PENGEMBANGAN MODUL DUA DIMENSI BERBASIS HOTS TEMA 6 SUBTEMA 2 SISWA KELAS III SD
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6232Keywords:
Modul Pembelajaran, Dua Dimensi, Pembelajaran Tematik, HOTSAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul dua dimensi berbasis HOTS pada tema 6 subtema 2. Sebagai media pembelajaran untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam menerapkan modul dua dimensi berbasis HOTS. Peneliti menggunakan metode Research and Development. Hasil yang dicapai dari penelitian ini adalah mengetahui hasil belajat siswa. Berdasarkan teknik analisis data presentase kelayakan ahli materi mendapatkan nilai 62,8% sehingga dinyatakan layak. Sedangkan validasi ahli media peneliti mendapatkan nilai 85% sehingga dinyatakan sangat layak. Untuk hasil pretest dan posttest untuk mengukur keefektivitasan media mendapatkan nilai 0,54 sehingga dinyatakan sedang dan efektif. Untuk hasil respon siswa diperoleh hasil 89,46% sehingga dapat dinyatakan sangat layak. Berdasarkan hasil dari angket dan pretest – posttest dan juga diperkuat dengan respon siswa maka modul dua dimensi berbasis HOTS tema 6 subtema 2 dinyatakan layak digunakan pada saat proses belajar mengajar. This study aims to develop a HOTS-based two-dimensional module on 6 sub-theme 2. As a learning medium to determine students' learning outcomes in applying the HOTS-based two-dimensional module. Researchers used the Research and Development method. The result of this research is to improve students' learning outcomes. Based on the data analysis technique, the feasibility percentage of material experts got a score of 62.8% so that it was declared feasible. While the validation of the research media experts got a score of 85% so that it was declared very feasible. The results of the pretest and posttest to measure the effectiveness of the media get a value of 0.54 so that it is declared moderate and effective. For the results of student responses, the results obtained 89.46% so that it can be declared very feasible. Based on the results of the questionnaire and pretest - posttest and also reinforced by student responses, the two-dimensional module based on HOTS theme 6 sub-theme 2 is declared suitable for use during the teaching and learning process.Downloads
References
Amalia, L. (2021). Pengembangan Modul IPA Bermuatan Higher Order Thinking Skills (HOTS) di Sekolah Dasar ( Development of Science Module Contained High Order Thinking Skill ( HOTS ) in Elementary School ). Jurnal Teknologi, Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 138–149. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm/article/view/11899/7551
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Husada.
Chuseri, A., Anjarini, T., & Purwoko, R. Y. (2021). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Realistik Terintegrasi Higher Order Thinking Skills (Hots) Pada Materi Bangun Ruang. Alifmatika: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 18–31. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2021.v3i1.18-31
Hidayati, F.M.N., Dewi, G.K., & Wibowo, S. (2022).Pengembangan Media Bingo Materi Bangun Ruang Pada Siswa Kelas V SDN Pamotan. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8(3), 2308-2314. http://dx.doi.org/10.36312/jime.v8i3.3721
Khoyrunnissa, S., Supriyanto, D. H., & Susanto, S. (2022). Implementasi Media Majalah Cerita Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 3 MIN 10 Ngawi. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 07(1), 170–176. ,https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v7i1.5421
Kurniawarsi, M., & Rusmana, I. M. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Berbasis Budaya. Jurnal Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesi, 1(1), 39–48. https://doi.org/10.46306/lb.v1i1
Mudlofir, A. H. (2017). Desain Pembelajaran Inovatif dari Teori ke Praktek. PT. Raja Grafindo Husada.
Nurhayati, Eni (2016). Fiksi Realistik Dalam Novel Anak Karya Sherina Salsabila. Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia, 1(2),251-260. https://doi.org/10.32528/bb.v1i2.401
Parmin. (2012). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Terpadu Berwawasan Sains, Lingkungan, Teknologi dan Masyarakat. Jurnal Penelitian Pendidikan, 29(2), 125–136. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jpp.v29i.5654
Purwanti, S., & Putri, R. Z. A. (2021). Pengembangan Modul Berbasis HOTS Pada Tema 6 Materi Membandingkan Siklus Makhluk Hidup Kelas IV Sekolah Dasar. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 8(1), 155–160. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i1.1080
Rahmawati, Ery (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Materi Pemanfaatan Sumber Daya Alam Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Primary: Kajian Ilmu Pendidikan Dasar dan Humaniora,1(1), 21- 30. http://ejournal.stkippgri-sidoarjo.ac.id/index.php/psd/article/view/51.
Sari, I. P., & Syamsi, K. (2015). Pengembangan Buku Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Nilai Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab di Sekolah Dasar. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 73–83. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpe.v3i1.4070
Sianipar, A. Z., Saprudin, & Zulhalim. (2021). Pengembangan Modul Statistika Berbasis Qr Code Untuk Melatih High Order Thingking Skills (HOTS) Mahasiswa. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 5(1), 271–275. https://doi.org/10.52362/jisamar.v5i1.337
Sudjana, N. (2013). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algesindo.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Alfabeta.
Suprihatin, D., & Hariyadi, A. (2021). Peningkatan Kemampuan Menentukan Ide Pokok Melalui Model SAVI Berbasis Mind Mapping pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 7(4), 1384–1393. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1468
Suryawanto, A. M., & Lestari, W. (2021). Pemanfaatan Modul Tematik Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Pada Saat Pandemi Covid-19. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 89–102. https://doi.org/10.23969/jp.v6i1.4006
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.