ANALISIS KESULITAN BELAJAR MEMBACA PERMULAAN DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Suliyansyah Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6278

Keywords:

belajar, kesulitan, membaca, permulaan, SD

Abstract

Membaca salah satu dari empat keterampilan berbahasa diajarkan di sekolah. Kemampuan ini dibutuhkan untuk memahami berbagai informasi yang dibaca. Skor PISA 2018 kategori kemampuan membaca, Indonesia berada di peringkat ke 74 dari 79 negara. Menandakan bahwa kualitas pendidikan Indonesia berada di bawah negara-negara lain. Tiga putaran terakhir skor kemampuan membaca menurun dan mencapai angka terendah yaitu 371 poin, sama dengan skor PISA tahun 2000. Permasalahan siswa tentang belajar membaca sering tidak diketahui oleh guru. Siswa yang tidak lancar membaca akan kesulitan di kelas selanjutnya. Maka penting untuk mengetahui kesulitan belajar membaca permulaan. Tujuan penelitian mendeskripsikan masalah kesulitan belajar membaca permulaan di SD. Jenis kualitatif, metode systematic literature review. Subjek artikel penelitian relevan tentang kesulitan belajar membaca permulaan. Sumber google scholar, kata kunci “kesulitan belajar membaca permulaan". Tahun publikasi 2017-Agustus 2022. Kriteria inklusi artikel yaitu: 1) artikel penelitian berbahasa Indonesia; 2) artikel di jurnal Sinta 3, 2, dan 1; 3) subjek penelitian pada artikel adalah siswa dan guru. Hasil penelitian bahwa kesulitan belajar membaca permulaan di SD yaitu: 1) belum mengenal dan hafal setiap huruf dan kesulitan membedakannya, 2) pelafalan yang belum benar pada huruf vokal, konsonan, diftong, kluster, diagraf, vokal rangkap, dan konsonan rangkap, 3) belum bisa membaca suku kata, kesulitan mehubungkan huruf menjadi satu kata, kesulitan membaca kata lebih dari tiga suku kata, belum bisa membaca kata demi kata, belum bisa membaca kalimat, membaca tersendat-sendat, dan 4) belum mengetahui makna kata, bingung memahami kata yang berakhiran huruf vokal dan diftong, dan kesulitan memahami kalimat panjang. Kata Kunci: belajar, kesulitan, membaca, permulaan, SD

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprilia, U. I., Fathurohman, & Purbasari. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas I. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 227–233. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/index

Balitbang Kemendikbud. (2019). Pendidikan di Indonesia Belajar dari Hasil PISA 2018. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemendikbud.

Bandur, A. (2019). Penelitian Kualitatif Studi Multi Disiplin Keilmuan dengan NVivo 12 Plus. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Moher, D., Liberati, A., Tetzlaff, J., Altman, D. G., & The PRISMA Group. (2009). Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analyses: The PRISMA Statement. PLoS Medicine, 6(7), 1–6. https://doi.org/https://doi.org/10.1136/bmj.b2535

Muammar. (2020). Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Mataram: Sanabil.

Nurani, R. Z., Nugraha, F., & Mahendra, H. H. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1462–1470. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/907

Pratiwi, I. M., & Ariawan, V. A. N. (2017). Analisis Kesulitan Siswa dalam Membaca Permulaan di Kelas Satu Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 26(1), 69–76. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um009v26i12017p069

Rahma, M., & Dafit, F. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 13(2), 397–410. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.979

Rohman, Y. A., Rahman, & Damayanti, V. S. (2022). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas Satu di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5388–5396. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2946

Suartini, N. W. P. (2022). Kesulitan Belajar pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 6(1), 141–145. https://dx.doi.org/10.23887/jear.v6i1.44635

Widyaningrum, H. K., & Hasanudin, C. (2019). Kajian Kesulitan Belajar Membaca Menulis Permulaan (MMP) di Sekolah Dasar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 8(2), 189–200. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i2.2219

Zubaidah, E. (2013). Kesulitan Membaca Permulaan pada Anak Diagnosa dan Cara Mengatasinya. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Downloads

Published

2022-12-22