ANALISIS PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN LITERASI DAN NUMERASI SISWA DISEKOLAH DASAR

Authors

  • Aryudawati Universitas Jambi
  • Yantoro Universitas Jambi
  • Hadiyanto Universitas Jambi
  • Ekasastrawati Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.37908

Keywords:

Kurikulum Merdeka, literasi, numerasi, sekolah dasar, pembelajaran kontekstual.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Kurikulum Merdeka dalam upaya meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa di sekolah dasar. Kurikulum Merdeka hadir sebagai inovasi pendidikan yang menekankan pada pembelajaran berbasis kompetensi, diferensiasi, dan penguatan karakter melalui profil pelajar Pancasila. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi di beberapa sekolah dasar yang telah menerapkan Kurikulum Merdeka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Kurikulum Merdeka memberikan dampak positif terhadap peningkatan literasi dan numerasi siswa melalui pembelajaran yang kontekstual, kolaboratif, serta berorientasi pada kebutuhan dan kemampuan individu peserta didik. Namun, masih ditemukan kendala seperti keterbatasan pemahaman guru terhadap konsep kurikulum baru dan kurangnya sarana pendukung pembelajaran. Secara keseluruhan, implementasi Kurikulum Merdeka berpotensi besar dalam meningkatkan literasi dan numerasi siswa apabila didukung oleh pelatihan guru yang berkelanjutan dan fasilitas pembelajaran yang memadai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif pendekatan analisis kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Mariatul Hikmah. (2022). Makna Kurikulum Dalam Perspektif Pendidikan. Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 15(1), 458–463. https://doi.org/10.55558/alihda.v15i1.36

Priyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif.

Rahayu. (2016). Kebiasaan Membaca Siswa Sekolah Dasar (Survei Aspek Kebiasan Membaca Siswa SD Negeri 2 Pinggirsari di Desa Pinggirsari Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung). Khizanah Al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 4(2), 152–162. https://doi.org/10.24252/kah.v4i25

Susilawati, W. O., Hasibuan, R. I., & Angrain, D. (2024). Implementa Si Profil Pelajar Pancasila Dalam PembelajaranPendidikan Pancasila Kelas Iv Di Sdn 04 Koto Besar. 9(September), 2548–6950.

Downloads

Published

2025-12-19

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>