PENGARUH PENDEKATAN SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY AND SOCIETY) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Candra Puspita Rini Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v2i1.450

Keywords:

SETS Approach, Science Process Skills

Abstract

Penelitian ini bertujan untuk mengetahui efektif atau tidaknya pendekatan SETS (Science, Environment, Technology and Society) dalam mempengaruhi keterampilan proses sains siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Quasi Eksperimen. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah : “Terdapat perbedaan keterampilan proses sains antara siswa yang diajarkan dengan pendekatan SETS (Science, Environment, Technology and Society)” dengan siswa yang diajarkan dengan pendekatan konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Panunggangan 8 Kota Tangerang, Provinsi Banten. Sampel yang diteliti sebanyak 54 siswa kelas III yang terdiri dari 27 siswa kelas eksperimen dan 27 siswa kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini berbentuk tes pilihan ganda. Penelitian menunjukan bahwa hasil tes akhir kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan uji-t diperoleh thitung = 2,662 dan ttabel = 2,000 hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan SETS (Science, Environment, Technology and Society) lebih efektif dibandingkan pendekatan konvensional untuk mempengaruhi keterampilan proses sains siswa Sekolah Dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. M, Sardiman, Aryani, (2011). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Arikunto, Suharsimi. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Hamalik, Oemar. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Riadi, Edi. (2014). Metode Statistika Parametrik dan Nonparametrik Untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial dan Pendidikan. Tangerang: PT Pustaka Mandiri.

Rustaman, Nuryani. (2013). Materi dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Samatowa, Usman. (2010). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Indeks.

Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sapriati, Amalia. (2014). Pembelajaran IPA di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sriyanto (2014). Seminar Nasional Menjadi Guru Kreatif, Mengembangkan Kemampuan Konseptual, dan Keterampilan Pedagogis dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru sekolah Dasar (PGSD) S1 FKIP UMP dan Amara Books.

Sugiyono. (2012). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad, (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara

W, Anitah, Sri. (2008). Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wisudawati, Widi, Asih, (2014). Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2017-09-20