MENGEMBANGKAN E-MODULE BERBASIS KEARIFAN LOKAL DIDUKUNG APLIKASI FLIPBOOK PENGAJARAN IPS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 112 BOTTO

Authors

  • Asmah Asmah Magister Pendidikan Dasar Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nursalam Nursalam Magister Pendidikan Dasar Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Hidayah Quraisy Magister Pendidikan Dasar Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6198

Keywords:

E-module, local wisdom, flipbook, motivation, learning outcomes

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan e-modul berbasis kearifan lokal menggunakan aplikasi flipbook yang dapat digunakan secara efektif, praktis, dan efektif sebagai pendamping pembelajaran IPS kelas IV SD untuk membuat bahan ajar. Mereka termotivasi untuk berpartisipasi lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran dan meningkatkan hasil belajarnya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Model 4-D oleh Thiagarajan digunakan sebagai model pengembangan. Subjek dalam pengembangan modulus ini adalah siswa kelas IV SDN 112 Bot, Kabupaten Wajo, Kecamatan Takarara. Penelitian ini menggunakan alat pengumpulan data berupa lembar validasi, angket, dan tes. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil verifikasi ahli, hasil penelitian ini membuktikan bahwa e-modul berbasis kearifan lokal didukung oleh aplikasi flipbook, rata-rata khasiat produk adalah 80,77%, memenuhi kriteria sangat valid. Tingkat kepraktisan produk memenuhi standar sangat praktis dengan hasil pengujian sebesar 86,36%. Hasil pretest dan posttest digunakan untuk mengukur keefektifan produk dalam menentukan peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan modul Young. Hasil belajar siswa memenuhi kriteria sangat efektif dengan tingkat ketercapaian rata-rata 84,03%. Penelitian menunjukkan bahwa e-modul berbasis kearifan lokal yang didukung oleh aplikasi flipbook dapat meningkatkan hasil belajar siswa.   The purpose of this study is to produce teaching materials in the form of e-modules based on local wisdom assisted by a flipbook application that is valid, practical, and effectively used as a companion to class IV elementary school social studies teaching materials so that learning is fun and motivates students to be more active in learning. This research is a type of development research. The development model used is a 4-D model (four-D models) according to Thiagarajan. The subject of the experiment on the development of this e-module was a grade IV student of SDN 112 Botto, Takkalalla District, Wajo Regency. The data collection instruments used are validation sheets, questionnaires, and tests. The data analysis technique used is quantitative descriptive analysis. The results showed that based on the results of expert validation, the e-module based on local wisdom assisted by the flipbook application met the very valid criteria with an average product validity of 80.77%. The practicality rate of the product based on user trials of 86.36% meets the criteria is very practical. Effectiveness is measured based on student motivation during learning and post-test to determine the improvement of student learning outcomes at the end of learning obtaining an average achievement rate of 84.03% meeting the criteria very effectively, thus, e-modules based on local wisdom assisted by flipbook applications can increase student motivation and learning outcomes.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, S. 2017. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya Offset.

Bakhtiar, D. (2016). Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Terintegrasi STM (Sains, Teknologi, dan Masyarakat) Pada Mata Pelajaran Fisika. Peran Pendidikan, Sains, Dan Teknologi Dalam Membangun Intelektual Bangsa Dan Menjaga Budaya Nasional Di Era MEA, 1, 650–660.

Candra Eka Setiawan, N., Dasna, I. W., & Muchson, M. (2020). Pengembangan Digital Flipbook untuk Menfasilitasi Kebutuhan Belajar Multiple Representation pada Materi Sel Volta. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 8(2), 107. https://doi.org/10.33394/hjkk.v8i2.3194

Ervhy Indra Puspita, Tin Rustini, D. A. D. (2021). Rancang Bangun Media E-Book Flipbook Interaktif pada Materi Interaksi Manusia dengan Lingkungannya Sekolah Dasar. Journal of Educational Learning and Innovation, 1(2). https://doi.org/10.46229/elia.v1i2

Fauziah, A., & Wulandari, S. S. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook untuk Pembelajaran Materi Ruang Lingkup Administrasi Kepegawaian. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2202–2212.

Hamid, A. (2021). Pentingnya Mengembangkan E-Modul Interaktif Berbasis Flipbook di Sekolah Menengah Atas. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 911–918. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index

Kemdikbud. (2016). PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 22.TAHUN 2016. 1–18.

Kuncahyono. (2018). PENGEMBANGAN E-MODUL (MODUL DIGITAL) DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR. Journal of Physical Therapy Science, 2(2), 219–231. https://doi.org/http://dx.doi.org/ 10.32934/jmie.v2i2.75

Lestari, C. D. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Kontekstual Untuk Mata Pelajaran IPS Sekolah Dasar. Perspektif Ilmu Pendidikan, 30(2), 105. https://doi.org/10.21009/pip.302.5

Meilana, S. F., & Aslam, A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5605–5613. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2815

Nuryani, N. L., Bagus, I., & Surya, G. (2021). Media Pembelajaran Flipbook Materi Sistem Pernapasan Manusia pada Muatan IPA Siswa Kelas V SD. 5, 247–254.

Oktaviara, R. A., & Pahlevi, T. (2019). Pengembangan e-modul berbantuan kvisoft flipbook maker berbasis pendekatan saintifik pada materi menerapkan pengoperasian aplikasi pengolah kata kelas x otkp 3 SMKN 2 Blitar. Jurnal Pendidikan Perkantoran, 7(3), 60–65. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/JPAPUNESA/article/view/29542

Pamungkas, J., Syamsudin, A., Harun, H., & Sudaryanti, S. (2019). Survei Pembelajaran Kearifan Lokal di Taman Kanak-Kanak Se-Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 1–20. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2019.51-01

Qomalasari, E. N., Karlimah, & Respati, R. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul Materi Bilangan Pecahan di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1890–1900. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1027

Santosa, A. S. E., Santyadiputra, G. S., & Divayana, D. G. H. (2017). Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Administrasi Jaringan Kelas Xii Teknik Komputer Dan Jaringan Di Smk Ti Bali Global Singaraja. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 6(1), 62. https://doi.org/10.23887/karmapati.v6i1.9269

Shufa, F., Khusna, N., & Artikel, S. (2018). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar : Sebuah Kerangka Konseptual. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 48–53.

Waseso, H. P. (2018). Kurikulum 2013 Dalam Prespektif Teori Pembelajaran Konstruktivisme. Ta’lim : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(1), 59–72.

Downloads

Published

2022-12-28