PENERAPAN GAMBAR BERSERI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN DIKTE DAN HASIL BELAJAR PADA KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS 1

Authors

  • Lisa Febrianti PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Malang
  • Innany Mukhlishina PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.5886

Keywords:

gambar berseri, keterampilan menulis dikte, hasil belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis dan mengetahui hasil belajar siswa SD kelas 1 dalam menulis setelah dibelajarkan menggunakan media gambar berseri. Metode yang digunakan adalah metode PTK, dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes unjuk kerja. Subjek dari penelitian ini adalah 26 orang siswa kelas I SD Mujahidin Pontianak. Pada data hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar berseri untuk keterampilan menulis dikte yaitu untuk kemampuan guru dengan rata-rata pada siklus I yaitu 3.2 dan siklus II yaitu 3.4. Dan untuk hasil keterampilan menulis siswa dengan rata-rata pada siklus I yaitu 3 dan siklus II yaitu 3.3. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan setelah diberi tindakan menggunakan media gambar berseri terjadi peningkatan keterampilan menulis siswa.   The purpose of this study was to determine the ability to write and determine the learning outcomes of elementary school students in grade 1 in writing after being taught to use picture series. The method used is the PTK method, with data collection techniques using observation techniques and performance tests. The subjects of this study were 26 first grade students of SD Mujahidin Pontianak. The research data shows that the use of serial images for dictation writing skills is for the teacher's ability with an average of 3.2 in the first cycle and 3.4 in the second cycle. And for the results of students' writing skills, the average in the first cycle is 3 and the second cycle is 3.3. Based on the results of research that has been done after being given an action using a series of pictures there is an increase in students' writing skills.Keywords: picture series, dictation writing skills, results

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adnan, A., Kurniawati, R., Husin, M., & Yamin, M. (2020). PENGEMBANGAN KETERAMPILAN MENULIS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Basicedu, 4(1), 22-28.

Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Herliana, I. C., & Heryanto, D. (2019). Penerapan Metode Drill Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan Siswa Kelas Ii Sd. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(3), 155-166.

Permana, D., & Indihadi, D. (2018). Penggunaan Media Gambar terhadap Pembelajaran Menulis Puisi Peserta Didik. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 193-205.

Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49-60.

Saroh, U. (2021). Penerapan Metode Dikte Pada Kegiatan Menulis Anak Kelas 2 Di Sekolah Dasar Negeri Slawu 2 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2020/2021 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Jember).

Selfiyanti, B., Setiawan, F., & Mirnawati, L. B. (2022). Peningkatan Literasi Berbicara Menggunakan Media Gambar Berseri pada Siswa Kelas II SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 59-68.

Sugiyono. 2021. METODE PENELITIAN PENDIDIKAN. Bandung: Alfabeta.

Wibowo, D. C., Sutani, P., & Fitrianingrum, E. (2020). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 51-57.

Widodo, A., Hidayati, V. R., Asri Fauzi, M. E., & Indraswati, D. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Berseri terhadap Kemampuan Menulis Kalimat Sederhana Siswa Sekolah Dasar. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 106-115.

Downloads

Published

2022-12-28

Most read articles by the same author(s)