KESIAPAN SEKOLAH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KEBIJAKAN KURIKULUM 2013 DI SDN NGRECO KEDIRI
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v3i2.572Abstract
Data penelitian ini diambil dari hasil metode observasi, wawancara kepada Kepala sekolah SDN Ngreco Kediri, Wali Kelas 5. Kesiapan Kurikulum 2013 di SDN Ngreco Kediri, dalam pengamatan pra penelitian yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan adanya indikasi yaitu Kurikulum 2013 sudah mulai diterapkan di SDN Ngreco Kediri. Penerapan Kurikulum 2013 tersebut menurut peneliti layak untuk dikaji lebih lanjut. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1)Untuk mengetahui penguasaan Kepala Sekolah, dan guru tentang kurikulum 2013. (2) Untuk mengetahui kesiapan sekolah dalam implementasikan kurikukulum 2013. (3) Untuk mengetahui penerapan kurikulum 2013 yang dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran. (4) Untuk mengetahui Kendala yang dihadapi oleh sekolah dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 dan solusi-solusi apa yang diambil untuk mengatasinya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah hasil wawancara dengan Kepala Sekolah, guru kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis Moleong. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan : (1) Kesiapan sekolah dalam Kurikulum 2013 di SDN Ngreco Kediri, dengan menyesuaikan muatan yang terdapat dalam kurikulum 2013 yaitu : tujuan satuan pendidikan, struktur kurikulum, Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, kompetensi mata pelajaran, beban belajar, penguatan tata kelola, penguatan materi, dan karakteristik kurikulum 2013, (2) kesiapan guru terhadap penerapan Kurikulum 2013 di SDN Ngreco Kediri,. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi Kepala Sekolah,para tenaga pengajar di SDN Ngreco Kediri terutama dalam memberikan dorongan kepada siswa agar senantiasa meningkatkan motivasi berprestasi secara lebih memadai. Kata Kunci : Penguasaan, penerarapan,kesiapanDownloads
References
E.Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasution. (2008). Asas-asas Kurikulum. Jakarta : Bumi Aksara.
Oemar Malik. (2008). Manajemen pengembangan kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Barnadib. (1992). Filsafat pendidikan : sistem dan metode. Yogyakarta: Andi Offset.
Nasution,S. (1989). Kurikulum Pengajaran. Jakarta: Bina Aksara.
Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Umar Tirtarahardja. (2005). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Abdullah Idi. (2010). Pengembangan Kurikulum teori dan praktek. Yogyakarta: Arrus Media.
Adiwikarta, S. (1994). Kurikulum untuk abad ke-21. Jakarta:Raja Grafindo.
Nasution, S. (1995). Pengembangan kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara.
Subandijah. (1993). Pengembangan dan Inovasi Kurikulum. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Oemar Hamali. (2008). Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Moleong LJ. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2006). Metode Penelitian pendidika Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Ingridwati Kurni, dkk. (2007). Perkembangan Belajar Peserta Didik. Jakarta:Depdiknas