ANALISIS PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN LITERASI DAN NUMERASI SISWA DISEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.37908Keywords:
Kurikulum Merdeka, literasi, numerasi, sekolah dasar, pembelajaran kontekstual.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Kurikulum Merdeka dalam upaya meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa di sekolah dasar. Kurikulum Merdeka hadir sebagai inovasi pendidikan yang menekankan pada pembelajaran berbasis kompetensi, diferensiasi, dan penguatan karakter melalui profil pelajar Pancasila. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi di beberapa sekolah dasar yang telah menerapkan Kurikulum Merdeka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Kurikulum Merdeka memberikan dampak positif terhadap peningkatan literasi dan numerasi siswa melalui pembelajaran yang kontekstual, kolaboratif, serta berorientasi pada kebutuhan dan kemampuan individu peserta didik. Namun, masih ditemukan kendala seperti keterbatasan pemahaman guru terhadap konsep kurikulum baru dan kurangnya sarana pendukung pembelajaran. Secara keseluruhan, implementasi Kurikulum Merdeka berpotensi besar dalam meningkatkan literasi dan numerasi siswa apabila didukung oleh pelatihan guru yang berkelanjutan dan fasilitas pembelajaran yang memadai.
Downloads
References
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif pendekatan analisis kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Mariatul Hikmah. (2022). Makna Kurikulum Dalam Perspektif Pendidikan. Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 15(1), 458–463. https://doi.org/10.55558/alihda.v15i1.36
Priyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif.
Rahayu. (2016). Kebiasaan Membaca Siswa Sekolah Dasar (Survei Aspek Kebiasan Membaca Siswa SD Negeri 2 Pinggirsari di Desa Pinggirsari Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung). Khizanah Al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 4(2), 152–162. https://doi.org/10.24252/kah.v4i25
Susilawati, W. O., Hasibuan, R. I., & Angrain, D. (2024). Implementa Si Profil Pelajar Pancasila Dalam PembelajaranPendidikan Pancasila Kelas Iv Di Sdn 04 Koto Besar. 9(September), 2548–6950.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















