P Pembelajaran IPAS Ekosistem Kelas V: Mengoptimalkan Hasil Belajar Siswa SD dengan Media Audiovisual

Ecosystem Science Learning for Grade V: Optimizing Elementary School Students' Learning Outcomes with Audiovisual Media

Authors

  • Ayusi Rahma Murohammah Universitas Hasyim Asy'ari
  • Emy Yunita Rahma Pratiwi Universitas Hasyim Asy'ari

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.38078

Keywords:

Media Audiovisual, Hasil Belajar, Ekosistem

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji pengaruh penggunaan media audiovisual terhadap
hasil belajar siswa pada materi ekosistem di kelas V SD Negeri Balongbesuk. Studi
ini dilatarbelakangi oleh capaian belajar yang masih rendah karena materi ekosistem
sebelumnya hanya disajikan dengan media visual statis berupa gambar dalam buku
siswa. Penggunaan video sebagai media audiovisual dipandang dapat membantu
siswa memahami konsep melalui perpaduan tampilan gambar dan suara. Penelitian
ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-eksperimental berjenis
kelompok kontrol yang tidak setara. Subjek penelitiannya adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri Balongbesuk yang diambil dengan teknik sampling jenuh,
berjumlah 49 peserta didik. Instrumen penelitian berupa tes untuk mengukur
pemahaman konsep setelah pembelajaran. Data terlebih dahulu diuji prasyarat
(normalitas dan sejenisnya) guna memastikan skor pretest dan posttest layak
dianalisis secara parametrik, kemudian dianalisis menggunakan uji t untuk
mengetahui besarnya pengaruh media audiovisual terhadap hasil belajar. Hasil
analisis menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas
kontrol. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen mencapai 90,57, sedangkan kelas
kontrol sebesar 80,00. Uji t menghasilkan nilai t hitung 5,263 yang lebih besar
daripada t tabel 2,000 pada taraf signifikansi 0,05, sehingga perbedaan tersebut
dinyatakan signifikan. Dengan demikian, penerapan media audiovisual memberikan
pengaruh positif terhadap hasil belajar, dan dapat disimpulkan bahwa strategi ini
efektif meningkatkan pemahaman siswa pada materi ekosistem di kelas V SD Negeri
Balongbesuk.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Lestari, K. K., Styawati, K. A., & Az-

zahra, S. F. (2025).

Pengembangan Media

Pembelajaran berbasis Video

Animasi Mata Pelajaran IPAS di

SDN 37 Kota Sorong. 93–102.

Nyoman, L., Kusuma, P., Astawan, I.

G., & Suarjana, I. M. (2021).

Belajar Ekosistem dengan Media

Pembelajaran Audiovisual

Berbasis Aplikasi Filmora untuk

Siswa Sekolah Dasar. 4(3), 493–

501.

Sattvika, G. A., Margunayasa, I. G., &

Rati, N. W. (2024). Model

Pembelajaran Discovery

Learning Berbantuan Media Mind

Mapping terhadap Hasil Belajar

IPA Siswa Kelas V Sekolah

Dasar. 5, 1–13.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian

Pendidikan: Pendekatan

Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Bandung: Alfabeta, hlm. 2–3.

Downloads

Published

2025-12-20