MODEL INOVASI PENGEMBANGAN KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN PAI ERA 4.0 PADA JENJANG SMP

Authors

  • Aulia Annisa Uin Raden Intan Lampung
  • Ainun Nisa UIN Raden Intan Lampung
  • Eti Hadiati UIN Raden Intan Lampung
  • Septuri UIN Raden Intan Lampung
  • Ahmad Fauzan UIN Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.38009

Keywords:

Inovasi Kurikulum PAI 4.0, Digitalisasi Pembelajaran, Integrasi Teknologi Pendidikan

Abstract

Perkembangan teknologi informasi pada era digital dan Revolusi Industri 4.0 menuntut Pendidikan Agama Islam (PAI) beradaptasi agar relevan bagi peserta didik generasi digital. Kurikulum dan pembelajaran PAI SMP tidak lagi memadai jika tetap mengandalkan pendekatan tradisional, sebab siswa membutuhkan literasi digital, kemampuan berpikir kritis, dan kesiapan menghadapi dinamika sosial-teknologi. Penelitian ini bertujuan merumuskan model konseptual inovasi kurikulum dan pembelajaran PAI 4.0 melalui studi pustaka berbasis artikel jurnal nasional dan internasional yang dapat diakses terbuka, mencakup digitalisasi pembelajaran, blended learning, kurikulum PAI adaptif, serta tantangan transformasi digital. Hasil kajian menunjukkan bahwa integrasi media digital, blended learning, flipped classroom, dan platform interaktif efektif meningkatkan keterlibatan serta pemahaman siswa terhadap materi keagamaan, sekaligus membuka peluang harmonisasi nilai-nilai keislaman dengan tuntutan modernitas. Namun hambatan masih signifikan, terutama rendahnya literasi digital guru PAI, keterbatasan fasilitas, dan risiko menurunnya kedalaman spiritual jika inovasi tidak diimbangi pendekatan berbasis nilai. Artikel ini menawarkan model kurikulum PAI 4.0 yang mencakup kurikulum adaptif, integrasi teknologi pembelajaran, penguatan kompetensi digital guru, evaluasi holistik, dan dukungan infrastruktur, sehingga pembelajaran PAI tetap relevan, kontekstual, dan menjaga substansi nilai keislaman.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah, N., Hidayati, R., Kholis, N., & Najib, M. (2025). Digital Transformation in Islamic Religious Education Learning : A Study of Theory and Implementation in Schools. Indonesian Journal of Education and Psychological Science, 3(4), 351–366.

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., & Chotimah, O. (2022). METODE PENELITIAN KUALITATIF STUDI PUSTAKA. 6(1), 974–980.

Hadi, H., Islam, U., & Mataram, N. (2025). Inovasi Kurikulum PAI: Harapan Dan Realita Di Era Digital Pada Sekolah Menengah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 12, 217–229.

Hakim, F. (2025). Rekonstruksi kurikulum pai di ruang digital: strategi pembelajaran berbasis teknologi untuk generasi digital. 01(01), 50–64.

Mawardi, I. A., & Setiawan, M. (2024). Digital-based Islamic Education Curriculum Innovation Rooted in Islamic Values. Jurnal Od Islamic Education Mnagement, 2(3), 214–227.

Musanna, S., Islam, U., & Banda, N. A. (2025). Implementation of Blended Learning : An Alternative for Developing Technology-Based Islamic Religious Education Learning Models. 1(2), 1–9.

Setiawan, A. (2019). Conceptual of Blended Learning As Islamic Education. Jurnal Pendidikan Islam, 7.

Suaidi. (2025). Technology-Based Digitalization Islamic Religious Education. Halaqa: Islamic Education, 9(2), 69–77. https://doi.org/10.21070/halaqa.v9i2.1734

Zainuri, H. (2024). Inovasi Kurikulum

Downloads

Published

2025-12-20