PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS 4 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Authors

  • Moch Bahak Udin By Arifin PGMI FAI Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Deviya Nur Laili PGMI FAI Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.5877

Keywords:

pembelajaran kooperatif, talking stick, berpikir kritis

Abstract

Alasan penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis matematika siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kolaboratif Talking Stick terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Penelitian ini dilakukan terhadap 20 siswa kelas 4 MI Miftahul Ulum Kraton tahun pelajaran 2021/2022. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan kuasi eksperimen. Peneliti menggunakan pre-test dan post-test untuk mengetahui perkembangan dan dampak dari gaya model pembelajaran kolaboratif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan uji hipotesis (uji-t) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kolaboratif talk stick terhadap berpikir kritis matematis. Hal ini tercermin dari hasil uji hipotesis (uji-t) yang memiliki nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Oleh karena itu, sebelum dan sesudah perlakuan terjadi peningkatan dan berdampak pada kemampuan berpikir kritis siswa. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kolaboratif tipe Talking Stick berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa selama pembelajaran matematika.   This study is due to poor critical thinking skills of mathematics students. The purpose of this study was to investigate the effect of a talking stick collaborative learning model on students' critical thinking in mathematics. The survey was conducted with 20 students in Year 4 of MI Miftahul Ulum Kraton for the 2021/2022 school year. This research method uses a quantitative method with a quasi-experimental method. Researchers used pretests and posttests to determine the development and impact of chat bars in collaborative learning models. The data collection methodology in this study used hypothesis testing (t-tests) to determine the effects of phonetic collaborative learning models on mathematical critical thinking. This is reflected in the result of the hypothesis test (t-test), which has a significance value of 0.000 < 0.05. Because students' critical thinking is improved and effective before and after treatment. Therefore, it can be concluded that the talking stick-type cooperative learning model has an impact on students' ability to think critically in mathematics.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Almir, M. F. (2015). Proses Berpikir Kritis siswa sekolah dasar dalam memecahkan Masalah Berbentuk Soal Cerita matematika berdasarkan Gaya belajar. Jurnal Math Educator Nusantara, 01(02), 159–170. http://ojs.unpkediri.alc.id/index.php/matematika/alrticle/downloald/235/150

Alstuti, D. P., Muslim, Al., & Bramasta, D. (2020). Analisis Persiapan Guru dalam Pelaksanaan pembelajaran matematika di kelas Iv SD Negeri Jambu 01. Jurnal Walhalla pendidikan, 7(2), 185. https://doi.org/10.25157/wal.v7i2.3676

Dewi, E. K. O. J. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PPKn kelas X DI SMAN 22 Surabaya. Jurnal Edugenesis, 02, 936–950. http://journall.ipts.alc.id/index.php/BIOESAl/alrticle/view/1452

Field, M., & Dependent, F. (2008). Kata Kunci : proses berpikir, field independent, field dependent, memahami konsep. *). 64–77.

Halsall, N. F., Nurtaman, M. E., & Halnik, U. (2019). Pengaruh Model pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (Rte) Terhadap Hasil belajar dan Minat belajar matematika siswa kelas V Sdn Pinggir Papas 1 Sumenep. Widyalgogik : Jurnall pendidikan dan pembelajaran sekolah dasar, 6(2), 112. https://doi.org/10.21107/widyalgogik.v6i2.5195

Jufri, W. (2013). belajar dan pembelajaran SAINS. Bandung: Penerbit Pustalkal. Rekal Ciptal. 1(176), 8–23.

Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model pembelajaran. Fondatial, 4(1), 1–27. https://doi.org/10.36088/fondaltial.v4i1.441

Murtiningsih. (2013). Penerapan Model pembelajaran Talking Stick pada Mata Pelajaran IPS di sekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional KSDP Prodi S1 PGSD FIP Universitas Negeri Malang, 99–106. http://pgsd.fip.um.alc.id/wp-content/uploalds/2017/01/12.pdf

Novikasari, I. (2009). Penggemblengan Kemampuan Berpikir Kritis siswa melalui pembelajaran matematika Open-Ended di sekolah dasar. Jurnall Pemikiraln Allternaltif Kependidikan, 14(2), 346–364.

Nurdiansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model. In Nizmania Learning Center.

Nurmalulidyalh, Mutia, Dalle Ambo, F. S. (2019). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dalam keterampilan berbicara balasan jerman siswa kelas xi sma negeri 2 majene. 1–18.

Pasaribu, D. S. (2017). Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil belajar Fisika siswa dengan Menggunakan Model pembelajaran Talking Stick pada Materi Listrik Dinamis Di kelas X Sman 10 Muaro Jambi. Edu Fisikal, 2(Vol 2 No 01 (2017): Edu Fisikal Volume 02 Nomor 01, Juni 2017), 61–69. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/edufisikal.v2i01.4043

Pernalntalh, P. S. (2019). Desain

Skenario pembelajaran Aktif dengan Metode “ MIKIR ” pada Mata Kuliah pendidikan IPS. IJSSE: Indonesian Journal of Social Science Education, 1(2), 145–155. http://ejournall.ialinbengkulu.alc.id/index.php/ijsse

Salahuddin, M. (2020). Strategi pembelajaran IPS : Konsep dan Aplikasi. In pendidikan. http://eprints.ulm.alc.id/8545/2/MUTIAlNI 2020-IPS-100 X (1).pdf

Salvrilialnal, V., Sundari, K., & Budianti, Y. (2020). Medial Dakota (Dakon matematika) Sebagai Solusi untuk Meningkatkan Hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1160–1166. https://doi.org/10.31004/balsicedu.v4i4.517

Shafiyyatul Azmi. (2018). pendidikan Kewarganegaraan Merupakan Salah Satu Pengejawantahan Dimensi manusia Sebagai Makhluk Individu, Sosial, Susila, dan Malkhluk Religi. Jurnal Ilmiah. Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan, 18(1), 77–86.

Siti Zubalidalh. (2010). Berfikir Kritis : Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi yang dapat Dikembangkan Melalui pembelajaran Sains. Seminar Nasional Sains 2010 dengan Tema “Optimalisasi Sains Untuk Memberdayakan manusia,” 16 (Jalnualry 2010), 1–14. https://www.researchgate.net/profile/Siti-Zubaidah-7/publication/318040409_Berpikir_Kritis_Kemlmpualn_Berpikir_Tingkat_Tinggi_yang_dapat_Dikembangkan_melalui_pembelajaran_Sains/links/59564c650f7e9b591cdal994b/Berpikir-Kritis-Kemampuan-Berpikir-Tingkat-Tingg

Syafaruddin, S., Medialunas, M., & Elihalmi, E. (2020). Straltegi pembelajaran Aktif dalam Meningkatkan Motivasi belajar PKn peserta Didik. pendidikan Guru sekolah dasar, 2(1), 31–42.

Warni, Al. P. (2020). Analisis Literasi matematika dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Pecahan siswa kelas V SDN Darungan 01 Lumajang. Indonesian Journal of Pharmaceutical Science and Technology, 7(2), 73. http://repository.unsri.alc.id/24701/

Zamrodah, Y. (2016). 済無No Title No Title No Title. 15(2), 1–23.

Downloads

Published

2022-12-28