KESULITAN SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATERI NILAI TEMPAT MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS I SD

Authors

  • Dessi Selvianiresa Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v2i1.451

Keywords:

Nilai Tempat, Kesalahan Jawaban Siswa

Abstract

Tujuan matematika di Sekolah Dasar secara umum ialah agar siswa dapat memecahkan masalah yang berhubungan dengan matematika. Dalam matematika, siswa tidak hanya menekankan pada proses kognitifnya saja, melainkan diharapkan dapat membentuk kepribadian siswa sehingga dapat terampil menggunakan matematika dalam kehidupan sehari-harinya. Dasar matematika pun menjadi patokan penting dalam memahami materi matematika. Seperti pada materi matematika yaitu nilai tempat yang menjadi dasar siswa dalam mempelajari matematika yang lebih luas lagi. Ketika siswa mengalami kesulitan nilai tempat, maka akan berakibat fatal pula pada materi yang lebih tinggi lagi, misalnya operasi hitung. Penelitian dilakukan di salah satu sekolah di Bandung, dengan subjek siswa kelas I SD yang berjumlah 47 siswa. Berdasarkan hasil analisis, siswa masih kesulitan dalam menempatkan bilangan sesuai nilai tempatnya. Hal ini berakibat pula, ketika anak diberi soal operasi hitung penjumlahan, siswa mengalami kesalahan menulis bilangan dan menghitungnya. Untuk itu, dibutuhkan peranan guru dalam merancang pembelajaran yang dapat memudahkan siswa dalam memahami materi. Selain itu, guru perlu memprediksi beberapa kesalahan jawaban siswa yang kemungkinan akan muncul, sehingga guru cepat dapat memberikan solusi dan tindakan dengan tepat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

BSNP. (2006). Panduan Pengembangan Silabus Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI). Jakarta: Depdikbud.

Lestari & Triyono. (2012). Deskripsi Kesulitan Belajar Pada Operasi Penjumlahan dengan Teknik Menyimpan Siswa Kelas I SDN 3 Panjer Kecamatan Kebumen Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal FKIP Pendidikan Universitas Sebelas Maret.Vol.1 No.2, hal 163-169 April 2012.

Nurmawati, dkk. (2000). Pembelajaran yang Berorientasi pada Konstuktivistik untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Nilai Tempat Bagi Siswa Kelas III SDN Kutohardjo II Rembang. [Online].Tersedia: http://lppm.ut.ac.id/htmpublikasi/21nurma. htm.

Ruseffendi, E.T. (1992). Materi Pokok Pendidikan Matematika 3. Jakarta: Depdikbud.

Sholeh, M. (1998). Pook-pokok Pengajaran Matematika di Sekolah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Sumiaty, Encum dan Endang Dedy. (2015). Didactical Design of Junior High Schools’s Mathematics Teaching Material Based on Learning Obstacles and Learning Trajectory. Proceedings International Seminar on Mathematics, Science, and Computer Science Education, hal. 78-83.

Suwangsih, E. dan Tiurlina (2006). Model Pembelajaran Matematika. Bandung: UPI Press.

Van de Walle, J. (2008). Matematika Sekolah Dasar dan Menengah: Pengembangan Pembelajaran, Jilid 1 Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga.

Downloads

Published

2017-09-20