PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6148Keywords:
keterampilan berbicara, model cooperative scriptAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara siswa pada tema peduli kepada makhluk hidup melalui model cooperative script kelas IV SDN 016 Bangkinang Kota. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini model cooperative script dan keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, tiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pada sebelum tindakan 55,76%. Kemudian dilakukan tindakan perbaikan dengan menggunakan model cooperative script Pada siklus I Pertemuan I ada peningkatan menjadi 70,96% lalu pada siklus I pertemuan II keterampilan berbicara siswa terjadi peningkatan 74,46%. Pada siklus II pertemeuan I keterampilan berbicara siswa meningkat 77,15% kemudian pada siklus II pertemuan II keterampilan berbicara siswa meningkat lagi menjadi Lagi 81%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa model Cooperative Script dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada tema peduli terhadap makhluk hidup di kelas IV SDN 016 Bangkinang Kota.Downloads
References
Amalia, D. R. (2017). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Model Kooperatif Tipe Cooperative Script Pada Siswa Kelas V Sd N Karangmojo Bantul. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(6), 112–118.
Isjoni, H. (2009). Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Iskandarwassid, S. (2013). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kurniawati, A. (2015). Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa Menggunakan Tipe Cooperative Script dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V.
Pendidikan, B. S. N. (2011). Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar/Madrasah Ibtidayah. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
Saddhono, & Slamet. (2014). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Saud, U. S. (2010). Perkembangan Ilmu dan Pengetahuan. Bandung : Angkasa.
Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. (2016). Keterampilan berbicara. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, H. G. (2008). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tarigan, H. G. (2015). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Thobrom. (2015). Belajar & pembelajaran. Yogjayakarta: Ar-Rus Aksara.
Wardani, N. (2016). Penelitian Tindakan Kelas : Jakarta: Univesitas Tebuk.
Wijaya, H., Gani, R. H. A., & Supratmi, N. (2022). Pengaruh Metode Cooperative Script Terhadap Kemampuan Berbicara Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Selong Tahun Pelajaran 2020 / 2021. 02(01), 120–130.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.