P Pembelajaran IPAS Ekosistem Kelas V: Mengoptimalkan Hasil Belajar Siswa SD dengan Media Audiovisual
Ecosystem Science Learning for Grade V: Optimizing Elementary School Students' Learning Outcomes with Audiovisual Media
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.38078Keywords:
Media Audiovisual, Hasil Belajar, EkosistemAbstract
Penelitian ini bertujuan mengkaji pengaruh penggunaan media audiovisual terhadap
hasil belajar siswa pada materi ekosistem di kelas V SD Negeri Balongbesuk. Studi
ini dilatarbelakangi oleh capaian belajar yang masih rendah karena materi ekosistem
sebelumnya hanya disajikan dengan media visual statis berupa gambar dalam buku
siswa. Penggunaan video sebagai media audiovisual dipandang dapat membantu
siswa memahami konsep melalui perpaduan tampilan gambar dan suara. Penelitian
ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-eksperimental berjenis
kelompok kontrol yang tidak setara. Subjek penelitiannya adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri Balongbesuk yang diambil dengan teknik sampling jenuh,
berjumlah 49 peserta didik. Instrumen penelitian berupa tes untuk mengukur
pemahaman konsep setelah pembelajaran. Data terlebih dahulu diuji prasyarat
(normalitas dan sejenisnya) guna memastikan skor pretest dan posttest layak
dianalisis secara parametrik, kemudian dianalisis menggunakan uji t untuk
mengetahui besarnya pengaruh media audiovisual terhadap hasil belajar. Hasil
analisis menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas
kontrol. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen mencapai 90,57, sedangkan kelas
kontrol sebesar 80,00. Uji t menghasilkan nilai t hitung 5,263 yang lebih besar
daripada t tabel 2,000 pada taraf signifikansi 0,05, sehingga perbedaan tersebut
dinyatakan signifikan. Dengan demikian, penerapan media audiovisual memberikan
pengaruh positif terhadap hasil belajar, dan dapat disimpulkan bahwa strategi ini
efektif meningkatkan pemahaman siswa pada materi ekosistem di kelas V SD Negeri
Balongbesuk.
Downloads
References
Lestari, K. K., Styawati, K. A., & Az-
zahra, S. F. (2025).
Pengembangan Media
Pembelajaran berbasis Video
Animasi Mata Pelajaran IPAS di
SDN 37 Kota Sorong. 93–102.
Nyoman, L., Kusuma, P., Astawan, I.
G., & Suarjana, I. M. (2021).
Belajar Ekosistem dengan Media
Pembelajaran Audiovisual
Berbasis Aplikasi Filmora untuk
Siswa Sekolah Dasar. 4(3), 493–
501.
Sattvika, G. A., Margunayasa, I. G., &
Rati, N. W. (2024). Model
Pembelajaran Discovery
Learning Berbantuan Media Mind
Mapping terhadap Hasil Belajar
IPA Siswa Kelas V Sekolah
Dasar. 5, 1–13.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian
Pendidikan: Pendekatan
Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung: Alfabeta, hlm. 2–3.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















