Strategi Psikopendagogis Guru Homeschooling Jambipreneur School dalam Pembelajaran Siswa Inklusi
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.38194Keywords:
strategi psikopedagogis, homeschooling, STIFIn, siswa inklusiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi psikopedagogis yang diterapkan oleh guru Homeschooling Jambipreneur School dalam pembelajaran bagi siswa inklusi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus, melibatkan satu guru berpengalaman (Guru Y) yang aktif mengajar siswa dengan kebutuhan belajar beragam. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi, lalu dianalisis secara tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan strategi psikopedagogis melalui tiga tahapan utama, yaitu: (1) pemahaman karakter dan gaya belajar siswa berdasarkan hasil tes STIFIn, (2) metode penyesuaian dan media pembelajaran secara adaptif, serta (3) pendampingan emosional yang berkelanjutan untuk meningkatkan motivasi dan kemandirian belajar siswa inklusi. Pendekatan ini mencerminkan peran guru sebagai fasilitator yang tidak hanya fokus pada aspek akademik, tetapi juga pada kesejahteraan emosional siswa. Penelitian ini menegaskan bahwa penerapan psikopedagogi berbasis STIFIn berkontribusi dalam menciptakan proses belajar yang inklusif, personal, dan terfokus pada potensi individu .
Downloads
References
Agustina, I. (2025). Evaluasi Strategi Pengajaran Guru untuk Anak AUTIS di Sekolah Inklusi. 9, 29–41.
Ediyanto, E., Zulkipli, Z., Sunandar, A., & Yunus, M. (2025). Triangulation in Educational Research : A Literature Review (Issue Icemt 2024). Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-370-2
Wibowo. (2024). Implementasi Universal Design for Learning dalam pembelajaran inklusif abad ke-21. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar Indonesia. 9(1), 32–46.
Kemdikbudristek. (2024). Panduan implementasi pendidikan inklusif di satuan pendidikan dasar dan menengah. Direktorat Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus.
Maslow, A. H. (2023). Toward a psychology of being (4th ed.). Start Publishing LLC.
Moleong, L. J. (2023). Metodologi penelitian kualitatif (Edisi revisi). Remaja Rosdakarya.
Tomlinson, C. A. (2023). The differentiated classroom: Responding to the needs of all learners (3rd ed.). ASCD.
Wulandari, E., & Siregar, R. (2023). Penguatan peran guru dalam pembelajaran berbasis kekuatan individu siswa. JuAgustina, I. (2025). Evaluasi Strategi Pengajaran Guru untuk Anak AUTIS di Sekolah Inklusi. 9, 29–41.
Ediyanto, E., Zulkipli, Z., Sunandar, A., & Yunus, M. (2025). Triangulation in Educational Research : A Literature Review (Issue Icemt 2024). Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-370-2
Wibowo. (2024). Implementasi Universal Design for Learning dalam pembelajaran inklusif abad ke-21. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar Indonesia. 9(1), 32–46.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















