PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO-VISUAL

(Penelitian Tindakan pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri 1 Kota Metro Tahun 2016)

Authors

  • Kisno Kisno STKIP PGRI Metro Lampung
  • Nia Fatmawati FKIP Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v2i1.500

Keywords:

Hasil Belajar, Berhitung, Media Audio Visual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa yang difokuskan pada kemampuan berhitung melalui penggunaan media audio visual. Apabila pembelajaran berhitung menggunakan media audio visual dengan prinsip dan teknik yang tepat, dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas II di SDN 1 Kota Metro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart. Tindakan yang dilakukan dalam penelitian ini terdiri atas 2 siklus; siklus 1 terdiri dari 8 pertemuan dan siklus 2 terdiri dari 7 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif diperoleh berdasarkan pada peningkatan kemampuan berhitung siswa dari pra-tindakan hingga siklus 2. Kemampuan berhitung siswa pada pra-tindakan adalah 40,91%, siklus satu 72,73%, dan siklus dua mencapai 86,36%. Pencapaian ini melebihi kesepakatan antara peneliti dan kolaborator, yaitu sebesar 71%. Berdasarkan hasil persentase yang diperoleh, maka hipotesis tindakan diterima. Analisis data kualitatif yang digunakan ialah berdasarkan pada model Miles dan Huberman, dengan langkah-langkah: 1)data reduction, 2) data display, and 3) conclusion drawing/verification berdasarkan observasi, wawancara, dan dokumentasi selama penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran melalui penggunaan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, Mulyono. (2003). Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Aisyah, Nyimas dkk. (2007) Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.

Arsyad, Azhar. (2011) Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Asyhar, Rayandra. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.

Benyamin S. Bloom. (1981) Taxonomy of Education Objectives. New York: Longman.

Deb, Kajal. (2006). Cognitive Development in Classroom. New Delhi: Adhyayan Publishers & Distributors.

E. Mulyasa. (2002). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Rosdakarya.

Fajar, Arnie.(2004). Portofolio. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Freudenthal, Hans.(1999). Revisting Mathematics Education. Dordrecht: Kluwer Academic Publisher.

Gagne di dalam Nana Sudjana. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Hamalik, Oemar. (2009). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

_______. (2011) Kurikulum dan Pembelajaran Jakarta: Bumi Aksara.

Hans Freudenthal, Revisting Mathematics Education Dordrecht: Kluwer Academic Publisher, 1991.

Hergenhahn, B. R.,(1988). An Introduction to Theories of Learning. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall Inc.

Heruman. (2007). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Horward Kingsley di dalam Nana Sudjana. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Jannah, Raodatul.( 2011). Membuat Anak Cinta Matematika dan Eksak Lainnya. Jogjakarta: Diva Press.

Jean Piaget. (1976). The Child and Reality New York: Penguin Books.

Manfaat,Budi. (2010). Membumikan Matematika dari Kampus ke Kampung. Cirebon: Eduvision Publishing.

Mehl-Mill-Douglass dalam Oemar Hamalik. (2009). Proses Belajar Mengajar Bandung: Bumi Aksara.

Miarso, Yusufhadi. (2013). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.

Niken Ariani dan Dany Haryanto. Pembelajaran Multi Media di Sekolah: Pedoman Pembelajaran Inspiratif, Konstruktif, dan Perspektif. Jakarta: Prestasi Pustakaraya, 2010

Rosalind Charlesworth and Karen K. Lind. (2010). Math and Science: For Young Children, Sixth Edition. Belmont,USA: Wadsworth, Cengage Learning.

adiman, Arief S. dkk.,(2009). Media Pendidikan: Pngertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Semiawan, Cony.(1984). Memupuk Bakat dan Kreativitas Sekolah Menengah. Jakarta: Gramedia.

Subarinah, Sri.( 2006). Inovasi Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas Dirjen Dikti.

Sugiono. (2011). Metode Penelitian Kuiantitatif, Kulaitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Daitin. (2006). Pembelajaran Matematika Realistik. Jakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi Depdiknas.

Trianto. (2009). Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Wijaya, Ariyadi. (2012). Pendidikan Matematika Realistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yufiarti.( 2009). Psikologi Pendidikan dan Penerapannya. Jakarta: Center for Human Capacity Development/CHCD Offset

Downloads

Published

2017-11-13