PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA SUB TEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU

Authors

  • Rudi Triadi Ramadhan SDN Nyomplang 1
  • Abdul Mumin Saud Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v2i1.503

Keywords:

Problem Based Learning, Aktivitas Belajar Siswa, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh aktivitas guru dalam mengajar yang masih menggunakan model konvensional dimana pembelajaran berpusat pada guru (teacher center) sehingga menyebabkan rendahnya aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa, sikap peduli, dan santun siswa serta hasil belajar siswa baik pada aspek pengetahuan maupun keterampilan pada pembelajaran tematik tema Indahnya Kebersamaan subtema Keberagaman Budaya Bangsaku. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kelas yang terdiri dari tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Nyomplong 1, sebanyak 20 orang yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 8 siswi perempuan. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I pada aspek aktivitas mencapai 66,2% dengan kategori baik (B), di siklus II mencapai 75% dengan kategori baik (B), dan pada siklus III mencapai 93,5% dengan kategori sangat baik (A). Hasil belajar pada aspek afektif yaitu sikap peduli dan santun cenderung berada pada kategori cukup (C), pada siklus II kecenderungan sikap siswa meningkat pada kategori baik (B), pada siklus III kecenderungan sikap siswa meningkat pada kategori sangat baik (A) dari jumlah keseluruhan siswa. Hasil belajar pada aspek kognitif pada siklus I jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 9 orang atau sebesar 45% dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 11 orang siswa atau sebesar 55%. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 12 orang atau sebesar 60% dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 8 orang siswa atau sebesar 40%. Pada siklus III jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 17 orang atau sebesar 85% dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 3 orang siswa atau sebesar 15%. Pada aspek keterampilan pada siklus I keterampilan siswa dalam mencari informasi cenderung berada pada kategori cukup (C). Pada siklus II keterampilan siswa cenderung berada pada kategori baik (B), Pada siklus III keterampilan siswa cenderung berada pada kategori sangat baik (A). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran tematik tema indahnya kebersamaan keberagaman budaya bangsaku

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhmad, Imran. (2016). Sumber belajar dan Teknologi Komunikasi dan Informasi untuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Jakarta: CV.Setiaji

Amir, Taufiq. (2009). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Prenadamedia Group.

Amri, Sofan. (2013). Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT.Prestasi Pustakaraya.

Anggraeni, Mia. (2016). Penggunaan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar dalam Pembelajaran IPA Materi Fungsi Organ Tubuh Manusia Dan Hewan (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SDN Nambo Jl. Raya Haurgeulis-Gantar KM 06 Kecamatan Gantar Kabupaten Indramayu Tahun Pelajaran 2016-2017). Bandung: Universitas Pasundan, tidak diterbitkan.

Aunurrahman. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Cahyo, N. Agus. (2013). Panduan aplikasi teori-teori belajar mengajar. Jogjakarta: DIVA press

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas.

Dimyati, Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Endah, Loeloek. (2013). Panduan Memahami Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Habibah, Desi. (2015). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Dalam Mutu Pengajaran IPA Pada Materi Fungsi Organ Tubuh Manusia dan Hewan. Bandung: Universitas Pasundan, tidak diterbitkan

Hajar, Ibnu. (2013). Panduan Lengkap Kurikulum Tematik. Yogyakarta: DIVA Press.

Hamalik, Oemar. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia http://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/didaktika/article/viewFile/497/415 (Dikutip dan diakses pada tanggal 09 Mei 2017).

Huda, Miftahul. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Ibnu, Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Konstektual. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.

Iskandar, Dadang dan Narsim. (2015). Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasinya untuk Kenaikan Pangkat dan Golongan Guru & Pedoman Penulisan PTK bagi Mahasiswa. Cilacap: Ihya Media.

Jihad, Asep. Haris, Abdul. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Jufri, Wahab. 2017. Belajar Dan Pembelajaran Sains. Bandung: Pustaka Reka Cipta.

Komalasari, Kokom. (2013). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Kustawan, Dedy. (2013). Analisis Hasil Belajar, Program Perbaikan dan Pengayaan Peserta Didik Berkebutuhan Khusus. Jakarta Timur: Luxima Metro Media.

Kwan, I. (2009). The Routledge International Handbook of Higher Education. New York: Taylor & Francis.

Majid, Abdul. (2013). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Majid, Abdul. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Majid, Abdul. (2015). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Mufida, Umrothul dan Najlathun Naqiyah. (2013). Penerapan Strategi Pemodelan Kognitif Untuk Menciptakan Rasa Percaya DiriSiswa bertanya Kepada Guru di SMAN 1 Krembung-Sidoarjo. JURNAL BK UNESA. Volume 04 Nomor 01 Tahun 2013, halaman 243-250. (Di akses tanggal 28 April 2017).

Nurlatifah, Desi Habibah. (2015). Penerapan Model Discovery Leraning Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPA Pada Materi Fungsi Organ Tubuh Manusia dan Hewan : Tidak diterbitkan.

Rusman, (2016). Model-model Pembelajaran:Mengembangkan Profesionalisme. Jakarta: Rajawali Pers.

Sagala. Syaiful. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Sardiman. (2016). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sa’ud. Syaefuddin. (2006). Pembelajaran Terpadu. Bandung: UPI Press.

Satori, Djam’an. (2011). Profesi Keguruan. Jakarta: Universitas Terbuka

Suardi, Moh. (2015). Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Sudjana, Nana & Ibrahim (2004). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Suprijono, Agung. (2016). Model-Model Pembelajaran Emansipatoris. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Surya, Muhamad. (2013). Psikologi Guru. Bandung: Alfabeta

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Suteja, Reza. (2016). Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Sikap Semangat Kebangsaan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Materi Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Bandung: Universitas Pasundan, Tidak Diterbitkan.

Paizaluddin dan Ermalinda. (2016). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Panduan Teoritis dan Praktis. (2016). Bandung: Alfabeta.

Taufik, Agus, dkk. (2014). Pendidikan Anak di SD. Jakarta: Universitas Terbuka Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progesif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia.

Yusuf, Muh. (2009). Pengaruh Cara Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Programmable Logic Controller (PLC) Siswa Kelas III Jurusan Listrik SMK NEGERI 5 MAKASSAR. 1(2), 3-4. Retrieved fromhttp://www.ft-unm.net/medtek/Jurnal%20Medtek%20Vo.%201_No.2_Oktober%202009/M.%20Yusuf%20Mappeasse.pdf

( Di akses tanggal 4 Mei 2017).

Zuhdan. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2017-11-13