina, U., S. D. Ardianti, and D. Ermawati. 2021. “Kendala Dalam Menumbuhkan Karakter Religius Anak Usia Sekolah Dasar Selama Pandemi Covid 19.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan.

Santika, I. G. N., I. M. Kartika, and N. W. R. Wahyuni. 2019. “Pendidikan Karakter: Studi Kasus Peranan Keluarga Terhadap Pembentukan Karakter Anak Ibu Sunah Di Tanjung Benoa.” Widya Accarya.

Susandi, A., S. Mas’ula, B. Setiawan, and ... 2022. “Eksistensi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar.” … Dasar: Kajian Teori ….

Tim Pusat Penilaian Pendidikan. 2019. Model Penilaian Karakter. edited by Asrijanty and D. Hadiana. Jakarta: Pusat Penialaian Pendidikan.

Utomo, E. P. 2018. “Internalisasi Nilai Karakter Gotong Royong Dalam Pembelajaran IPS Untuk Membangun Modal Sosial Peserta Didik.” Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, No. 0 ….

Downloads

Published

2022-12-22