EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v6i2.4729Keywords:
Evaluasi Program, Pendidikan Karakter, SD Islam TerpaduAbstract
Pendidikan karakter mutlak diperlukan karena pada hakikatnya pendidikan tidak dapat dipisahkan dari karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengevaluasi keterlaksanaan atau ketercapaian program pendidikan karakter di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al Jihad Karawang. Jenis penelitian ini yaitu evaluasi melalui metode pendekatan kualitatif dengan menerapkan model CIPP yaitu context, input, process, dan product sebagai alat evaluasi. Data dikumpulkan dengan cara melaksanakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pendidikan karakter berada dalam kategori baik. Kemudian dalam nilai evaluasi program pendidikan karakter berdasarkan empat tahapan model CIPP mendapatkan kategori baik dalam tahap context, kategori baik dalam tahap input, kategori sangat baik dalam tahap process, dan kategori baik dalam tahap product. Character education is absolutely necessary because in essence education cannot be separated from character. This study aims to describe and evaluate the implementation or achievement of character education programs at the Integrated Islamic Elementary School (SDIT) Al Jihad Karawang. This type of research is evaluation through a qualitative approach method by applying the CIPP model, namely context, input, process, and product as an evaluation tool. Data were collected by conducting observations, interviews and documentation studies. The results showed that the character education program was in the good category. Then in the evaluation value of the character education program based on the four stages of the CIPP model, the category is good in the context stage, good category in the input stage, very good category in the process stage, and good category in the product stage.Downloads
References
Citra, Y. (2012). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran. E-JUPEKhu (JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN KHUSUS), 1(1), 237–249. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/795
Darmayanti, S. E., & Wibowo, U. B. (2014). Evaluasi Program Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 223. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2721
Faujiah, N., Muwarni, S., & Driana, E. (2021). Evaluasi Program Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Islam Daarus Shofwah Bojonggede-Bogor. Jurnal Penelitian Dan Penilaian Pendidikan, 3(2), 9–20. https://doi.org/10.22236/jppp.v3i2.7305
Haryati, S. (2013). PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KURIKULUM 2013 Oleh: Sri Haryati (FKIP-UTM). Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013, 19(2), 259–268.
Jaelani, A., & Asvio, N. (2019). Evaluasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang 12 Januari 2019, 2(Wulandari 2018), 75–86.
Leasa, M., Batlolona, J. R., Pattimura, U., Fisika, P. P., & Malang, U. N. (2017). Karakter Siswa Smkn13 Kota Malang. 6(1), 73–82.
Magdalena, I., Rosnaningsih, A., Akbar, M., & Situmorang, R. (2019). Evaluasi Program Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar Wilayah Kota Dan Kabupaten Tangerang. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, IV. https://doi.org/10.23969/jp.v4i2.1768
Morelent, Y. (2015). Pengaruh Penerapan Kurikulum 2013 Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar Negeri 05 Percobaan Pintu Kabun Bukittinggi. Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, 1(2), 141–152. https://doi.org/10.22202/jg.2015.v1i2.1234
Nira Nurani, L. S. (2019). Implementasi Pembentukan Akhlak Terpuji Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha pada Kelompok B Usia 5-6 Tahun TK Islam An-Nuur Tahun Ajaran 2018-2019. Jurnal Utile, V(Nomor 2), 115–122.
Putri, I. D. (2019). Penguatan Program Pendidikan Karakter (PPK) Melalui Kegiatan Esktrakulikuler Seni Tari di SD. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(5), 55.
Ramdhani, A. M. (3024). Lingkungan Pendidikan dalam Impelementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 8(1), 28–37. https://doi.org/10.1177/002218568402600108
Sajadi, D. (2019). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 16–34. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v2i2.510