PENGARUH SERTIFIKASI GURU DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SDN GUGUS TARAI BANGUN KABUPATEN KAMPAR

Authors

  • Vera Amelia Program Studi Magister Pendidikan Dasar, Universitas Terbuka
  • Iqbal Miftakhul Mujtahid Program Studi Administrasi Negara, Universitas Terbuka
  • Tita Rosita Program Studi Magister Pendidikan Dasar, Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.5817

Keywords:

motivasi kerja, sertifikasi guru, kinerja guru

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh variabel (1) sertifikasi guru terhadap kinerja guru, (2) motivasi kerja terhadap kinerja guru, (3) sertifikasi guru dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru. Responden penelitian adalah guru Sekolah Dasar Negeri gugus Tarai Bangun Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar yang berjumlah 110 orang dengan sampel 86. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket sebagai instrumen penelitian. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis statistik inferensial dan pengujian hipotesis. Koefisien reliabilitas instrumen dihitung menggunakan rumus alpha cronbach. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara sertifikasi guru terhadap kinerja guru sebesar 0,564, dan terdapat pengaruh yang positif dan  signifikan antara motivasi kerja kerja terhadap kinerja guru sebesar 0,642. Sedangkan secara bersama-sama terdapat pengaruh sertifikasi guru dan motivasi kerja terhadap kinerja guru sebesar 0,664

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aris, munandar, Yulistian. 2016. Pengaruh Sertifikasi, Iklim Kerja Dan Motivasi

Kerja Terhadap Kinerja Guru Di SD Negeri Kabupaten Lampung

Selatan .Tesis. Bandar Lampung: Universitas Lampung

Aristantia, R & Tastin. (2015). Perbandingan upaya guru sertifikasi dan guru nonsertifikasi dalam meningkatkan minat belajar siswa di madrasah ibtidaiyah az-zahir Palembang, Jurnal Radenpatah, vol 2, 277-301

Farida, U & Pratiwi, Y. (2018). Peran sertifikasi terhadap kinerja guru di SMA Negeri 1 Ponorogo. Seminar Nasional dan Call Paper III, 504-512.

Hartiwi, H., Kozlova, A, y., Masitoh, F. (2020). The Effect of Certified Teacher and Principal Leadership Toward Teachers’ Performance. International Journal of Educational Review. Vol. 2, No. 1, 70-88.

Hesti Murwati. (2013). Pengaruh Sertifikasi profesi guru terhadap kerja dan kinerja guru di SMK Negeri se-Surakarta. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi (BISE) Vol.1 No. 1 Tahun 2013

KBBI. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [Online] Available at: http://kbbi.web.id/pusat [Diakses 21 Juni 2016].

Mansur, Muslich. (2007). Sertifikasi Guru Menuju Profesionalisme Pendidik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mungin Eddy Wibowo. (2004). Standarisasi, Sertifikasi, dan Lisensi Profesi Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Surabaya, Makalah Seminar Nasional Pendidikan

Rachman Halim Yustiyawan, (2014). Pengaruh Motivasi dan Kompetensi Profesional Guru yang Bersertifikasi terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri 1 di Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan

Side, Suud, & Jahada. (2017). Perbandingan kinerja guru bimbingan dan konseling yang bersertifikasi dengan non sertifikasi di SMP se-Kota Kendari Tahun 2016. Jurnal BENING, Vol 1, No. 2, 32-37.

Sudarmanto. (2009). Kinerja dan Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia: Teori, Dimensi Pengukuran dan Implementasi Dalam Organisasi. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Downloads

Published

2022-12-23