PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MURID SDN SAWAHLEGA 02 KABUPATEN BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.38124Keywords:
Artificial Intelligence, media pembelajaran interaktif, motivasi belajar.Abstract
Perkembangan Artificial Intelligence (AI) telah menghadirkan peluang baru dalam dunia pendidikan, terutama sebagai media pembelajaran interaktif yang mampu meningkatkan motivasi belajar murid sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan AI sebagai media pembelajaran interaktif dalam meningkatkan motivasi belajar murid di SDN Sawahlega 02 Kabupaten Bandung. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi yang melibatkan kepala sekolah, guru, serta murid. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan AI memberikan dampak positif terhadap peningkatan motivasi belajar murid, yang tercermin dari meningkatnya partisipasi aktif, minat belajar, dan keterlibatan murid dalam proses pembelajaran. Implementasi AI yang terencana, terorganisasi, terlaksana secara sistematis, dan diawasi secara berkelanjutan terbukti menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan. Kendala utama yang ditemukan meliputi keterbatasan infrastruktur teknologi dan kompetensi guru dalam pengoperasian media berbasis AI. Solusi strategis yang diterapkan berupa peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan, optimalisasi sarana prasarana, dan pemilihan aplikasi AI yang sesuai dengan karakteristik murid sekolah dasar. Penelitian ini memberikan kontribusi teoretis dan praktis dalam pengembangan model pembelajaran berbasis teknologi yang relevan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan motivasi belajar murid.
Downloads
References
Buku :
Azhar Arsyad, “Media Pembelajaran,” Buku Media Pembelajaran, Edisi Revisi,, Januari, 2021.
Holmes, W., et al. (2022). Artificial Intelligence in Education: Promises and Implications for Teaching and Learning. MIT Press.
Terry, G. R. (2018). Principles of Management (Revised Edition). McGraw-Hill.
UNESCO. (2021). Artificial Intelligence in Education: State of the Art. UNESCO Publishing.
Artikel in Press :
Sunarti Rahman, “Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar,” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar: Merdeka Belajar dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0, Vol.No. –, November, 2021.
Jurnal :
Lahitania, F., Kurnia, R., & Hartono, D. (2025). Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Artificial Intelligence untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Murid SD. Jurnal Pendidikan Inovatif, 13(1), 33-49.
Luluk Nur Rofiqoh, “Bimbingan Kelompok Field Trip Berbasis Lingkungan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Murid,” Jurnal Bimbingan dan Konseling Pendidikan, Vol. 1, No. 2, Juli, 2021.
Nugroho, T., & Amalia, R. (2024). Gamifikasi dan AI sebagai Media Interaktif dalam Pembelajaran SD: Studi Eksperimental.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















