PERAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

  • Mutiaramses Mutiaramses Pendas FIP Universitas Negeri Padang
  • Neviyarni S PENDAS FIP Universitas Negeri Padang
  • Ida Murni PENDAS FIP Universitas Negeri Padang

Abstract

Pengelolaan kelas merupakan salah satu factor penentu keberhasilan peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam pengelolaan kelas terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis kajian literature. Semua data diambil dari literature berupa jurnal dan buku. Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa jika pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru baik, maka hasil belajar peserta didikpun tinggi dan begitu sebaliknya. Jika pengelolaan kelas tidak baik, maka hasil belajar peserta didik cenderung rendah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 2, 2021
How to Cite
MUTIARAMSES, Mutiaramses; S, Neviyarni; MURNI, Ida. PERAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 43 - 48, july 2021. ISSN 2548-6950. Available at: <https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/4050>. Date accessed: 24 sep. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.23969/jp.v6i1.4050.